Test Drive: BMW M6 Coupe….Power and Comfort

BMW M6 frontSalah satu kesempatan langka yang didapat sebagai jurnalis otomotif adalah kesempatan mencoba kendaraan sport di lingkungan yang terkendali seperti sirkuit dan kesempatan langka tersebut saya dapatkan dengan kesempatan menguji BMW M6 Coupe di M Performance Day III yang diadakan di Sentul pada hari Sabtu 6 April lalu.

BMW M6 Coupe dengan kode F13 adalah versi terbaru dari keluarga M6 yang dilaunch pada IIMS 2012 lalu dan sampai saat ini versi ini adalah satu-satunya di Indonesia yang dibawa jalan. Versi F12 ini terlihat jauh lebih elegan dan cantik dibanding versi sebelumnya E63 yang berasal dari era Chris Bangle dan terlihat mirip dengan BMW seri 7 E65/66. Tampilan depan seperti elang dengan bagian belakang terlihat seperti peti mati China. Wajar jika penjualan dapat dikatakan kurang menggembirakan dibanding BMW M5 E60 yang beredar pada waktu yang bersamaan.

E63 M6Tampilan dari BMW M6 F12 ini terlihat jauh lebih anggun dan cantik dan mengikuti jejak pendahulunya yaitu BMW M635Csi E24 yang bisa dikatakan merupakan generasi pertama dari M6 yang didasarkan atas BMW Seri 6 Coupe dan digabungkan dengan mesin BMW M1. M1_635_M6Seperti pendahulunya maka BMW M6 ini juga didasarkan atas BMW Seri 6 Coupe namun dengan mesin yang berbeda yaitu mesin 4.4 liter V8 denga M Twin Power Turbo yang dapat menghasilkan tenaga 560 hp pada 6000rpm sampai 7000rpm dan dapat berputar hingga 7200rpm dan torsi 680Nm pada 1500rpm hingga 5750 rpm. Tentu tenaga seperti ini sangat luar biasa dan itu terasa pada saat saya keluar dari pit area menuju sirkuit. Transmisi Double Clutch Transmission (DCT) dengan 7 percepatan yang dikombinasikan pada mesin luar biasa ini terasa sangat reaktif dan cepat dalam mengganti gigi. Hanya dalam waktu 4,2 detik dapat mencapai 100 km/jam dan menuju tikungan pertama dengan kecepatan yang cukup tinggi. Pengendalian dari sasis yang sudah ditune khusus untuk Nurburgring membuatnya sangat stabil dalam menjalani tkungan yang cukup tajam ditambah dengan M Dynamic Mode yang membuatnya menjadi sangat fun to drive dan mampu melakukan drifting di beberapa bagian dari sirkuit Sentul.

BMW M6_panRem M Carbon Ceramic sangat handal pada saat pengereman keras setelah melalui Sentul Straight dengan kecepatan 200 km/jam (sayangnya kurang panjang straightnya) dan bisa menghentikan kendaraan tanpa ada ketakutan menyelonong ke dalam “kitty litter”.

Selain mesin dan pengendalian yang luar biasa ada satu hal yang menarik yaitu bahwa selain menjadi kendaraan track yang sangat potensial juga dapat menjadi kendaraan harian atau Gran Turismo yang nyaman dikendarai dan ini diperkuat dengan tampilan interior yang sangat mewah dengan M Sports Seat yang ringan dan sangat suportif dan tetap nyaman untuk dikendarai jarak jauh serta penggunaan bahan kulit yang berkualitas tinggi dengan sistem Audio Bang and Olufsen yang luar biasa.

M6 interiorYang pasti setelah merasakan tenaga dari M kita bisa mengatakan bahwa M benar adalah huruf terkuat di dalam abjad dan kita akan ketagihan merasakan tenaga yang luar biasa namun dengan kemampuan dapat mengendarai secara harian. I want one and hopefully with the same color 🙂

BMW M6 back

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s