BMW mencatat rekor pertumbuhan penjualan di Indonesia di tahun 2012

113

Di sela-sela peluncuran BMW X6 diinformasikan kepada rekan-rekan media mengenai kinerja penjualan BMW selama tahun 2012, dan menurut Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan. Kinerja dari BMW Group Indonesia mencatat rekor pertumbuhan yaitu sebesar 41% di Indonesia selama tahun 2012 dengan total penjualan sebesar 2,100 unit, naik dari 1,551 unit di tahun 2011.

Angka penjualan ini menjadikan 2012 sebagai tahun yang sangat sukses bagi BMW Group Indonesia, bahkan minggu lalu perusahaan juga mengumumkan angka penjualan merek MINI di Indonesia dan dapat dikatakan mempunyai kinerja yang sama impresif yaitu sebanyak 360 unit telah laku di 2012 atau rata-rata 1 unit per hari.

sales figures BMW

Tentu dengan peningkatan yang konstan ini menunjukkan betapa masih besarnya pasar premium di Indonesia bahkan dari segi market share, BMW mulai menggerus  pasar produsen pesaing asal Jerman lainnya. Walau krisis Eropa sedang melanda namun dari segi kinerja baik BMW Group Indonesia bahkan BMW di Eropa mengalami peningkatan atau kestabilan penjualan kecuali bagi satu atau dua negara seperti Spanyol.

“Pangsa pasar BMW di segmen mobil premium ini terus tumbuh setiap tahun sejak 2008 dan mencapai 30% tahun ini. Tidak ada merek premium Eropa lainnya yang mencatat hasil yang positif dan konsisten beberapa tahun belakangan ini. Sukses ini menunjukkan bahwa baik BMW dan MINI, produk dan layanan purna jualnya telah memenangkan lebih banyak konsumen di Indonesia,” tambah Ramesh.

Ada beberapa faktor sukses yang dicatat oleh BMW dan menurut Ramesh yang terutama adalah penggunaan prinsip 7P didalam grup itu sendiri. Dimana 7 P berarti “People, Process, Production, Place, Promotion, Price, Product”. 

Dalam artian adalah bahwa:

“People” memastikan BMW mempunyai orang-orang yang terbaik dalam hal bekerja untuk brand BMW dan terutama mempunyai passion dalam membangun brand BMW sebagai salah satu kendaraan premium di Indonesia. Dan ini terlihat dari betapa bersemangatnya manajemen BMW Group Indonesia untuk senantiasa menghadirkan program-program terbaik bagi para konsumen.

“Process” BMW mempunyai apa yang disebut dengan Retail Performance Management, dimana para dealer senantiasa diukur bagaimana mereka bekerja, namun bukan hanya sekedar dalam hal penjualan namun juga bagaimana mereka dapat menangani para pelanggan serta menjaga (retain) kesetiaan mereka terhadap produk BMW. Tentu semua berhubungan erat dengan Customer Retention Management dimana kebutuhan customer harus dijaga dan diketahui agar tetap dapat melayani sebaik mungkin.

“Production” faktor sukses dari BMW adalah ekspansi kegiatan produksinya di Indonesia sejak 2011. Mulai dari BMW seri 3 terbaru, BMW Seri 5, BMW X1 dan BMW X3 adalah model yang dirakit di Indonesia dan merupakan model-model yang mendorong volume penjualan di Indonesia. Tentu keputusan pemilihan empat model ini adalah berdasarkan total kontribusi yang masing-masing model memberikan kepada BMW Group Indonesia.

contribution

 

Disini dapat kita lihat bahwa kontribusi utama ada pada BMW Seri 3 sebanyak 34%, diikuti BMW Seri 5 sebanyak 29%, BMW X1 dengan 18% dan BMW X3 sebanyak 7%. Sisa 12% dikontribusikan oleh model-model niche seperti BMW Seri 7, BMW Seri 6, BMW X5, BMW X6 dan BMW Z4.

Ada sekitar 80% dari total produk BMW yang dirakit didalam negeri, hal ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari BMW terhadap kemampuan kerja putra-putri Indonesia.

“Place” merupakan P berikutnya dan ini sangat penting dimana masalah tempat sangat menentukan pembangunan brand dari BMW (Brand Image building). Dimana kendaraan dilakukan pameran, bagaimana kendaraan ditempatkan didalam dealer, bagaimana dealer harus berpenampilan serta kemungkinan lokasi baru dari dealer-dealer yang ada.

 “Promotion” adalah salah satu aspek penting dari pembangunan image suatu brand dan tentu harus dipikirkan bagaimana marketing dari BMW harus dilakukan, harus dilakukan dengan cara yang efisien dan juga efektif. Karena yang paling penting adalah mendapatkan “the message across” agar konsumen dapat mengerti bagaimana rasanya memiliki sebuah BMW. Satu aspek yang lain adalah pentingnya memperhatian lokasi dari PR events yang kami adakan karena itu akan mendukung brand image itu sendiri.

“Price” , harga adalah sesuatu yang sangat sensitif bagi masyarakat Indonesia namun disini kita harus memperlihatkan dan memberi tahu bahwa harga yang dikeluarkan untuk sebuah BMW adalah harga terbaik karena bukan hanya sekedar sebuah kendaraan yang dibeli namun juga semua teknologi serta gaya hidup baru.

dan yang terakhir adalah “Product”, dengan menampilkan produk produk terbaik dan sesuai bagi semua pelanggan dimana faktor keselamatan serta kesenangan dalam berkendara diperhatikan tentu akan mendapatkan pembeli yang senantiasa akan kembali kepada BMW.

Semua hal diatas merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dan tentu BMW Group Indonesia berusaha keras untuk senantiasa memperbaiki diri dan tampil sebagai market leader dalam segmen premium cars.

Advertisements

3 thoughts on “BMW mencatat rekor pertumbuhan penjualan di Indonesia di tahun 2012

  1. Selamat Malam,

    Maaf saya ingin bertanya, data penjualan ini dapat dari mana ya?
    bisakah saya dapat data tersebut sampai 2014 untuk skripsi saya ?

    Jika bisa tolong kirim kan ke email saya
    Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s