PROTON akan terlibat dalam Asian Car Project menurut DRB-HICOM

DSCF3527

Seperti diungkap di artikel sebelumnya mengenai apa yang akan dilakukan DRB-HICOM selaku pemilik PROTON terhadap produsen asal Malaysia ini, ternyata mulai terkuak sedikit demi sedikit dalam konferensi pers yang dilakukan DRB-HICOM pada saat Media Getaway di Johor Bahru, Malaysia baru-baru ini.

DRB-HICOM seperti diketahui selain memiliki PROTON Holdings Bhd juga menjadi perakit dan distributor bagi Honda, Isuzu, Suzuki, Mercedes-Benz dan Volkswagen.

Dan walau revenue tertinggi berasal dari sektor otomotif (terutama setelah membeli PROTON), harus juga dilihat investasi DRB-HICOM dibidang yang lain seperti jasa, properti, aset dan konstruksi.

Group Managing Director DRB-HICOM Datuk Seri Mohd Khamil Jamil mengatakan: ”Ini bukan hanya mengenai satu perusahaan atau satu orang. Kita punya banyak investasi yang dapat memajukanDRB.”

Perkembangan terakhir adalah merger dari PROTON Edar dengan EON. Joint venture antara  HBPO dengan Faurecia untuk membuat dan menjual komponen kendaraan serta ekspansi POS Malaysia ke bidang kurir dan logistik.

ART_3078_resize

Ada beberapa hal menarik dalam konferensi persi ini seperti Mohd Khamil mengatakan bahwa PROTON akan terlibat dalam Asian Car Project yang bertujuan untuk menjadikan Malaysia sebagai hub regional Volkswagen (besar kemungkinan Tanjung Malim akan menjadi bagian dari rencana ini.) Dan direncanakan akan mulai ekspor di 2014.

“Region ASEAN sekarang sangat menjanjikan. Kebutuhan meningkat dan konsumen juga semakin pintar.” dia mengatakan dan menambahkan bahwa kendaraan yang terjual semuanya berasal dari luar ASEAN. “PROTON sebagai satu-satunya brand lokal harusnya menjadi market leader di ASEAN.”

Sedikit dikatakan mengenai kolaborasi yang ditandatangani antara PROTON dengan Honda dan masih pada tahap eksplorasi. Produsen asal Jepang itu sendiri sudah menginvestasikan sebanyak RM 350 juta di Pegoh Plant untuk menggandakan produksi menjadi 100.00 unit per tahun pada akhir tahun ini.

Menurut Mohd Khamil isu yang paling penting dari PROTON adalah masalah kualitas produk dan After Sales. Menurut dia vendor akan dirasionalisasikan kedalam jumlah yang PROTON bisa kelola dan akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam. Bagi vendor yang tidak bisa memenuhi pemesanan akan diberi peringatan dan akan diakhiri kerjasamanya bila belum selesai.

Usaha lain yang akan ditempuh adalah memperbaiki After Sales Service dengan menjamin PROTON Edar memenuhi Standard Operating Procedures (SOP) dari kualitas yang baik. Best Practice dari OEM luar negeri akan diterapkan di PROTON.

DRB

 

Tentu hal ini sangat diperlukan dengan berbagai macam cara. Laporan minggu lalu mengindikasikan bahwa PROTON berpotensi turun ke posisi ketiga di Malaysia dibelakang Toyota dan market leader Perodua (yang notabene merupakan bagian dari Toyota) dengan market share hanya 17,7% di December 2012, hanya sedikit didepan Toyota sebesar 17,1%.

Pasar ekspor juga akan diprioritaskan. “Kita sudah mulai merasionalisasi pasar ekspor kita. Saat ini kita hanya mengekspor 20.000 kendaraan. Volume harus naik agar biaya turun. Dalam 5 (lima) tahun kedepan, saya ingin melihat sedikitnya 500.000 kendaraan diproduksi oleh PROTON. Kami akan memprioritaskan ke pasar dimana PROTON dapat mendapatkan hasil yang baik.” seperti Mohd Khamil katakan, dengan menyebut Indonesia dan China sebagai potensi pasar terbesar.

Dan juga melontarkan bahwa PROTON Preve akan diluncurkan dalam waktu dekat di Indonesia menyusul Australia dan Thailand.

Salah satu hal yang ditanya juga adalah perihal Global Small Car Project dan Mohd Khamil mengatakan bahwa “PROTON tidak ada didalam city car atau segmen A. Kita ingin PROTON berada didalam semua segmen.”

Pejabat PROTON masih tutup mulut perihal pembelian paten dan teknologi mesin Petronas, namun sumber mengatakan bahwa varian turbo besar kemungkinan akan terpasang pada pengganti PROTON Perdana.

Sumber dan foto:Paultan.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s