Test Drive: Infiniti FX37S Kupe atau SUV?

FX37S_FrontInfiniti baru memasuki pasar di Indonesia hanya beberapa tahun. Namun salah satu tugas yang paling berat yang harus diembannya adalah menghadapi pesaing merek premium yang sudah hadir lebih awal di Indonesia seperti Mercedes-Benz, BMW, Volvo dan Lexus.  Dari segi produk cukup beragam dan disini salah satu SUV premium yang saya coba adalah Infiniti FX37S yang baru mengalami facelift dan mendapatkan cangkokan mesin baru.

Mesin 3700 cc V6 DOHC bisa ditemui di Nissan 370Z coupe dan kalau kita kendarai FX37S karakter raungan khas kendaraan sport juga sangat terasa pada Infiniti ini. Raungan khas V6 yang keluar dari dual exhaust oval namun tidak didukung dengan rasa tenaga yang membuat ‘WOW’ malah ada kecenderungan terasa pelan dibandingkan suara yang dihasilkan. Mungkin wajar mengingat kendaraan ini adalah SUV dengan bobot 2 ton dan ditambah menggunakan velg Enkei 21″ sehingga menambah bobot kendaraan.

FX37S_backFX37S ini terlihat sangat besar dan itu juga terasa pada saat kita mengendarainya. Hidung yang panjang dengan lengkungan yang mendominasi kap mesin semakin menambah aura “besar” dari kendaraan ini. Ada satu hal yang sangat menguntungkan dari kebesaran ini yaitu sebagian besar kendaraan menjadi takut bila berpapasan dengan FX37S. Terutama tampilan fascia depan yang seperti seekor hiu yang siap menerkam mangsanya dengan mulut yang menganga lebar. Dalam hal mengintimidasi kendaraan lain saya patut mengacungi jempol kepada desainer Infiniti.  Lampu bi-xenon juga semakin menerangkan jalan dan bentuk lampu yang menyipit menambah aura seram dari FX37S ini.

Panjang keseluruhan dari kendaraan ini adalah 4865mm dengan lebar 1925mm tinggi 1688 mm serta wheelbase sepanjang 2885mm. Tentu besar harapan wheelbase yang panjang ini memberikan kenyamanan berkendara yang tinggi serta ruang interior yang lega. Anehnya hal ini kurang terlihat. Dari sisi interior ada kecenderungan menyempit dan kurang lega bagi penumpang belakang serta bantingan dijalan sangat keras bila terkena seperator pada tol atau sedikit bumpy, namun di jalan yang mulus masih patut diacungi jempol settingan suspensinya untuk tingkat grip dan stabilitas yang cukup baik bagi kendaraan SUV.

189Dari segi interior tampilan dasbor tidak terlampau istimewa dan cenderung terlihat seperti kendaraan Jepang pada umumnya. Hal yang sedikit disayangkan mengingat harganya yang mencapai Rp 1,2 milliar off the road. Kendaraan di harga yang sama justru memberikan tampilan yang jauh lebih mewah. Namun penggunaan material memang masih patut diacungi jempol seperti penggunaan Graphite Leather pada keseluruhan jok dan doortrim serta Black Lacquer sebagai material insert pada dasbor dan pintu.

Desain jok depan sangat ergonomis dan nyaman dan saya tidak bisa mengatakan hal yang jelek mengenai joknya. Desainnya juga unik dengan motif wajik namun sedikit disayangkan kenapa harus ada tulisan Infiniti pada sandaran sehingga memberi kesan sedikit “murahan”.

192Pengaturan jok dan setir dapat dilakukan secara elektronis sehingga kita tidak perlu bersusah payah mendorong jok. Audio system pada versi FX37S juga cenderung “standar”  dan sayangnya Bose hanya ditawarkan pada versi paling atas yaitu FX50S dengan menggunakan 11 speaker. Dan salah satu hal yang saya sangat salut dari Infiniti adalah betapa heningnya kendaraan ini, tidak ada satupun kendaraan atau manusia terdengar dari luar bila kita berada didalam dan hiruk pikuk Jakarta cukup kita lewatin dengan senang.

Sepertinya ada teknologi Sound Cancellation di dalam FX37S ini karena pada saat kita parkir di Benhil, tukang parkir tidak terdengar sama sekali memberikan arahan. Mungkin hal ini juga tidak diperlukan karena FX ini dilengkapi dengan kamera mundur serta sensor parkir.

So apakah FX37S ini worth the buy? Hmmmm saya pribadi akan memilih opsi merek asal Bavaria dengan harga yang sama dan tampilan lebih konservatif. Mungkin bagi seseorang yang tidak ingin tampil pasaran menjadi opsi yang baik.  Satu hal yang hampir saya lupa. Pengalaman masuk ke showroom Infiniti adalah hal yang sedikit berbeda dibandingkan kita masuk showroom kendaraan lain. Disini terasa premium service dan juga tampilan yang seperti sebuah art gallery. So if you want to have a different experience and drive something different than the Infiniti would be your option.

183 191 206 IMG_1657 IMG_1678 IMG_1679 IMG_1708 IMG_1714

Advertisements

One thought on “Test Drive: Infiniti FX37S Kupe atau SUV?

  1. pakai emboss di jok, sebenernya lazim aja, bahkan Jaguar pun melakukannya…cuman memang ‘penyakit’ pabrikan Jepang sampe sekarang, ngga cukup pede hanya dengan menunjukkan logo-nya sebagai identitas macam mercy dengan 3 pointed stars nya…melainkan merasa perlu untuk menuliskan bacaannya juga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s