BMW M6 Gran Coupe: kombinasi tertinggi kemewahan dan performa

P90108968

BMW akhirnya meluncurkan varian bodi yang ketiga dari BMW M6 yang akan menjelma menjadi BMW M6 Gran Coupe. Anggota terbaru dari keluarga M6 membawa karakter khas M dengan tambahan kemewahan serta estetika yang berselera tinggi.  Mesin v8 berputaran tinggi dengan teknologi M TwinPower Turbo menghasilkan tenaga sebesar 412 kW/560 hp yang dapat meluncurkan BMW M6 Gran Coupe dari 0 – 100 km/jam dalam  4.2 detik. Garis elegan dari Coupe empat pintu diperkuat dengan beberapa fitur tambahan seperti atap carbon fibre-reinforced plastic (CFRP).  Interior yang lebih besar dari BMW M6 Gran Coupe mampu memberikan kenyamanan bagi dua penumpang dibelakang, ada juga kursi ketiga namun lebih cocok untuk perjalanan jarak pendek.

Fitur desain khas M selalu memperhatikan faktor teknis – seperti keperluan pendinginan, geometri sasis, keseimbangan bobot serta aerodinamika-membuka kesempatan bagi kapabilitas performa BMW M6 Gran Coupe. Bagian depan dari mobil ini didominasi oleh saluran udara yang besar, Adaptive LED Headlights sebagai standar dan M kidney grille yang didesain khusus untuk model ini.

P90108974Dari samping, Coupe empat pintu pertama didalam BMW M GmbH mempunyai tampilan yang sangat berbeda dari BMW M6 Coupe berkat pintu belakang dan jarak sumbu roda yang lebih panjang 113 milimeter. Garis atap yang rendah mengalir ke arah belakang, garis bahu serta kaca samping ditarik sampai ke pilar C semakin memberi siluet yang dinamis.

P90108976

Sepatbor yang diperlebar semakin memperlihatkan lebar jarak pijak roda yang spesifik bagi BMW M6 Gran Coupe. Insang M yang khas, kaca spion yang didesain aerodinamis, pake BMW Individual High-gloss Shadow Line yang standar serta velg alloy 20 inch  M dengan  double-spoke design semakin membuat dia berpenampilan yang berbeda serta adanya knalpot kembar yang terpasang pada apron belakang. Yang juga ada pada apron belakang dan bertujuan untuk mengalirkan udara dengan baik adalah diffuser yang terbuat dari CFRP.

Bahan yang sangat ringan namun kuat ini juga terdapat di atap. Disini struktur karbon dapat terlihat dengan sangat baik serta adanya undakan dibagian tengah atap semakin memperlihatkan style yang berbeda. Didalam kendaraan undakan tersebut dilapis dengan baik menggunakan plafon dari Alcantara dengan warna anthracite serta dibagian tengah menggunakan kulit. P90108973

Pembauran yang harmonis antara atletis serta elegan terlihat dari desain exterior, cockpit M yang khas memberi style kendaraan sport dengan kemewahan yang tinggi. Pengemudi dan penumpang depan akan mendapatkan M sports seats dengan integral belt guides. Sebagai standar maka BMW M6 Gran Coupe mengggunakan pelapis jok Merino leather. Bagian belakang dapat ditawarkan dengan kapasitas dua atau tiga tempat duduk dengan sandaran belakang yang dapat dilipat denga rasio 40 : 60 sehingga menambah kapasitas bagasi dari 460  liter menjadi 1,265 liter. Suatu kendaraan sport yang tetap praktis.

Mesin V8 dengan teknologi M TwinPower Turbo technology, seven-speed  M Double Clutch Transmission denganDrivelogic, Active M Differential.

Teknologi mesin dan transmisi dibawah BMW M6 Gran Coupe menjamin performa yang merupakan hal yang khas bagi kendaraan M.  Mesin V8 dengan teknologi M TwinPower Turbo menghasilkan tenaga 412 kW/560 hp. Salah satu keajaiban teknis adalah penggunaan sepasang twin-scroll turbochargers, sebuah cross-bank exhaust manifold, High Precision Direct Petrol Injection, VALVETRONIC variable valve timing serta Double-Vanos continuously variable camshaft control. Mesin 4,395 cc ini dapat mempertahankan torsi puncaknya sebesar 680 Newton metres (502 lb-ft) diantara 1,500 dan 5,750 rpm, sementara output maksimal dihasilkan antara  6,000 dan 7,000 rpm. Mesin berputar sampai maksimum  7,200 rpm.  BMW M6 Gran Coupe dapat berakslerasi dari 0 sampao 100 km/jam hanya dalam waktu 4.2 detik dan dibatasi kecepatan puncak sebesar 250 km/jam(305 km/jam jika  M Driver’s Package ditambah). Konsumsi bensin rata-rata adalah sebesar 9,9 liter per 100 kilometer dengan standar pengetesan EU dan emisi CO2 sebesar  232 grams per kilometer.

P90108950

Mendukung perpindahan tenaga adalah seven-speed M Double Clutch Transmission with Drivelogic. Transmisi ini mempunyai sisistem manajemen elektronik yang menjamin perpindahan gigi untuk traksi optimal. Dia juga menawarkan fungsi Launch Control untuk akselerasi maksimal, Low Speed Assistance untuk kenyamanan lebih dan fungsi Auto Start-Stop untuk meningkatkan efisiensi.

Untuk menjamin pada saat berakselerasi secara dinamis keluar dari tikungan maka  Active M Differential pada gardan belakang membantu mendistribusikan tenaga ke beberapa roda untuk mendapatkan efek traksi maksimal.

P90108970

P90108953

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s