BMW X3 xDrive 20d…sang penjelajah Amsterdam-Munchen-Amsterdam

BMW_X3Sekarang saya coba menceritakan sedikit mengenai senjata penjelajahan saya yaitu BMW X3 xDrive 20d yang disediakan oleh BMW Nederland menemani saya menuju markas utama BMW di Munchen. Kebetulan kalau masih ingat artikel test review saya yang sebelumnya yaitu pengetesan BMW X3 xDrive 20d dengan Business Package di Indonesia. Maka untuk saat ini saya diberikan yang versi High Executive. Perbedaan utama adalah dari segi fitur seperti penggunaan Bi-Xenon Lights dengan Rain dan Light Sensors, BMW Navigation Professional dengan BMW Connected Drive, Oyster Nevada Leather dengan Sports Seats, Velg 19″ dengan Tire Pressure Monitor (kalau tidak salah dilengkapi dengan Run Flat Tyre), warna Tiefseeblau metallic yang tidak dijual di Indonesia namun ternyata indah dipandang. Saya kurang tahu apakah cuaca Eropa mempengaruhi warna biru atau tidak namun tentu saya pengen juga melihat warna ini di Indonesia.

BMW_X3_backSeperti saya katakan tampilan warna ini membuat X3 terlihat lebih mewah terutama dengan velg 19″ yang menambah sporty. Pengunaan mesin 2 liter diesel empat silinder TwinPowerTurbo yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 185hp pada 4000rpm dan torsi maksimal sebesar 380Nm pada 1750-2750 rpm membuatnya menjadi lincah dalam berkendara. Mesin ini sama persis dengan yang dijual di Indonesia namun masalah kualitas BBM lebih baik tentu membuat performa dari X3 jauh lebih sempurna. Akselerasi untuk kendaraan diesel cukup cepat yaitu 8,5 detik untuk mencapai 100km/jam dari diam serta kecepatan puncak setinggi 210 km/jam. Hal ini dapat dicapai dengan mudah di Autobahn dan pasti akan kesulitan untuk dicoba di keramaian Jagorawi atau tol Cikampek.

Sangat beruntung masih diberikan versi transmisi otomatis delapan percepatan untuk X3 ini, karena biasanya di Eropa transmisi ini adalah opsional dan di Indonesia merupakan hal yang standar menggunakan transmisi otomatis pada kendaraan premium. Tapi seharusnya bisa menjadi hal yang menarik mencoba X3 versi transmisi manual yang notabene tidak dijual di Indonesia.

Interior_X3Dari tampilan dasbor penggunaan setir sport pada X3 ini memberikan rasa genggaman yang sangat baik dan kita merasa bahwa kita sangat bisa mengendalikan Sports Activity Vehicle ini. Penggunaan layar 8,8 inci serta adanya fasilitas Internet connection pada BMW ini semakin memudahkan dalam mengakses berbagai macam data. Hal ini terutama terasa pada saat kita mencoba melihat beberapa Points Of Interest yang tidak tersedia dalam navigasi namun dapat dicari dengan Google Search.

Selain fasilitas Google Search ada juga fasilitas menarik dari konektivitas ini yaitu dapat melihat ramalan cuaca di wilayah sekitar kita ataupun tujuan akhir kita. Mungkin hal ini kita akan anggap lalu di Indonesia namun untuk Eropa mengetahui ramalan cuaca tentu dapat membuat kita mempersiapkan diri dengan lebih baik daripada menebak tidak hujan atau dingin dan ternyata malah hujan dan dingin.

Fasilitas Traffic Information yang terintegrasi dengan BMW Navigation semakin mempermudah kita mengetahui keadaan perjalanan kita dan bahkan navigasi akan melakukan kalkulasi penyesuaian waktu perjalanan kita. Benar-benar sangat menyenangkan.

Front seatsPerjalananan jauh tentu harus didukung dengan kenyamanan kendaraan yang mumpuni dan itu terasa dari penggunaan Sports Seats pada BMW X3 ini yang membuat kita duduk dengan nyaman pada perjalanan jauh. Terutama penggunaan Nevada Leather dengan warna Oyster semakin menambah kemewahan dari versi X3 ini. Sedikit disayangkan penyetelan masih harus dilakukan secara manual.  Posisi belakang juga cukup leluasa untuk perjalanan jauh dan penambahan gorden pada jendela tengah semakin menambah ekslusivitas dari BMW X3 ini sebagai kendaraan touring jarak jauh.

Pencatatan penggunaan BBM selama perjalanan sepanjang hampir 2000km mencapai 1:14 liter bahan bakar Diesel. Dan kalau dipikir termasuk irit karena ada beberap kali saya memacunya sampai kecepatan puncak yaitu 210 km/jam yang tentu menuntut penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

back_seatTentu semua opsi ini tidak murah dan bedanya dengan di Indonesia, kita bisa memesan kendaraan sesuai dengan keinginan kita asal kita mau bersabar menunggunya. Harga dasar dari BMW X3 xDrive20d adalah sebesar Euro 57,430 namun versi yang saya uji sudah dilengkapi dengan paket High Executive  serta berbagai macam opsi dijual dengan harga kira Euro 72,000 atau Rp 942,263,000 yang berarti jauh lebih mahal dibanding yang dijual di Indonesia yaitu Rp 818.000.000 off the road. Jadi kendaraan BMW yang dijual di Indonesia tidaklah lebih mahal dari yang dijual di Eropa dengan spesifikasi yang mungkin menyamai bahkan bisa melebihi.   Namun tentu dengan fleksibilitas opsi yang diberikan sebuah perusahaan mobil kepada pelanggan, maka kita sendiri dapat menentukan apa saja yang kita inginkan didalam kendaraan kita sesuai budget yang ada.

X3_wheels

Tunggu cerita-cerita menarik berikutnya dari saya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s