Youngtimer: Ford Sierra

Tipe Ford ini mungkin jarang sekali dilihat di Indonesia karena ini adalah model yang diproduksi Ford Eropa sedang di Indonesia banyak beredar produksi Ford Australia yang membuat Ford Laser dan Telstar. Namun di Eropa Ford Sierra merupakan sedan midsize yang lumayan mempunyai pasar di Eropa.

Pelan, membosankan, tua serta kandang karatan yang bau. Tidak ada orang yang menunggu sebuah Ford yang tua. Atau? Versi penggerak roda belakang terakhir dari Eropa ini merupakan mobil pasaran yang membosankan namun dapat juga dijumpai dalam versi rallysport serta banyak memenangkan turing di Eropa, dan sempat ada versi dengan mesin 2 liter turbo dan 2.8 liter V6 yang dapat menghasilkan 150 hp.

Sebenarnya tidak masalah berasal dari merek apa. Namun pasang mesin dengan 150-200 hp kedalam mobil penggerak roda belakang (yang ringan) dan anda mempunyai mainan baru. Begitu juga didalam Ford Sierra, style 80-an

Ford memperkenalkan Sierra pada tahun 1982, tahun yang sama dimana Volvo 760 hadir, BMW masih menjual seri 5 tipe E28, Audi dengan Audi 100 C3 serta Opel baru mulai merancang kendaraan yang akan menjadi Opel Omega. Ford menoreh suatu pemandangan yang berbeda dari segi tampilan serta persaingan. Dimana banyak produsen masih berkutat dengan karburator (juga pada jenis yang besar) maka Ford Sierra sudah menggunakan injeksi. Dan flagship utamanya adalah Ford Sierra XR4i yang dikenalkan di tahun 1983 dan menggunakan mesin 2.8 liter v6 dengan tenaga 150 hp.

Karena Ford Sierra merupakan kendaraan yang tua serta tidak terlalu aman maka bobotnya juga sangat ringan. Tidak sampai 1200kg bagi  versi XR4i. Dan ini bukan karena mesin enam silinder, yang sebenarnya sudah sangat kuno dengan single camshaft serta mempunyai kapasitas volume yang lebih besar dibanding tenaganya.

Bobot mempunyai pengaruh yang besar terhadap karakter pengendalian suatu kendaraan. Bila bobot ada di depan, dengan mesin V6 yang besar, maka dapat mengurangi karakter mengemudi. Sebuah XR4i sangat menyenangkan untuk dimainkan dan dapat mentoleransi penyiksaan yang berat. Setahun kemudian diperhalus dengan kedatangan mesin 2 liter empat silinder turbo. Mesin 2.0 liter turbo 16 valve dapat mengeluarkan tenaga sebesar 204 hp. Pada versi tahun 86/87 masih menggunakan penggerak roda belakang. Kombinasi mesin dan penggerak ini membuat dia sempurna pada kejuaraan Touring Car dan Rally Stages yang menggunakan aspal bagi Sierra RS Cosworth (nama yang diberikan untuk tipe ini).

Pada akhir tahun delapanpuluhan, Sierra menjadi semakin dewasa. Dan disamping hatchback dan stationwagon maka dibuat juga versi sedan. Versi sedan ini mengambil bendera sebagai “Sierra tercepat” Dan menggunakan mesin beringas dan terkenal yaitu  2.0 16V Cosworth empat.

Sierra Cosworth  sedan masih mendapatkan satu facelift pada akhir siklus kehidupannya. Serta sebagai usaha paling akhir dari Ford untuk memperbaiki prestasi reli dia maka Sierra dipasangkan penggerak empat roda sebagai standar. Namun ini adalah usaha sia-sia. Versi jalan raya dari Cosworth 4×4 menjadi sangat mahal karena penggerak empat roda dan juga menjadi sedikit lebih aman serta serius. Dan penggerak ini pada akhirnya dipasangkan pada Escort Cosworth setelah beberapa lama.

Apakah sebuah Sierra XR4i atau Cosworth diam-diam sudah menjadi mobil impian? Akan susah karena dulu sangat banyak namun saat ini banyak dari powerFords sudah meninggal.  Di tuning sampai berbunyi *ploef* atau tidak diurus, berkarat sampai rusak atau dibesituakan.  Yang pasti mesin turbo dapat menangani penyiksaan yang berat namun ada saatnya dia menyerah.

Harga Sierra sekarang naik karena kesulitan mendapatkan model tersebut dan tidak mudah mendapatkan Sierra Cosworth dalam keadaan berjalan dan rapih di 2012. Harga dapat mencapai  €7000,-. Apakah anda penggemar penggerak roda belakang? Lebih baik cari Cossie sebelum tahun  1990. Penggemar 4×4-dapat memilih antara 1990-1993. Kedua kendaraan berbobot kurang dari 1300 kg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s