Test Drive : Volkswagen Touran TSI, Mesin kecil dengan kemampuan besar kini lebih luas

Volkswagen Touran TSI

Setelah mencoba VW Golf TSI dengan mesin TSI yang fenomenal, kini giliran dari Compact MPV yang dikeluarkan Volkswagen yaitu VW Touran TSI. Dasar kendaraan tetap sama yaitu platform dari VW Golf Mk 6 yang sudah cukup dikenal keandalannya serta penggunaan mesin 1.4 TSI dengan kombinasi transmisi DSG yang juga terdapat pada VW Golf TSI. Kalau boleh dikatakan VW Touran TSI adalah kendaraan bagi Anda yang sebenarnya sangat menyukai VW Golf namun terbentur dengan anggota keluarga yang lebih banyak dibanding kapasitas dari VW Golf itu sendiri. Dan VW memang menargetkan VW Touran sebagai salah satu kendaraan penumpang dengan kapasitas besar.

Kapasitas tempat duduk adalah untuk 7 orang dan tentu dengan platform dari VW Golf harus dilakukan penyesuaian dan ini terlihat dari desain eksterior yang cenderung lebih mengotak dibanding dengan VW Golf. Bagian depan sudah mengambil ciri dari Volkswagen yang baru sehingga sepintas terlihat seperti VW Golf atau Polo. Sangat berbeda dibanding dengan versi terdahulu VW Touran. Bagian belakang juga berbeda dimana lebih bersih dengan lampu belakang kini horizontal. Serta desain bumper yang berbeda

Ukuran dari VW Touran sendiri memang kompak yaitu panjang 4407mm, lebar 1794mm, tinggi 1635mm dan jarak sumbu roda sepanjang 2678mm sehingga masih sangat mudah untuk dikemudikan didalam kemacetan Jakarta. Tentu yang membuat penasaran apakah kekompakan ini juga terpengaruh dengan bagian dalam dari VW Touran?

Seperti VW pada umumnya desain interior Touran sangat ergonomis dan menggunakan bahan bermaterial tinggi seperti soft touch plastics etc. Desain dasbor sendiri sangat mirip dengan desain VW Golf dan memudahkan utk mengoperasikan tombol-tombol kalau sudah terbiasa dengan VW Golf. Namun memang ada sedikit perbedaan pada konsol tengah dimana  terlihat lebih tegak.

dan adanya kompartemen penyimpanan yang dilapis vilt pada bagian atas dasbor Touran. Kalau diperhatikan dengan seksama bahkan Touran mempunyai banyak sekali tempat penyimpanan baik pada sisi pintu, konsol tengah, pintu belakang dan yang menarik pada bagian plafon ada dua kompartemen yang cukup menarik untuk meletakkan beberapa barang didalam kendaraan. Dan tentu hal ini mempermudah dalam penyimpanan serta semakin meningkatkan kemampuan Touran sebagai Compact MPV.

Tentu selain penyimpanan yang begitu akomodasi interior dari VW Touran juga harus diperhatikan dan yang menarik adalah penggunaan bucket seat pada jok depan yang dapat cukup sporty bagi kendaraan MPV dan yang pasti tidak berbeda dengan jok VW Golf yang terasa sangat mengenggam badan kita pada saat kita duduk di jok bagian depan. Untuk jok baris kedua dibagi dalam 3 bagian dimana dapat dilipat serta dapat dikeluarkan untuk storage yang lebih besar. Serta ada meja dibalik jok depan sehingga menambah nyaman penumpang pada saat dia lagi makan sesuatu atau ingin meletakkan laptop. Jok baris ke-3 dapat dilipat rata kedalam lantai dan tetap dapat mengakomodir penumpang dengan leluasa.

 

Jika jok baris ketiga dilipat maka akan didapat besar bagasi dari 121 liters menjadi 695 liters. Dan jika baris kedua dikeluarkan maka akan terdapat besar bagasi sebesar 1.913 liters.

Tentu dengan kapasitas sepert ini dan desain Compact MPV menjadikan pertanyaan sejauh mana rasa berkendara dari Touran ini. Yang pasti tidak terlalu jauh dengan Golf karena memang dasarnya berasal dari Golf namun memang posisi duduk sedikit lebih tinggi daripada Golf. Mungkin tidak semua orang akan merasa nyaman namun dengan adanya fasilitas teleskopik dan tilt steering mempermudah mendapatkan posisi duduk yang ideal.

Dari segi keselamatan VW Touran juga sangat lengkap dengan enam airbag, termasuk curtain airbag, Electronic Stability Program (ESP), Anti Lock Braking System (ABS) with Traction Control Stability (TCS), Brake Assist (BA) dan IDL serta adanya ISOFIX pada jok baris kedua dan ketiga untuk keselamatan penumpang bayi dan balita.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s