Test Drive: BMW 328i Sport Line. The ultimate driving machine connecting with you.

BMW 009Sejak Seri 3 diluncurkan pada tahun 1975, maka tipe ini selalu menjadi tambang emas bagi BMW dimanapun di dunia dan tidak dipungkiri di Indonesia. BMW Seri 3 selalu menjadi benchmark mengenai sedan sport sejati dan inipun terlihat di tipe terbaru BMW Seri 3 F30. Disini saya diberikan kesempatan mencoba BMW 328i dengan Sport Line trim dimana saat ini ada dua line yaitu Sport Line dan Luxury Line. Seperti sedan BMW yang lain dan terutama seri 3 maka kenikmatan berkendara sangat diutamakan dan itu juga terasa di BMW 328i terbaru ini. Ukuran yang juga lebih membesar dibanding pendahulunya memberikan kelegaan pada bagasi dan juga tempat duduk belakang. Kini dengan panjang 4624mm, lebar 1811mm dan jarak sumbu roda 281o mm bisa dikatakan BMW Seri 3 yang sekarang tumbuh lebih besar setara dengan BMW seri 5 E39 yang muncul pada tahun 97-2004.

BMW 030

Walau seri 3 yang lebih besar namun tetap terasa sangat kompak dan lincah di jalan.  Dibalik bonnet depan yang panjang ternyata tersimpan mesin baru khusus untuk 328i ini. Biasanya tipe terdahulu yaitu BMW 325i E90 LCI terpasang mesin enam silinder segaris yang merupakan mesin khas BMW. Suara raungan enam silinder selalu membuat penggemar BMW hatinya berdebar mendengar dia berakselerasi dengan kuat.

Namun dalam rangka penghematan BBM serta mengikuti trend  downsizing maka kini BMW meletakkan mesin 2.0 liter empat silinder dengan teknologi Twin Power Turbo dimana pada mesin kecil ini terpasang twin scroll turbo yang dapat menghasilkan tenaga yang luar biasa. Dan bisa dikatakan mesin baru ini justru lebih bertenaga dibanding versi enam silinder dengan tenaga 245 hp yang dikeluarkan pada putaran 5000-6000 rpm dan torsi maksimal 350Nm pada 1250-4800rpm. Tenaga ini sangat luar biasa dan kombinasi transmisi steptronic delapan percepatan semakin membuat 328i mantap dikendarai dan berakselerasi dengan halus dan presisi.

Dari segi pengendalian BMW Seri 3 ini dilengkapi dengan Driving Dynamics yaitu pemanfaat Adaptive Suspension dengan settingan Sport, Sport + atau Comfort dimana dengan merubah setting tersebut maka pengendalian juga akan semakin tajam. Hal ini terasa betul pada saat memindahkan posisi Comfort ke Sport atau Sport + yang langsung menjadikan suspensi lebih keras dari biasanya. Namun walau dalam posisi Sport suspensi kini lebih keras dan kaku sehingga mendapatkan kestabilan yang lebih baik, namun suspensi dari F30 ini masih bisa dikatakan nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Dibandingkan versi E90 M-Sport edition makaF30 ini mempunyai karakter suspensi yang jauh lebih lembut dan nyaman.

BMW 027Ada juga satu hal yang berbeda dari F30 ini adalah pemasangan Connected Drive dimana sebelumnya hal ini merupakan standar di kelas yang lebih tinggi, namun disini BMW Indonesia sangat royal dalam pencontrengan spesifikasi sehingga Connected Drive dijadikan standar dalam semua seri 3. Connected Drive ini digabungkan dengan sistem i-Drive yang telah merevolusionerkan ide penyatuan pengaturan kendaraan melalui satu tombol atau interface. Pada saat pertama kali diluncurkan di 2002 didalam BMW Seri 7 E66 masih merupakan sistem yang sangat rumit untuk digunakan dan belum user friendly dan sekian lama BMW mencoba memperbaiki sistem tsb sehingga didapat kini sistem i-Drive yang paling sempurna. Yang menarik adalah bahwa ternyata dibutuhkan hanya tombol “kembali” untuk semakin mempermudah sistem i-Drive.

