BMW Concept X4. Babak baru Sport Activity Coupe

P90116115_highResChina saat ini merupakan pasar yang sangat penting. Dan ini dapat kita lihat dari potensi besar yang ada di negara itu dalam hal pembeli kendaraan baru. Bayangkan dengan penduduk 1 milyar dan ekonomi yang melonjak tinggi tentu semakin banyak orang kaya baru akan bermunculan. Dan Autoshow Shanghai yang akan dibuka pada 21 April 2013 mendatang ini semakin menunjukkan betapa pentingnya pasar ini.

Salah satu bukti penting adalah pengumuman dari BMW Group memperkenalkan seri concept X terbaru di Autoshow Shanghai yaitu BMW Concept X4.  Setiap kemunculan seri X merupakan pelopor di kelasnya. Kalau kita ingat kemunculan dari BMW X5 di tahun 1999. Ini adalah titik awal diperkenalkan Sports Activity Vehicle (SAV) lalu diperkenalkan seri yang lebih kecil yaitu BMW X3 dan X1 dalam keluarga X. Lalu pengembangan SAV semakin membesar dengan diperkenalkan BMW X6 pada bulan Mei 2008 dan diperkenalkan sebagai Sports Activity Coupe (SAC) yang hingga saat ini belum ditemukan padanannya.

P90117633_highResDengan pengenalan BMW concept X4 ini, maka ini adalah petunjuk kemana BMW akan membawa arah dari seri X. Dan bisa dikatakan BMW Concept X4 merupakan BMW X6 dengan format yang lebih kompak dan ini mungkin dapat dihubungkan dengan kenyataan bahwa BMW seri 4 sedang dipersiapkan sebagai format coupe diantara 3 dan 5 serta seri 2 yang merupakan versi coupe diantara seri 1 dan 3.

Hal ini pun berlaku dengan BMW Concept X4 yang akan mengisi keluarga dari BMW X1, X3, X5 dan X6. Direncanakan BMW X4 akan diproduksi di Spartanburg, Amerika Serikat pada tahun 2014. Dimensi dari BMW Concept X4 terlihat sangat kompak dan dinamis dengan panjang keseluruhan 4648mm, lebar 1915 mm dan tinggi 1622mm serta kombinasi jarak sumbu roda yang cukup panjang yaitu 2810mm.

P90117632_highResDari segi desain maka tampilan depan dari BMW Concept X4 ini menunjukkan dirinya sebagai salah satu bagian dari X-series dengan tampilan depan yang dinamis dan tangguh namun tetap mencirikan karakter khas BMW yaitu dengan penggunaan “Double Kidney Grille” serta lampu depan yang semakin menunjukkan diri sebagai BMW.  Lampu depan juga dilengkapi dengan LED dan mempunyai bentuk yang hexagonal yang merupakan interpretasi dari versi lampu bulat empat khas BMW.

Dari samping tampilan seperti coupe membuat kendaraan terlihat lebih panjang daripada biasanya. Garis jendela cukup baik dan panjang dan penggunaan Hofmeister kink yang merupakan tanda yang khas semakin membuatnya terlihat sebagai BMW yang sebetulnya.

P90117635_highResDari belakang terlihat BMW sangat berusaha keras mendapatkan tampilan yang sama sporty dengan depan sehingga hal itu dilakukan juga pada bagian belakang. Tampilan lampu LED yang ditarik serta garis body semakin menambah tampilan sebagai SportsActivity Coupe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s