Test Drive: Volkswagen Golf TSI, Small Capacity, Big Potential

Sejak diperkenalkan Volkswagen Golf MkIV dan MkV ke masyarakat Indonesia.  Semakin banyak orang mulai melirik salah satu hatchback paling laku di dunia ini. Pada awalnya yang dijual adalah VW Golf 1.6 dan VW Golf GTI. Dimana GTI mempunyai penggemar yang sangat banyak mengingat value for money dari segi performa yang didapat. Bayangkan dengan uang Rp 500 juta bisa mendapatkan salah satu hot hatch terbaik di dunia dengan mesin 2.0 turbo, DSG, dan tenaga 200hp serta menggunakan velg 19 inch. Namun VW mengetahui ada pasar yang lebih gemuk di Indonesia. Yaitu pasar diantara Rp 300-400 juta yang pada saat ini hanya dihuni oleh Honda Civic, Toyota Corolla Altis serta Mitsubishi Lancer. Belum ada kendaraan hatchback terutama Eropa dengan performa tinggi yang masuk segmen itu.

Oleh karena itu maka diperkenalkan VW Golf TSI ke masyarakat dalam versi Mk6. Mesin TSI sendiri merupakan pengembangan paling mutakhir dari VW perihal permesinan dimana digabungkan antara Turbocharger dengan Supercharger didalam mesin dengan ukuran 1400cc. Namun tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin 2000 cc yaitu 160 hp /5800 rpm dengan torsi maksimal 240Nm pada 1500-4500rpm. Ditambah penggunaan salah satu transmisi matic terbaik yaitu DSG 7 speed. Yang dapat menghasilkan perpindahan gigi tanpa jeda apapun. Performa optimal yang dapat dicapai adalah 0-100km/jam dalam 8 detik dengan kecepatan puncak sebanyak 220km/jam. Sangat impresif bagi kendaraan dengan mesin 1400cc atau sama dengan mesin Suzuki Ertiga.

 

Namun selain performa yang sangat impresif dari TSI, tentu kualitas buatan interior yang sangat terkenal dari VW Group yang merupakan hal yang luar biasa. Penempatan tombol yang ergonomis dan cukup jelas serta jok bucket dilapis kulit merupakan hal yang  tidak ditemukan pada kendaraan dengan harga yang sama. Namun memang yang paling dirasakan nikmat adalah balutan jok bucket depan yang seperti memegang erat tubuh kita sehingga tidak membuat letih pada saat perjalanan jauh maupun dalam kota. Sistem steering wheel control yang terdapat pada VW Golf TSI juga sangat membantu dalam mengendalikan audio ataupun tampilan dari Multi Information Display (MID) yang mempunyai informasi yang sangat banyak dalam melihat kondisi kendaraan.

Ruang interior seperti pada VW Golf yang lain juga sangat memadai dengan kemampuan melipat kursi belakang dan bagasi yang cukup luas. Seperti biasa memang VW Golf dibuat sebagai kendaraan keluarga sehingga menjadi sangat multi fungsional. Dan tentu dengan akomodasi yang cukup baik maka pengendaraan dari VW Golf TSI juga cukup meyakinkan. Bantingan suspensi yang sedikit firm khas kendaraan Eropa namun tetap dirasakan mantap. Yang sedikit disayangkan adalah besarnya tenaga dari mesin TSI sehingga pada saat berkendara di kemacetan sedikit terasa endut2an. Namun kalau jalanan bebas akan terasa sangat nikmat.

Kekuatan utama dari gabungan mesin TSI dengan body yang kecil terutama terasa pada power to weight ratio yang luar biasa dan akselerasi yang cukup mengagumkan di tol. Kestabilan khas kendaraan Jerman juga sangat terasa dimana hanya dalam hitungan detik kecepatan 0-100 dapat tercapai serta kecepatan maksimum masih bisa didapat sekitar 210 km/h di tol JORR pada malam hari.

Tentu bagi anda yang menginginkan mobil yang bukan sejuta umat Jepang, saya kira VW Golf TSI adalah pilihan terbaik. Ada kemungkinan tahun depan akan keluar VW Golf Mk7 dan ini adalah penyempurnaan dari VW Golf Mk6 yang sebenarnya sudah termasuk sangat baik.

 

Advertisements

One thought on “Test Drive: Volkswagen Golf TSI, Small Capacity, Big Potential

  1. I like the valuable info you supply on your articles. I
    will bookmark your weblog and take a look at again here regularly.

    I’m fairly certain I’ll learn a lot of new stuff proper right here!

    Good luck for the following!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s