Di BMW Seri 3 terbaru ini dilengkapi juga dengan BMW Navigation Professional yang semakin mempermudah kita dalam menentukan arah perjalanan. Yang menarik dari sistem navigasi BMW ini adalah tersedianya tampilan perspective 3 Dimensi yang menampilkan gedung-gedung yang cukup dikenal di Jakarta sehingga kemungkinan tersasar semakin sedikit, satu hal yang menarik juga adalah penampilan beberapa route mulai dari Short Route, Fastest Route dan ECO PRO route. Dimana bila kita masuk ke ECO PRO akan ditampilkan rute paling efisien dengan BBM paling sedikit. Sayangnya belum dapat ditampilkan traffic update namun waktu tempuh dan ketibaan termasuk cukup akurat dibanding dengan beberapa GPS Handheld yang banyak dijual di pasaran.

IMG_1471

 

Selain berbagai macam rute, BMW Navigation Professional juga memberikan tampilan Junction View dimana kecil kemungkinan kita masuk ke ramp yang salah serta masih adanya tampilan arahan didasbor sehingga kita tidak selalu harus mengalihkan pandangan ke layar 8.8 inci yang tersedia di tengah. Layar ini sendiri memberi penampilan seperti i-pad terpasang pada dasbor dan mempunyai resolusi yang cukup tajam.

BMW 033

 

Sistem tata suara Harman Kardon yang terpasang pada 328i ini juga semakin menambah tingkat kenyamanan selama berkendara. Hal yang juga termasuk unik pada BMW adalah tombol preset station yang selama ini kita kenal bukan sekedar dapat menyimpan stasiun radio kesayangan kita namun dapat menyimpan settingan kendaraan yang kita inginkan seperti tombol 1 dapat kita atur agar menampilkan peta dalam perspective, tombol 2 untuk setting suara terbaik, tombol 3 menelpon ke rumah dst.

Selain kenyamanan tata suara ada satu fitur kenyamanan yang mungkin belum terpasang di kendaraan sejenis yaitu adanya Comfort Access terhadap bagasi dimana kita cukup “menendang” bagian bawah bumper belakang sehingga bagasi bisa terbuka tanpa perlu memencet tombol atau buka kunci. Hal ini sangat berguna kalau kita sehabis belanja atau bawa barang bawaan yang banyak dan kesulitan meraih kunci.

IMG_1475Seperti diungkap sebelumnya, ada dua trim dari BMW 328i ini yaitu Sport Line dan Luxury Line dan bedanya adalah bahwa pad Sport Line maka tampilan velg 18 inci mempunyai bentuk yang lebih sporty, penggunaan black high gloss window frame serta kaca spion berkelir hitam semakin menampilkan kesportian dari seri 3. Grill dengan delapan bilah dan high gloss hitam membuat tampilan semakin sporty. Dari sisi interior penggunaan sport seats dengan jahitan merah dan dasbor dengan lingkaran merah semakin membuat tampilan sporty. Dan tampilan trim alumnium semakin memperkuat hal tersebut.

BMW 008

 

Untuk Luxury Line dia akan mempunyai tampilan bilah chrome sebanyak 11 buah sehingga memberi tampilan yang elegan, pelek multi spoke dan tampilan interior dengan wood trim serta pilihan warna jok sebanyak 4 buah semakin menambah kemewahan dari Luxury Line. Baik Luxury dan Sport Line pada 328i dihargai sama yaitu sebesar Rp 729.000.000 off the road.

Oh ya, ada sedikit coba-coba dari saya dan teman-teman yaitu rencananya akan saya coba buat video review dari yang dilakukan selama ini dan ini hanya ujicoba so hopefully you enjoy the teaser.

BMW 014 IMG_1463 IMG_1465 IMG_1467

 

Fuel consumption
Urban in l/100 km 8.2-8.4 [7.7-7.9]
Extra-urban in l/100 km 4.9-5.0 [4.8-4.9]
Combined in l/100 km 6.1-6.3 [5.9-6.0]
CO2 emissions in g/km 144-147 [138-141]
Tank capacity, approx. in l 60
Performance
Top speed in km/h 235 [235]
Acceleration 0–100 km/h in s 7.3 [7.6]
Weight
Unladen weight EU in kg 1,475 [1,495]
Max. permissible weight in kg 1,950 [1,970]
Permitted load in kg 550
Permitted axle load front/rear in kg 905 [1,125]
Engine
Cylinders/valves 4/4
Capacity in ccm 1,997
Stroke/bore in mm 90.1 / 84.0
Max. output in kW (hp) at 1/min 135 (184) / 5,000
Max. torque in Nm at 1/min 270 / 1,250-4,500
Compression ratio : 1 11.0

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s