BMW Seri 3 terbaru kini diproduksi di Indonesia.

Pada 4 Oktober 2012, pihak BMW Group Indonesia meluncurkan BMW Seri 3 generasi keenam dari jalur perakitannya di Indonesia. Ini merupakan bukti betapa pentingnya pasar Indonesia bagi BMW Group beserta kepercayaan yang tinggi terhadap kemampuan putra-putri Indonesia dalam merakit atau merekayasa produk kelas dunia.

Tipe yang dirakit di Indonesia adalah BMW 320i dan 328i, dan dengan diluncurkan produksi lokal maka kini kedua tipe tersebut sudah siap dikirim kepada para pemesannya.

BMW Seri 3 terbaru diperkenalkan kepada publik pada bulan Juni 2012 dan merupakan model keempat yang dirakit di fasilitas pabrik Gaya Motor selain seri 5, X1 dan X3.

Menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia dalam pidatonya. “BMW Group Indonesia telah meningkatkan kegiatan produksinya sejak 2011 dengan investasi senilai Rp 100 milliar untuk merakit keempat model barunya. Sebagai produsen mobil mewah paling sukses didunia, maka pengembangan kegiatan produksi di Indonesia oleh BMW Group menegaskan pentingnya posisi Indonesia di perekonomian dunia.”

Produksi mobil BMW di Indonesia ditangani oleh anak perusahaan PT Astra International, Tbk yaitu PT Gaya Motor. Dan sampai saat ini BMW Group sangat puas dengan kemitraan selama ini.  Perakitan BMW di Gaya Motor dapat mencapai 10 unit per hari yang terdiri dari 2 line assembling. Walau kelihatan sedikit namun mengingat ini adalah merek premium maka merupakan tugas yang besar untuk dapat memenuhi atau menyeimbangkan antara produksi dan permintaan.

BMW 320i dan BMW 328i versi CKD hadir dalam dua line yaitu Luxury Line dan Sport Line. Keduanya dibedakan dari segi tampilan dan warna interior dimana Luxury Line mempunyai tampilan yang lebih mewah dan elegan sedang Sport Line menambahkan aksen sportivitas pada seri 3 terbaru ini.

Kedua model menggunakan mesin terbaru dari BMW yaitu mesin 2.0 liter empat silinder dengan teknologi Twin Power Turbo yang dapat menghasilkan performa tinggi, akslerasi yang seketika dan torsi yang berlimpah namun dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi. BMW 320i mampu menghasilkan tenaga 184hp pada 5000rpm (+18% dari versi lama) serta torsi maksimum sebesar 270Nm yang dimulai pada 1.250-4500rpm (+35% dari versi lama). Dilengkapi dengan transmisi otomatis delapan percepatan maka 320i dapat mencapai 0-100 km/jam hanya dalam jangka waktu 7,6 detik atau lebih cepat 2,2 detik dari versi lama. Sisi kehematan bahan bakar juga sangat baik yaitu 16,7 km per liter pada kondisi jalan lancar dengan emisi CO2 hanya 139 gram per kilometer. Semua ini berkat teknologi Efficien Dynamics.

BMW 328i menggunakan mesin yang sama dengan 320i namun mempunyai besaran tenaga yang berbeda yaitu 245 hp pada 5000 rpm dan torsi puncak sebesar 350Nm hanya pada 1.250-4.800 rpm. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 1oo km / jam adalah 6,1 detik dengan kecepatan puncak sebesar 250km/jam.

Kedua varian ini sudah menggunakan perlengakapan yang sangat memadai seperti lampu Xenon. layar resolusi tinggi 8,8 inci, BMW Navigation System Professional dengan koneksi USB dan Bluetooth. Namun pada 328i ditambah dengan electric glass roof, Harman/Kardon Surround Sound System dengan 16 speaker serta Driving Experience Control dengan ECO PRO Mode.

Tentu ini menambah pilihan bagi penikmat kendaraan premium di Indonesia. Selamat datang new BMW Seri 3.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s