Porsche Panamera 2013 dengan plug-in Hybrid pertama di kelas mewah

Panamera 4SHari ini Porsche AG dengan resmi menampilkan tampilan terbaru dari model kelas Gran Turismo mereka yaitu Porsche Panamera. Generasi kedua dari Panamera menampilkan versi Plug-In Hybrid untuk yang pertama kali di kelas ini.  Selain Porsche Panamera SE Hybrid yang dapat menghasilkan tenaga 416 hp juga ditampilkan dua versi Executive dengan sumbu roda yang diperpanjang serta mesin 3 liter V6 terbaru dengan biturbo untuk Panamera S dan Panamera 4S. Dengan adanya penambahan versi ini maka kini Panamera terdiri dari 10 model yang memberikan jangkauan yang lebih luas terhadap sportivitas serta kenyamanan.  Dengan teknologi terbaru maka dapat dicapai penghematan BBM sebesar 56% serta menambah kenyamanan berkendara. Generasi terbaru ini akan tampil perdana pada pameran Auto China di Shanghai yang akan dibuka pada 21 April 2013.

Tampilan terbaru dari Porsche Panamera terutama dapat dilihat dari desain depan yang lebih dinamis serta dengan intake yang lebih besar dan transisi garis ke lampu utam semakin menambah kedinamisan tersebut.  Dari samping kaca belakang yang lebih landai semakin menambah siluet yang luar biasa dari Panamera. Tampilan belakang dari Panamera baru juga semakin membuat dia terlihat berbeda terutama dengan desain kaca belakang yang lebih lebar dengan lampu belakang berdesain terbaru serta spoiler yang lebih lebar

Panamera S E-HybridPorsche Panamera SE-Hybrid menetapkan standar terbaru dalam hal keefisienan, performa dan kenyamanan beroperasi.
Panamera S E-Hybrid adalah pengembangan terkini dari full hybrid paralel yang dilengkapi dengan motor listrik yang lebih kuat, sebuah aki dengan performa tinggi yang dapat memberikan daya dan kemampuan mengisi kembali listrik dari listrik rumahan. Pengendaraan pada saat electrik dapat menghasilkan tenaga 95 hp (70 kW), yang merupakan dua kali lebih besar dibanding versi sebelumnya  47 hp (34 kW). Dia mengambil tenaga dari aki lithium-ion terbaru yang pada 9,4 Kwh mempunyai lima kali kapasitas dari aki sebelumnya yang menggunakan teknologi Nickel Metal Hybrid. Bila terpasang pada stop kontak industrial dapat dicas selama dua setengah jam melalui charger onboard serta Porsche Universal Charger (AC), dan dapat terisi kurang dari empat jam bila terpasang pada outlet listrik di Jerman.

Waktu akselerasi dari diam ke 100 km/ jam dapat dipersingkat setengah detik mencapai 5,5 detik. Fungsi elektrik boost membantu performa dari motor listrik ke mesin bensin. Boosting dapat diaktifkan dengan melakukan kick down – seperti pada saat menyalip. Kecepatan puncak dari mobil ini adalah setinggi 270 km/jam dan bahkan Porsche mengembangkan “coasting” pada saat kecepatan tinggi yang berarti adalah peluncuran kendaraan dengan mematikan mesin bakar dan membangkitkan kembali energi dengan membangkitkan listrik.

Panamera Turbo Executive Jarak sumbu roda yang panjang dengan tempat duduk belakang yang lega maka model Executive memberikan kenyamanan lebih di kelas eksklusif. Konsep dari Panamera Executive adalah pemberian bucket seats pada kursi belakang ternyata sangat sukses bagi Porsche sehingga ditambah di generasi terbaru ini.  Panamera Turbo Executive dan Panamera 4S Executive  – dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang 15 cm  – menawarkan keleluasan duduk dan kenyamanan berkendara yang lebih baik.   Semua model Executive dilengkapi dengan Panamera air suspension, yang dikombinasikan dengan kenyamana berkendara dan kekhasan dari Porsche.

Panamera Turbo Executive - InnenraumMenambah tenaga dan efisiensi adalah subjek utama dari perseroan. Dan ini adalah salah hal yang  besar yang pada akhirnya menjadikan  Porsche mengikuti tren downsizing dimana mesin V6 biturbo menggantikan mesin 4.8 liter V8 pada Panamera S dan Panamera 4S. Mesin ini juga digunakan pada versi Panamera 4S Executive dimana mesin ini menghasilkan tenaga lebih besar 20 hp, torsi 20 Nm dengan kehematan sebesar 18% dibanding mesin V8 terdahulu.

Rencana akan segera masuk ke Indonesia namun untuk sementara bagi Porsche Panamera Executive hanya tersedia dalam setir kiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s