Proton Prevé dan Exora Prime diluncurkan di Thai Motor Expo

DSC_0242b

Pada saat Preve diluncurkan April lalu, dia diarahkan sebagai kendaraan global PROTON dan ini semakin ditunjukkan dengan peluncuran dari negara-negara yang berbeda. Bulan lalu sedan segmen C ini memasuki pasaran Australia di Sydney dan sekarang saatnya menjadi debut kedua untuk pasar Thailand. Seperti di Malaysia,  Prevé tidak menggantikan Persona namun akan dijual berdampingan dengan sedan lama tersebut sebagai opsi yang lebih mewah.

Di Thailand, Prevé dijual dalam tiga varian yaitu Standard, Executive dan Premium. Dua versi yang pertama ditenagai oleh mesin 109 hp/150 Nm 1.6 litre Campro IAFM+, sedang varian Premium dipasang mesin 1.6 liter turbo Campro CFE engine dengan tenaga 138 hp dan torsi 205 Nm yang keluar diantara 2,000 sampai dengan  4,000 rpm.

Opsi transmisi lima percepatan manual tersedia pada  Campro IAFM+ dengan varian (Std dan Exec), namun mesin Turbo hanya dipasang CVT. Namun ketiga varian tersebut dipasangkan transmisi CVT termasuk versi baseline yaitu Standard.

Transmisi VT2 CVT dari Punch  untuk  Campro IAFM+ mempunyai enam rasio virtual sedang mesin CFE dipasang dengan “seven-speed ProTronic” VT3 yang mempunyai batas torsi lebih tinggi. Hanya versi Premium yang terpasang paddle shift pada setir.

Tidak ada perbedaan mekanis maupun penampilan dari Prevé yang dijual di  Malaysia, Australia dan Thailand, namun ada sedikit perbedaan variasi berhubungan dengan permintaan pasar.

DSC_0258b

Di Thailand, ABS, EBD, Brake Assist serta dual front airbags adalah standar, sedang dengan Executive maka ada tambahan side airbag .Premium mempunyai paket lengkap yaitu  front/side/curtain airbags dan ESC. Di Australia, setiap Prevé dilengkapi dengan enam airbag dan ESC sedang di Malaysia, varian Premium hanya mendapatkan front/side airbags dan ESC.

Deputy CEO PROTON,  Datuk Lukman Ibrahim mengatakan bahwa akan ada “harmonisasi dari standar” secara spesifikasi,sehingga membawa standar global ke pasar Malaysia. Ini tentu akan menguntungkan konsumen lokal karena PROTON mendorong kendaraannya untuk dikembangkan di pasar seperti Australia dan UK. “Keamanan harus sama untuk semua orang. Senantiasa maju adalah tujuannya”. dia mengatakan.

Lepas dari safety, maka PROTON yang dikirim ke Thailand dapat meminum BBM E20, disini juha dilihat bahwa ada Blaupunkt 2-DIN touch-screen head unit yang baru, yang mempunyai layar lebih besar dibanding dengan versi Malaysia.

Dijual di Thailand oleh distributor tunggal Phranakorn Auto Sales, yang juga menjual beberapa mereka lainnya seperti Chevrolet sampai Fiat,  Prevé dihargai mulai 625,000 baht (Rp 194,621,000,-) untuk versi Standard M/T serta 759,000 baht (Rp 236,347,000,-) untuk versi Premium. Harga adalah on-the road dengan asuransi.

DSC_0252b

Sementara itu PROTON juga memperkenalkan varian Exora Prime untuk pasaran Thailand. Dihargai 899,000 baht ( Rp 279,942,000,-) maka Prime akan menjadi versi paling  mewah dari Exora MPV. (Kalau dilihat Indonesia masih lebih murah harganya) . Dan Exora Prime sendiri baru diluncurkan di Indonesia pada 8 November lalu.

DSC_0223b

Kedua model terbaru kini dijual di 31 dealer yang tersebar di Thailand dan rencana akan ada pengembangan dealer lagi sehingga menjadi 35 dealer.

Semoga hal seperti ini juga dapat dicapai oleh PT PROTON Edar Indonesia dengan membuka lebih banyak jaringan

Source: Paultan.org

DSC_0230b

DSC_0265b

DSC_0257b

DSC_0237b

DSC_0245b

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s