Mengunjungi Porsche Museum serta melihat 50 tahun Porsche 911

porsche museumTiba di Zuffenhausen, Stuttgart maka kita akan memasuki Porschestrasse dan melihat salah satu bangunan unik berupa Porsche Museum. Disekeliling Porsche Museum ada beberapa pabrik milik Porsche termasuk salah satu yang bersejarah yaitu Porsche Werke 1 (Porsche Works 1) yang merupakan pabrik pertama Porsche dimana kendaraan legendaris seperti Porsche 356 telah didesain dan dibuat.

Untuk masuk Porsche Museum maka kita harus membayar 8 euro untuk orang dewasa dan 4 euro untuk anak-anak. Termasuk didalamnya adalah Audio Guide yang dapat kita gunakan untuk mengelilingi museum tersebut sesuai dengan kecepatan jelajah kita. Kita akan disambut desain interior yang sangat modern dan ada satu hal yang akan menjadi perhatian pada saat kita naik escalator menuju wilayah expo yaitu quotation dari Ferdinand Porsche perihal mengapa Porsche bisa terbentuk.

PM_1Ferdinand Porsche merasa bahwa dari sekian kendaraan yang dia lihat tidak ada satupun yang memenuhi impian dia. Akhirnya dia memutuskan untuk membangun sendiri kendaraan impiannya, dan seperti sekarang dapat kita lihat hampir semua tipe Porsche menjadi impian setiap orang yang mempunyai bensin didalam darahnya.

Yang menjadi sangat istimewa untuk tahun ini adalah bersamaan dengan 50tahun hadirnya salah satu produk paling terkenal Porsche yaitu Porsche 911. Dan itu dapat kita lihat didalam museum dimana mulai dari line up pertama hingga terakhir dipamerkan di museum ini.

PM_2PM_3Sejak dibuka pada tahun 2009, Museum Porsche telah memukau para pengunjung dengan kombinasi kendaraan – kendaraan unik dan arsitekturnya yang rupawan. Sejak saat ini hingga 26 Mei 2013, sebuah eksibisi spesial yang diadakan oleh manufaktur otomobil sport ini akan menunjukkan cara pembuatan proyek arsitektur yang paling spektakular di sepanjang sejarah perusahaan. Untuk pertama kalinya, beragam eksibisi dan gambaran teknis akan menjelaskan bagaimana museum ini terbangun dan menjelaskan bagaimana tantangan struktural yang dihadapi pada saat pembangunan museum ini.

“Built in Zuffenhausen” akan terpusat di sekitar desain yang dibuat oleh DeluganMeissl dari Asosiasi Arsitek Vienna, pemenang kompetisi arsitek pada tahun 2005. Para pengunjung eksibisi spesial ini juga akan mempelajari teknik konstruksi yang digunakan untuk museum ini, bahkan mulai sejak pemilihan bahan bangunannya. Rencana dan model yang dimasukkan oleh para praktisi arsitektur yang berpartisipasi di dalam kompetisi ini juga dapat dikagumi – beberapa di antaranya belum pernah terlihat di publik.

PM_5Fakta dan angka sederhana tentang bangunan juga sangat mengagumkan. Berton – ton baja di gunakan untuk membangun Museum Porsche, bahkan sebagai contoh, lebih banyak dibanding Eiffel Tower di Paris. Bodi monolitik museum memiliki bobot hingga 35.000 ton, dengan tinggi 45 meter di atas Porsche Square dan didukung oleh tulang rangka baja yang kompleks. Berdiri di atas tiga kolom berbentuk V, struktur utama dominan museum terlihat seperti melayang di atas angin. Lokasi pusatnya, yaitu Porsche Square, mencerminkan kedekatan antara manufaktur otomobil sport dan kantor pusatnya di Zuffenhausen. Museum Porsche menjadi pusat pengetahuan tentang sejarah merek mobil sport dan Porsche Square tidak akan pernah terpikirkan tanpa adanya museum ini.

“Built in Zuffenhausen” digunakan sebagai kesempatan untuk melengkapi tur arsitektur selama satu jam dengan kunjungan ke eksibisi spesial.PM_4

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s