Test Drive: Chevrolet Orlando LT, a new way of fun.

Identitas khas Chevrolet pada bagian muka.

“Fun is for Everyone” adalah salah satu tagline dari Chevrolet Orlando LT, dan mungkin dapat kita lihat belakangan ini iklan serta promosi dari Chevrolet sendiri menonjolkan sisi fun serta dinamis dari produk-produk Chevrolet terbaru seperti New Aveo, Orlando, Captiva serta Colorado. Ada perubahan desain yang signifikan dari Chevrolet dimana lebih menangkap selera global dibanding selera Amerika yang biasanya berpenampilan mengotak dan kadang kurang pas desainnya.

Chevrolet Orlando LT ini sendiri adalah MPV yang didesain oleh Chevrolet dengan tujuan memberikan sesuatu yang berbeda dari segmen MPV yang notabene adalah People Mover yang membutuhkan fungsionalitas yang tinggi yang biasanya mengorbankan sisi desain. Biasanya MPV akan berpenampilan mengotak atau cenderung membulat namun tidak pernah membuat hati bergetar bila melihat MPV. Orlando sendiri didesain dengan penampilan yang macho khas Amerika dengan sedikit mengotak dan ada kecenderungan berpenampilan seperti SUV. Tampilan bagian depan khas Chevrolet dengan double bow tie khas Chevrolet serta grill yang sudah menjadi trademark dari sebuah Chevy dan ini kelihatan di produk-produk mereka yang lain.

Dari samping kita lihat ada kecenderungan berpenampilan seperti sebuah SUV / Cross-Over dengan garis bahu tinggi yang memberi gambaran kokoh. Ditambah bidang kaca yang kecil memberi kesan ini adalah kendaraan yang tahan dibanting. Bagian belakang bisa dikatakan antara suka dan tidak dengan desain yang sangat mengotak dan lampu dengan posisi horizontal dimana sangat terlihat seperti sebuah SUV.

Tampilan belakang yang memberi kesan seperti sebuah SUV

Lampu mundur yang terletak dibagian tengah memberi penampilan yang sedikit berbeda serta adanya protector bawah pada bemper depan dan belakang menambah kesan sebagai sebuah kendaraan multi guna yang dapat digunakan di medan yang berat. Ingat “kesannya” seperti itu, jangan harap membawa Orlando ke Off Road beneran.

Dari segi ukuran Chevrolet Orlando termasuk sedang dengan panjang bodi sekitar 4652mm,  lebar sekitar 1836mm, tinggi 1633mm serta jarak sumbu roda 2760mm membuat Orlando kelihatan lebih besar dibanding MPV yang beredar seperti Toyota Kijang Innova, Proton Exora, Honda Freed. Namun salah satu kehebatan dari Orlando adalah walau besar namun tidak terasa seperti membawa kendaraan yang sangat besar. Memang dari interior agak sedikit lebih kecil daripada yang dibayangkan.

Desain dasbor yang berbeda dibanding MPV sejenis dengan center console yang panjang serta banyak tombol

Bila kita masuk ke interior dari Chevrolet Orlando yang kita perhatikan utama adalah bentuk dasbor yang berbeda dibanding MPV sejenis. Untuk kendaraan Amerika dapat dikatakan desain dasbor mengikuti selera Eropa yang dititikberatkan pada ergonomi dan fungsionalitas.

Center console yang panjang menyimpan climate control serta CD player serta Head-Unit yang diletakkan pada bagian atas central console dasbor yang terintegrasi dengan LCD screen yang menampilkan berbagai macam informasi seperti suhu kabin, radio, CD dsb, Satu hal yang menarik adalah banyaknya tempat penyimpanan didalam Chevrolet Orlando dan salah satunya adalah kompartemen rahasia di balik Head Unit yang sangat cocok untuk menyimpan telepon genggam atau barang berharga lainnya.

Kompartemen Rahasia dibalik Head Unit…contoh buat meletakkan dompet

Jok depan dan belakang dari Orlando dapat dikatakan cukup baik. Agak sedikit keras pada perjalanan panjang khususnya di bagian tengah namun mungkin ini adalah ciri dari kendaraan Eropa yang memang cenderung mempunyai jok yang lebih keras karena utk ergonomi badan. Pada saat kita berbelok memang sedikit terasa kita kurang begitu dipegang oleh jok depan Orlando namun masih dapat dikatakan berkecukupan. Yang diingat MPV bukanlah sedan sport.

Jok depan yang cukup nyaman dan tebal namun mungkin harus ditambah sedikit lagi bantalan pada sisi agar terasa mendekap

Yang sedikit disayangkan jok tidak dilapis dengan kulit dimana akan terasa kemewahan dari Orlando, mengingat dari segi harga juga cukup tinggi yaitu Rp 330,000,000,0 on the road. Fleksibilitas dari interior Orlando juga cukup baik dimana jok ketiga dapat dilipat dengan rata sehingga mendapatkan luas area bagasi yang lebih besar, dan ini sangat berguna kalau kita lagi mau pindahan atau yang lain hal.

Satu hal yang juga sedikit disayangkan adalah tidak adanya saluran AC bagi jok baris ketiga sehingga takutnya ada terasa panas dan sumpek pada saat kita berkendara di tengah siang hari bolong.

 

Pelipatan jok yang rata

Tentu MPV seperti ini kita ingin tahu seperti apa rasanya berkendara dan bagaimana performanya. Mesin yang diusung Orlando adalah mesin 1.8 liter DOHC, 16 valve dengan DCVCP, MPI yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 141 PS pada 6200rpm serta torsi maksimum sebesar 176Nm pada 3800rpm. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6 speed dengan GM Tiptronic. Maka tenaga yang dikeluarkan oleh Orlando dapat dikatakan memadai, tidak begitu menggetarkan namun halus pada saat kita berkendara di tol.

Mesin ECOTEC 1.8 Liter DOHC 16 valve menghasilkan 141PS/6200rpm dan 176Nm/3800rpm

Penggunaan velg 17 inci yang dikombinasikan dengan ban 225/50 R17 memberi grip yang baik serta handling yang memadai namun bantingan suspensi dapat dikatakan ada pada sisi yang sedikit terlalu keras. Mungkin kalau bisa mendapatkan settingan suspensi yang sedikit lembut akan terasa sangat nyaman.

 

Dari segi keamanan, Orlando dilengkapi dengan rem cakram pada keempat rodanya ditambah dengan Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), ditambah Electronic Stability Progran dengan Traction Control untuk memberi kestabilan pada saat manuver mendadak, Dual front SRS Airbag serta desain kap mesin yang sudah Pedestrian Safe.

Jadi kesimpulan untuk Orlando, ini adalah MPV yang mempunyai tampilan berbeda serta pengendalian yang cukup baik namun kalau bisa ada dari performa ditingkatkan agar driving pleasure lebih terasa. Dari segi harga mungkin agak tinggi dibanding MPV sejenis namun mungkin Orlando memang ditempatkan ke segmen market yang berbeda.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s