15 menit dapat menyebabkan kematian. Jangan tinggalkan anak sendiri didalam kendaraan terkunci !

Screen Shot 2013-07-24 at 2.07.41 AMWaktu merupakan hal yang berharga dan didunia saat ini kita semakin disibukkan dengan beberapa rutinitas sehingga kadang kita melupakan hal yang sangat penting yaitu anak kita. Dengan jadwal yang padat serta kebiasaan menempatkan anak di kursi belakang (karena disitu kita tempatkan kursi anak) kadang membuat kita lupa akan salah satu benda berharga didalam kendaraan. Kita bisa saja meninggalkan anak kita terkunci didalam kendaraan karena menjalankan rutinitas seperti biasa. 

Menurut NBC News dan menyadur dari para ahli anak maka badan seorang anak dapat mencapai titik panas lebih cepat dari orang dewasa. Dan pada saat suhu badan anak mencapai 40 derajat celcius maka organ internal akan berhenti bekerja dan pada 41,6 derajat maka anak akan meninggal. 

Tidak ada jaminan sengatan panas dapat dihindarkan dengan hanya membuka jendela atau membiarkan A/C menyala di kendaraan yang diam. Anak-anak tidak boleh ditinggalkan dalam kendaraan walau hanya untuk semenit. Karena panas dapat menyebabkan keringat, dehidrasi, kejang, kerusakan pada otak dan organ dan pada akhirnya meninggal. 

Silahkan lihat video dibawah ini dan perhatikan apa yang terjadi bila seorang ibu yang sibuk meninggalkan putranya didalam kendaraan. Video tersebut merupakan rekonstruksi dan anak tersebut tidak terluka namun hal tersebut dapat terjadi. 

Sang ibu terlihat sangat normal dan rutinitas kerjanya dapat mencerminkan kita semua. Iya ini dapat terjadi pada kita semua. Menurut statistik di AS, 10% dari kematian anak akibat sengatan panas adalah akibat ketidaklalaian atau terpengaruh narkoba oleh orang tua atau yang menjaganya. 

Kita harus mencari cara agar kita tidak melupakan anak kita yang sedang tidur dan bisa dengan cara meletakkan barang yang harus kita bawa berdekatan dengan sang anak. Ini bisa saja tas kita sebagai contoh dan ditempatkan dilantai agar aman jika terpaksa harus kembali ke kendaraan. 

Bagi orang-orang yang melewati kendaraan dan melihat anak ditinggal sendirian maka sebaiknya hubungi Polisi atau petugas keamanan. Karena bila anda melihat video ini maka sang anak diselamatkan oleh orang-orang yang kebetulan lewat. 

Sebarkan kabar ini melalu media sosial Anda, mungkin Anda dapat menyelamatkan satu nyawa. 

(sumber paultan.org)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s