PROTON membeli teknologi mesin Petronas

petronas e01e

Sebuah laporan oleh surat kabar Bernama menyatakan bahwa PROTON telah membeli semua teknologi permesinan dari Petronas beserta paten yang terhubung dengan nilai sebesar RM 63 juta. Pembelian ini meliputi tujuh teknologi mesin serta 117 paten.

Laporan mengatakan dengan pembelian ini maka PROTON mempunyai kepemilikan secara langsung terhadap sekeluarga mesin Naturally Aspirated serta Turbocharged dengan kapasitas 2.0 liter serta versi 2.2 liter Turbocharged yang dapat mendukung lini mesin Campro yang ada saat ini, seperti dikatakan Chairman PROTON Datuk Seri Khamil Jamil.

“PROTON dan Petronas mengawali pengembangan teknologi mesin di tahun 1996. Dan sekarang saatnya untuk mengambil alih dari Petronas, yang sejak 2010 bermaksud untuk keluar dari pengembangan mesin.” dia menambahkan

Satu-satunya mesin Petronas yang kita ketahui adalah versi E01e empat silinder segaris, , 16-valve DOHC engine dengan variable valve timing, yang juga merupakan mesin normally-aspirated,  jadi adanya versi turbo merupakan versi yang belum diketahui.

Didesain agar dapat dibuat dengan tiga kapasitas mesin (1.8, 2.0 dan 2.2 litres), maka  E01 pertama kali muncul di tahun 1998 didalam  Proton Waja dan Satria GTI.

Target desain awal adalah mendapatkan tenaga sebesar  200 PS dengan torsi 200 Nm serta bobot hanya 120 kg  – pada saat diproduksi ternyata angka tersebut dapat dilewati sehingga menghasilkan performa sebesar 204.3 PS pada 7,300 rpm dan torsi 203 Nm pada 5,300 rpm, serta bobot mesin sebesar 108.9 kg.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s