BMW Concept Active Tourer, BMW gerak roda depan pertama?

043-BMW-Concept-Active-Tourer

Ini adalah BMW Concept Active Tourer, sebuah kendaraan yang akan bersaing langsung dengan  new Mercedes-Benz B-Class. Dan seperti B-Class, dia akan menggunakan penggerak roda depan pada line up kendaraan yang mayoritas menggunakan gerak roda belakang. Dan akhirnya hal ini juga terjadi pada BMW yang membuat kendaraan penggerak roda depan. Walau ini baru merupakan konsep namun kami yakin ini akan berakhir pada versi produksi.

Bukan menjadi persoalan besar bahwa tim rekayasa mereka tidak mempunyai pengalaman yang sangat banyak dari pengalaman mereka dengan kendaraan penggerak depan. MINI secara keseluruhan adalah penggerak roda depan kecuali bagi Countryman yang menggunakan sistem All Wheel Drive yang bernama ALL4. Namun BMW selama ini dikenal dengan penggerak roda belakang dan bahkan bila x-Drive bergerak harus mengutamakan gerak roda belakang. Bahkan bila penggerak roda depan menjadi hal yang lumrah pada segmen tertentu mereka tetap bertahan pada gerak belakang.

033-BMW-Concept-Active-Tourer

BMW Concept Active Tourer mempunyai ukuran panjang 4,350mm, lebar 1,834mm dan ketinggian 1,560mm. Jarak sumbu roda berada pada 2,670mm. Sebagai perbandingan B-class mempunyai ukuran panjang 4,359mm , lebar 1,786mm dan tinggi 1,557mm, serta jarak sumbu roda  2,699mm.

Setelah bencana desain dengan  5-Series GT, maka para desainer BMW menahan diri dari desain body hatchback non-SUV yang tinggi. Concept Active Tourer sangat cantik dan exterior kelihatan sangat siap untuk produksi . Ada kemungkinan velg yang terpasang lebih kalem serta spion yang tidak terlalu konsep serta bumper yang kurang agresif.

Untuk interior kemungkinan akan lebih halus lagi, namun saya kira versi produksi sudah siap di BMW FIZ. Dan seperti kendaraan konsep yang lain kelihatan bahwa interior selalu kelihatan rumit jadi lebih baik melihat video karena ada flying camera tour dari interiornya yang rumit.

Hal yang baru adalah “Cool Shade” panorama roof, yang kedengaran seperti  Mercedes-Benz Magic Sky Control sunroof.  Atap kaca dari komposit mempunyai teknologi Suspended Particle Device (SPD). Dimana terang gelap dapat diatur oleh penumpang dengan menekan tombol.

Penumpang juga dapat memberi efek pencahayaan yang baik dengan menambah sebuah desain struktur seperti daun pada atap. Impuls elektrik mengakibatkan struktur molekul dari kaca dapat berubah secara bertingkat. Permainan cahaya mengakibatkan rasa ruang yang lega.

BMW-Concept-Active-Tourer-003

Sebuah trek metal terletak secara terintegrasi dibelakang kursi depan. Track system inovatif ini dapat menambah meja lipat dan dapat menawarkan beberapa pengaturan secara nyaman dengan pelepasan cepat serta penambahan kantong simpan.

Penggunaan komputer tablet sangat nyaman dari kursi belakang. Tablet dapat terpasang pada  clip-on track system dalam posisi  portrait atau landscape format.
Penumpang belakang pada BMW Concept Active Tourer dapat mengalami teknologi mutakhir dengan app new i-Pad “Seismic Surf”. “Seismic Surf” dapat menciptakan dunia game dalam kondisi waktu real.

Ini adalah sebuah permainan balap ekologis yang sangat seru dimana dia berdasarkan daripada angka akselerasi, kecepatan mesin serta data yang disalurkan secara kontinyu oleh  BMW Concept Active Tourer. Setiap situasi pengemudian riil diterjemahkan dan digunakan untuk menambah tantangan baru pada permainan komputer.

Tujuan dari game ini adalah mengumpulkan sebanyak mungkin poin pada rute virtual dengan cara pengemudian yang paling efisien. Pengemudi dapat mempengaruhi tingka kesulitan. Pengemudian yang terprediksi dapat menyederhanakan permainan, serta pengemudian yang sporty dapat mempersulit rute dalam permainan. Hanya interaksi sempurna antara pengemudi yang efisien serta berpengalaman yang dapat mencapai skor maksimum.

BMW-Concept-Active-Tourer-006

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s