PROTON berencana membuat MPV besar dan sedan segmen D?

DRB

 

Kita sudah melihat beberapa berita mengenai rencana kerjasama PROTON dengan Honda Motors Corporation yang dilakukan oleh DRB-HICOM serta berita ASEAN Car Project oleh VW bersama DRB-HICOM dimana akan ada merger antara lengan distribusi PROTON Edar (distributor PROTON) dan EON (distributor bagi PROTON, Honda dan VW) sehingga kalau dilihat skema makin membuat bingung.

Salah satu isyu yang mulai beredar adalah rencana PROTON membuat MPV besar sekelas Alphard dan sedan besar segmen D sebagai pengganti dari PROTON Perdana yang sudah uzur. Kalau dilihat dari lini produk di Honda tentu yang dapat menjadi basis adalah Honda Elysion yang masuk secara pas kedalam rencana kerjasama PROTON dengan Honda.

Hanya rekayasa mungkin basis MPV besar PROTON dari Elysion

Hanya rekayasa mungkin basis MPV besar PROTON dari Elysion

Penggunaan platform Elysion tentu akan membantu bagi PROTON untuk mengembangkan sendiri MPV besar mereka tanpa perlu mengeluarkan kos yang tinggi. Yang lain adalah sedan besar segmen D yang bisa menggunakan platform Honda Accord atau bisa juga VW Passat mengingat VW masih merupakan rekanan terdekat dari DRB-HICOM dan ada rencana Asian Car Project dari VW yang sampai saat ini masih belum begitu jelas seperti apa. Mengingat lagi VW sudah sejak lama mengincar PROTON sebagai bagian dari konsorsium mereka.

Mungkin seperti ini

Mungkin seperti ini

Atau seperti ini

Atau seperti ini

Yang pasti dalam waktu dekat akan ada Preve versi Hatchback (sebagai pengganti Gen2), Global Compact Car (basisnya juga masih belum jelas) dan SAGA R serta Exora R?

Let’s wait and see..

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s