The new BMW 7-Series. Kemewahan yang luar biasa dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi

BMW 7 frontBMW Indonesia telah meluncurkan facelift dari BMW Seri 7 yang merupakan flagship dari BMW pada Indonesia International Motor Show 2012 lalu. Pada 7-8 November maka diadakan Media Drive untuk memberi kesempatan merasakan dan mengalami sendiri bagaimana kemewahan dan kenyamanan dari seri 7 namun juga mengetahui betapa efisiennya seri 7 terbaru ini terutama dalam konsumsi bahan bakar.

BMW Indonesia memperkenalkan 3 tipe dari seri 7 yaitu BMW 740Li,730Li dan 730Ld. Untuk pertama kalinya di Indonesia ada versi diesel bagi kendaraan yang paling mewah dimana kesan menggunakan kendaraan yang penuh asap dan tidak nyaman dapat hilang dengan dikenalkan versi Diesel pada segmen sedan mewah kelas atas.

“Untuk pertama kalinya, teknologi Advanced Diesel diperkenalkan di segmen sedan mewah kelas atas yakni di BMW 730Ld terbaru, yang menggunakan mesin enam silinder segaris Advanced Diesel berperforma tinggi. Peluncuran model yang sangat efisien konsumsi bahan bakarnya ini adalah juga bagian dari komitmen BMW Indonesia terhadap lingkungan” seperti diungkap Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur PT BMW Indonesia

Tentu 730Ld dilengkapi dengan teknologi yang sangat memadai untuk mendukung klaim sebagai sedan mewah dengan efisiensi tinggi dan itu didukung oleh penggunaan mesin Advanced Diesel yang mempunyai kapasitas 3 liter dengan enam silinder yang dilengkapi dengan teknologi TwinPower Turbo sehingga dapat menghasilkan tenaga lebih besar 13 hp dari versi sebelumnya yaitu 258hp serta torsi maksimum yang juga meningkat sebesar 20Nm menjadi 560Nm pada putaran 1.500rpm hingga 3.000rpm. Tenaga ini disalurkan oleh transmisi otomatis delapan percepatan yang dapat menyalurkan tenaga dengan halus dan efisien dimana akselerasi dari 730Ld ini dapat mencapai 0-100km/jam hanya dalam waktu 6,2 detik. Hal yang luar biasa bagi kendaraan diesel terutama mengingat ini adalah sedan mewah bukan sportscar.

BMW 7 series back

Konsumsi bensin dari 730Ld diklaim sebesar 17,9 km/l semakin menunjukkan efisiensi yang tinggi dapat digabung dengan kendaraan yang mewah.

Namun bagi yang kurang menyukai diesel dapat memilih antara 740Li atau 730Li yang berbahan bakar bensin dan mempunyai mesin yang efisien. Untuk 740Li dilengkapi mesin 3 liter yang juga terpasang teknologi Twin Power Turbo yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 320Hp dengan torsi maksimum sebesar 450Nm. Secara tenaga lebih besar dari 730Ld namun dari segi torsi jauh lebih rendah. Dan sebenarnya sensasi akselerasi yang luar biasa berasal dari torsi yang besar karena akan terasa pada putaran-putaran bawah.

Percepatan 0-100 km/jam bagi 740Li adalah selama 5,7 detik hanya selisih 0,5 detik dari 730Ld. Satu lagi varian mesin bensin adalah 730Li yang juga menggunakan mesin 3 liter enam silinder namun tenaga yang dihasilkan berbeda dari 740li dengan tenaga maksimum sebesar 258Hp dengan torsi puncak 310Nm dimana dibutuhkan 7,5 detik untuk mencapai o-1oo km/jam.

Dari interior juga kini berbeda dimana indikator menggunakan display LCD dan adanya internet browser yang fully integrated  didalam Connected Drive BMW. Ditambah dengan tambahan dua monitor untuk penumpang belakang memudahkan dalam tetap bekerja sepanjang menghadapi kepadatan ibukota, tentu dapat diperhitungkan sebagai mobil office yang sangat baik.

Interior

Advertisements

2 thoughts on “The new BMW 7-Series. Kemewahan yang luar biasa dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s