Porsche 911 Turbo menetapkan referensi baru di dinamika berkendara serta konsumsi BBM

911_turbo_exterior_front

Ofensif Porsche dalam meluncurkan model terbaru didalam tahun perayaan 50 tahun 911 mencapai tingkatan terbaru. 50 tahun yang lalu, 911 melaksanakan debut di Frankfurt International Auto Show. Sepuluh tahun kemudian, prototipe 911 pertama diperkenalkan di IAA. Kini 40 tahun kemudian, Porsche memperkenalkan generasi baru 911 Turbo dan  Turbo S yang merupakan tingkat tertinggi 911 dalam segi performa dan teknologi. Dengan All Wheel Drive terbaru,  active rear axle steering, adaptive aerodynamics, full-LED headlights serta mesin enam silinder boxer dengan bi-turbo yang dapat mencapai tenaga sebesar 560hp semakin menambah impresi dari 911 Turbo sebagai kendaraan sirkuit, kendaraan harian dan platform teknologi. Salah satu peran penting lainnya adalah desain sasis ringan terbaru dengan sumbu roda yang lebih panjang 100mm dan velg 20 inch. Penggunaan PDCC active anti-roll system, yang ditawarkan pertama kali pada model 911 Turbo, semakin meningkatkan performa yang ada selama ini. Sistem ini merupakan perlengkapan standard pada 911 Turbo S, begitu juga dengan penambahan paket Sport Chrono  dengan engine mount dinamis serta  rem keramik PCCB; semua fitur ini juga tersedia sebagai opsi pada 911 Turbo. Hasilnya adalah bahwa Turbo s terbaru dapat mempersingkat waktu di North Loop pada  Nürburgring dibawah 7 menit 30 detik – dan dilengkapi dengan ban standar. Penggunaan Sound Symposer meningkatkan pengalaman berkendara dan menyampaikan suara induksi mesin turbo ke ruang penumpang melalui spiker diafragma.

911_turbo_exterior_back
Lebih bertenaga dengan efisiensi bahan bakar sebesar 16%                                                                                                                                  

Penggunaan mesin turbocharged 3.8-liter enam silinder dengan direct petrol injection menghasilkan tenaga sebesar 520 hp (383 kW) di 911 Turbo dan 560 hp (412 kW) pada model S. Porshe tetap menjadi satu-satunya produsen yang menawarkan dua turbocharger dengan variable turbo geometry untuk mesin bensin. Tenaga ditransfer melalui transmisi dual clutch dengan tujuh percepatan (PDK) yang juga dilengkapi dengan fungsi start/stop yang dapat berfungsi lebih awal pada saat kita meluncur menuju berhenti serta fungsi meluncur (coasting). Bersama dengan sistem manajemen thermal yang baru bagi mesin turbo dan transmisi PDK maka konsumsi bahan bakar dapat lebih efisien 16 persen atau kira-kira9.7 l/100 km; angka ini berlakuk bagi kedua model.

All-Wheel Drive terbaru dengan electro-hydraulic control

Untuk distribusi tenaga yang lebih cepat dan tepat dikedua as roda maka Porsche mengembangkan sistem all wheel drive terbaru (PTM) dengan kopling multipelat yang diaktifkan dan dikontrol secara elektronis. Sistem ini dikombinasikan dengan fungsi pendinginan air agar torsi dapat diberikan secara langsung kepada roda. Dengan performa yang semakin baik maka 911 Turbo mempunyai kemampuan sprint yang jauh lebih optimal. 911 Turbo dengan paket Sport Chrono dapat mencapai 0-100 km/jam hanya dalam 3,2 detik yang merupakan performa sepersepuluh lebih baik daripada versi Turbo S terdahulu. Turbo S terbaru dapat berakselerasi ke 100 km/jam hanya dalam 3,1 detik. Kecepatan puncak adalah 318 km/jam.

911_turbo_exterior_full_back

Bodi terlebar di semua model 911 

Kedua model terbaru ini menampilkan performa mereka jauh lebih baik. Panel bodi yang lebar pada bagian belakang yang merupakan ciri dari 911 Turbo kini 28mm lebih lebar daripada 911 Carrera 4. Hal yang lain adalah penggunaan velg 20 inci dimana pada 911 Turbo S digunakan pengunci roda. Turbo S juga menggunakan Full LED headlights dengan daytime running lights empat titik serta penambahan kontrol main beam yang menggunakan kamera yang dapat dipesan sebagai opsi pada 911 Turbo.

911_turbo_s_rim

Penggunaan setir pada roda belakang meningkatkan handling

Pengenalan penyetiran pada roda belakang bukan hal yang baru dan pada Porsche 911 Turbo justru meningkatkan performa dari berkendara di sirkuit dan peforma harian. Sistem ini menggunakan dua electro mechanical actuators dan bukan sistem konvensional . Sudut roda dapat bervariasi sampai 2,8 derajat tergantung dari kecepatan kendaraan. Pada kecepatan 50 km/jam maka pada saat roda depan dibelokkan, roda belakang akan berbelok dengan arah berlawanan. Ini sebenarnya berhubungan dengan memperpendek jarak sumbu roda secara virtual sebesar 250mm sehingga memberikan kemampuan menikung yang tidak dapat ditandingi kendaraan lain.

Dengan kecepatan diatas 80 km/jam maka roda akan berbelok secara paralel dengan roda depan yang sama dengan pemanjangan sumbu roda sepanjang 500mm dan memberikan stabilitas luar biasa.

911_turbo_interior

Interior baru dengan fitur high end.

Interior dirubah secara total desainnya untuk kedua model 911 Turbo dan ini juga diturunkan ke 911 Carrera. Model S dilengkapi dengan kombinasi eksklusif hitam/merah carrera dan adaptive sport seats dengan pengaturan 18 arah dan memori. Sebagai tambahan bagian belakang kursi dilapis kulit dengan double seam dan tampilan carbon sekeliling. Seperti pada model sebelumnya maka sistem audio menggunakan Bose sebagai standar, namun untuk pertama kalinya sistem  Burmester juga diberikan sebagai opsi. Sistem cruise control dengan radar dan pengenalan tanda lalu lintas dengan kamera serta pengenalan batas kecepatan diberikan sebagai pilihan.

911_turbo_s_Interior

Photos courtesy of Porsche AG

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s