50 tahun berproduksi, pabrik Ford di Belgia akan ditutup.

Setelah 50 tahun berproduksi, Ford Motor Company beberapa saat lalu mengumumkan akan menutup salah satu pabrik besar mereka di Genk, Belgia. Penutupan dari pabrik ini akan mengakibatkan sekitar 4300 karyawan kehilangan mata pencaharian mereka.  Penutupan pabrik Genk ini adalah sebagai rangkaian kerugian yang dialami Ford di Eropa sehingga terpaksa melakukan efisiensi didalam perusahaan. Kerugian ini juga terjadi akibat krisis finansial zona Eropa yang tidak kunjung usai dan penurunan pesanan kendaraan Ford.

Pabrik di Genk memproduksi Ford Mondeo, Galaxy dan S-Max dan ketiganya sedang ada dalam masa akhir lifecycle. Produksi dari Mondeo, Galaxy dan S-Max terbaru akan dipindahkan ke pabrik Ford di Valencia, Spanyol.

Penutupan dari pabrik ini akan dimulai pada tahun 2014, pabrik ini dibuka pertama kali pada tahun 1964 dan telah beroperasi empat hari dalam seminggu dengan hanya 15 hari produksi yang direncanakan untuk tahun ini. Rencana produksi new Mondeo yang tadinya akan diadakan di Genk akhirnya dibatalkan.

Penjualan dari Ford yang semakin menurun akan diumumkan pada kwartal ketiga ini pada tanggal 31 Oktober 2012 dan diperkirakan mendapatkan kerugian dua kali lipat atau sekitar USD 1 milyar di bulan Juli sehingga diperlukan aksi “mengurangi produksi untuk memenuhi permintaan pasar.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s