Datsun akan didasarkan LADA?

Kita mungkin masih ingat kedatangan dari Carlos Ghosn ke Indonesia dan mengumumkan rencana kebangkitan kembali merek Datsun khususnya bagi pasar yang berkembang seperti di Asia. Datsun direncanakan akan diproduksi di Indonesia dan di beberapa media ada beberapa bocoran mengenai kira-kira akan berpenampilan seperti apa. Target dari Datsun sendiri adalah mobil murah dengan harga kisaran Rp 60-100 juta.

Menurut beberapa pemberitaan ternyata konsorsium Nissan-Renault telah mengambil alih saham perusahaan pembuat mobil asal Rusia Lada-Avtovaz. Dan menurut sumber internal Nissan-Renault besar kemungkinan Datsun akan mengambil basis dari Lada.

Memang kita mengetahui bahwa Datsun akan dihidupkan kembali dan didalam konsorsium Nissan-Renault sudah ada mereka budget yang lain asal Eropa dengan nama Dacia, namun pembelian Lada serta perkiraan akan menggunakan platform Lada adalah hal yang baru.

Rencananya platform akan menggunakan Lada Granta yang merupakan sedan empat pintu dengan kapasitas mesin 1.6 liter serta direncanakan akan dibuat dengan versi 1.4 liter

Kalau dilihat mungkin tidak terlalu menarik bagi pasar di Indonesia namun kalau untuk sekedar sebagai kendaraan murah saya kira masih tidak terlalu buruk. Tidak terlalu banyak informasi yang bisa didapat perihal Lada Granta karena sebagian besar masih dalam bahasa Rusia dan kendaraan ini sendiri juga tidak dijual di Eropa Barat. Namun yang bisa diketahui bahwa untuk spek tertinggi dilengkapi dengan Power Steering, Power Window, ESP, Airbag serta GPS.. hmmmm….akan menjadi suatu hal menarik untuk melihat seperti apa kendaraan ini akan laku.

LADA_Granta_Engine

The old Lada

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s