Hadir keluarga baru Exora: Exora Bold dan Exora Prime

Jakarta, 8 November 2012. PT PROTON Edar Indonesia memperkenalkan dua anggota baru dari keluarga Exora yaitu PROTON Exora Bold dan PROTON Exora Prime yang merupakan varian tertinggi dari versi Exora yang dijual di Indonesia. Dengan harga on the road Rp 248.000.000,- bagi Exora Bold dan Rp 258.000.000 bagi Exora Prime mungkin kelihatan sangat tinggi. Namun harus diperhatikan bahwa kedua tipe ini mengusung tampilan yang baru, mesin dan transmisi yang baru serta mempunyai standar perlengkapan keamanan serta kenyamanan yang tinggi. Segmen pasar pun berbeda dengan varian Entry Level Exora STAR. Dimana Exora Bold dan Exora Prime ditujukan bagi pengguna yang menginginkan suatu kendaraan MPV dengan harga yang masih masuk akal dengan fitur kemewahan yang lengkap. Dan bisa dikatakan segmen pesaing bagi Exora Bold dan Exora Prime adalah Honda Freed, Toyota Kijang Innova yang notabene mempunyai harga yang sama namun kalau dilihat dengan seksama performa dan spesifikasinya masih dibawah kedua Exora baru ini.

Exora Bold dan Exora Prime mempunyai tampilan yang berbeda serta mengusung mesin baru yaitu Campro CFE yang menggunakan teknologi turbo dengan kapasitas 1600cc namun dapat menghasilkan tenaga setara dengan mesin 2000cc.

President Direktur PT Proton Edar Indonesia, Gunther Scherz

Menurut President Direktur, PT Proton Edar Indonesia, Gunther Scherz, “Kehadiran dari Exora Bold dan Prime menambah varian yang kami jual dan terutama memberi nilai tambah dengan kombinasi mesin baru Campro CFE dengan transmisi CVT yang memberikan performa yang baik serta konsumsi bahan bakar menjadi lebih ekonomis dibandingkan MPV 2000cc”.

“Tenaga tambahan tersedia pada saat yang dibutuhkan seperti saat akan mendahului kendaraan lain atau berakselerasi, namun tetap menjaga konsumsi bensin pada saat kondisi berkendara santai, konsep ‘pay as you go” memberi tenaga untuk setiap liter bahan bakar yang digunakan,’ tambah Gunther Scherz.

Fitur-fitur yang membuat kendaraan ini berbeda dipresentasikan oleh General Manager Sales and Marketing PT PROTON Edar Indonesia, Mohd. Asri bin Khayan

General Manager Sales and Marketing, PT PROTON Edar Indonesia,
Mohd Asri bin Khayan

Perubahan utama adalah penggunaan mesin terbaru Campro CFE yang berkonfigurasi empat silinder DOHC (Double Overhead Camshaft) 16 katup yang dilengkapi dengan Variable Valve Timing (VVT) pada intake kendaraan serta mempunyai intercooled light pressure turbocharger yang dapat membangkitkan tenaga sebesar 103kw (138hp) pada 5000rpm dengan torsi maksimum sebesar 205Nm pada 2000-4000rpm, dan dilengkapi dengan transmisi CVT yang memiliki kemampuan memilih rasio yang tepat sesuai dengan kondisi berkendara Exora Bold dan Prime.

Mesin Campro CFE Max Power 138 hp / 5000rpm. Max Torsi 205Nm/2000-4000rpm

Tampilan luar dari Prime dan Bold juga berbeda dibanding varian dibawahnya, dimana tampilan semakin dinamis dengan desain bumper yang baru. Dimana ada perubahan ciri dengan grill yang baru yang mengusung desain PROTON wings yang akan terpasang pada kendaraan PROTON di masa depan. Pemberian grill baru ini memberikan tampilan yang lebih elegan, bemper malah memberikan tampilan lebih dinamis dengan adanya airdam yang besar serta sidevents untuk mendinginkan intercooler sehingga menjadi kelihatan berbeda dibanding MPV sejenis.

Exora Prime

Baik Prime dan Bold menggunakan velg ukuran 16 inch dengan desain baru namun khusus bagi Prime diberi warna Gold yang menambah kesan mewah dari Prime sebagai varian tertinggi. Yang berbeda dari Prime adalah diberikan satu warna khusus dengan nama Absolute Brown yang menjadikannya sebagai the Most Luxurious MPV for the least amount of money. Karena fitur tambahan dari Prime adalah digunakannya captain seat untuk penumpang tengah. Monitor TV pada headrest dan center console kendaraan yang dapat memainkan segala jenis multimedia.

 

Pada Exora Bold hanya terpasang DVD Monitor Roof Mounted seperti yang juga ada di Exora Supreme yang lama. Tampilan exterior yang juga berbeda adalah penggunaan lampu LED berwarna putih yang memberikan tampilan lebih sporty dan dinamis dan init terutama terlihat pada Exora Bold yang memang lebih sporty dan dinamis dibanding Prime yang memang didesain lebih elegan namun tidak meninggalkan ciri sportifitas dari Proton.

Dari segi keselamatan baik Exora Bold dan Prime dilengkapi dengan dual airbag, ABS-EBD, cakram belakang ditambah dengan pengendalian khas PROTON berupa Lotus Ride and Handling menjadikannya sebagai salah satu MPV paling aman di Indonesia terutama dengan telah dilakukan uji tabrak EuroNCAP dimana dapat menghasilkan 4 bintang.

Selain itu instrument cluster juga berbeda dari Exora Bold dan Prime dibandingkan dengan versi terdahulu, terutama terlihat dari top speed yang kini tertera 240 km/jam dimana sebelumnya hanya 180 km/jam. Selain itu baik Bold dan Prime dilengkapi dengan sensor mundur yang dilengkapi dengan kamera namun khusus bagi Bold tampilan ada pada spion tengah sedang pada Prime akan tampil pada monitor head unit depan.

Akan menjadi menarik bagaimana tanggapan pasar terhadap kedua PROTON ini, menurut manajemen PEI target penjualan diharapkan dapat mencapai 250 unit untuk kedua tipe namun belum pasti mana yang akan menjadi dominan karena saat ini PEI masih coba melihat bagaimana reaksi pasar terhadap Bold dan Prime.

Penjualan PEI selama 9 bulan terakhir mencapai 2000 unit dan itu 200 kendaraan lebih banyak dibanding tahun yang lal dengan periode yang sama.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s