Range Rover Sport diluncurkan di New York oleh James Bond.

all-new_range_rover_sport_daniel_craig_nyc_260313Seperti dalam satu adegan dalam film James Bond. Daniel Craig menjadi satu bagian dari Live Drive Event peluncuran new Range Rover Sport di New York pada 26 Maret lalu. Brand iconic asal UK ini semakin meningkatkan statusnya dengan mengadakan event istimewa ini di salah satu market terbesar mereka yaitu Amerika Serikat.

Adegan Live Drive merupakan bagian dari film singkat “the Delivery” yang disutradarai oleh Jonathan PB Taylor yang dikenal dengan karyanya seperti Fast & Furios, Spiderman, Captain America dan terakhir Die Hard. Adegan dimulai dengan pengiriman Range Rover Sport dari Solihull, UK ke NY. Lalu di buka containernya serta dikendarai dengan profesional melalui jalan jalan di Manhattan, melalui Manhattan Bridge dan sebuah terowongan tertutup lalu oleh Daniel Craig menuju venue tepat waktu.  

All New Range Rover Sport adalah model terlincah, tercepat dan paling tinggi teknologinya di lini Land Rover.  Dan salah satu buktinya adalah konstruksi suspensi dan sasis terkini sehingga Range Rover Sport ini berbobot lebih ringan 450kg dari pendahulunya serta emisi CO2 yang dikeluarkan juga lebih rendah yaitu 194 kg/m2 sehingga bisa dikatakan ini adalah Range Rover Sport paling “hijau”.

RR_RRS_14MY_NYAS_270313_07

 

Garis desain dari Range Rover Sport kita bisa melihat mengikuti sang kakak Range Rover dan adiknya Range Rover Evoque sehingga terlihat arah desain ke yang lebih dinamis dan tidak terlalu mengotak seperti desain terdahulu. Satu hal yang baru dari Range Rover Sport ini adalah opsi konfigurasi tempat duduk 5+2.

lr_range_rover_sport_interior_04_new

Sehingga agar bisa memenuhi opsi tersebut maka Range Rover Sport terkini lebih panjang 65mm dari pendahulunya yaitu 4850mm namun masih lebih pendek dibanding SUV 7 tempat duduk lainnya serta sedan segmen E.  Jarak sumbu roda diperpanjang sebanyak 178mm menambah kelegaan pada interior. Desain kaca yang lebih landai membuat Range Rover Sport semakin aerodinamis dengan nilai Cd sebesar 0,34 membuat dia lebih aerodinamis 8% dibanding pendahulunya. Bahkan dibanding dengan Range Rover yang merupakan rangka dasar dari Range Rover Sport ini dia menjadi lebih rendah 55mm serta lebih pendek 149 mm dibanding All New Range Rover.

LR_Range_Rover_Family_Line-Up_00

 

Walau Range Rover Sport didesain dengan mengoptimalkan rasa berkendara diatas jalan raya namun kemampuan off road tidak ditinggalkan dimana jarak main roda merupakan yang terbesar dikelasnya yaitu 260mm didepan dan 272mm dibelakang sehingga artikulasi total dapat mencapai 546mm yang membuatnya mampu menghadapi kondisi jalan paling ekstrem. Ground clearance juga telah ditinggikan menjadi 278mm atau +51 mm dari versi lama.  Suspensi udara terbaru juga ikut melengkapi Range Rover Sport yang dapat mengatur ketinggian secara otomatis dengan kemampuan perubahan sebanyak 115 mm. Kini setting terendah ada pada 50mm yang merupakan 10mm lebih rendah dari versi sebelumnya dan tinggi off road yang standar max 185mm.

Akan ada empat pilihan mesin yaitu dua mesin bensin dengan supercharger (5.0 liter V8 yang dapat menghasilkan tenaga 510 hp serta 3.0liter V6 yang bertenaga 340hp) serta dua mesin Diesel (3.0liter TDV6 dengan 258hp dan SDV6 dengan tenaga 292 hp). Pada akhir tahun maka lini mesin akan ditambah dengan 4.4 liter SDV8 diesel yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 339hp dan pada akhir 2014 besar kemungkinan akan ada versi hybrid.

3.0L SDV6 Diesel

3.0L SDV6 Diesel

Dikeseluruhan lini mesin akselerasi 0-100km/jam dapat dicapai dikisaran 5 detik, sangat cepat untuk SUV yang cukup besar dan berat, serta konsumsi BBM yang lebih hemat 24% – tergantung tipe –  serta emisi CO2 serendah 194 kg/m2. Semua Range Rover Sport dilengkapi dengan transmisi otomatis ZF 8HP70 8 percepatan.

Dari segi interior kini juga jauh mengalami perubahan dengan tampilan yang lebih bersih serta penggunaan bahan yang berkualitas tinggi.  Jarak untuk lutut jauh lebih lega sebanyak 24mm dan kabin sendiri juga jauh lebih lebar sehingga semakin membuat nyaman penumpang. LR_Range_Rover_Sport_Interior_06

Melihat agresifnya Range Rover di Indonesia setelah diambil alih oleh PT Grand Auto Dinamika bisa diperkirakan bahwa Range Rover Sport baru ini akan tampil di Indonesia dalam waktu dekat.

 

spec RRs

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s