Test Drive: Mazda 8. Pengendaraan First Class

Apakah memungkinkan mendapatkan pengalaman pengendaraan First Class di kepadatan Jakarta?

Ini bisa anda dapatkan bila anda memakai Mazda 8. Mazda 8 ini merupakan strategi Mazda untuk menghadapi segmen MPV besar dan lucunya dulu nama dari 8 adalah Mazda MPV. Namun dengan hanya menyebutnya dengan MPV saya kira teman-teman atau keluarga anda tidak akan terkesan dengan nama kendaraan hanya MPV.

Mazda 8 berada diantara MPV medium mewah lainnya seperti  Honda Odyssey dan Mitsubishi Grandis, dengan harga                                         Rp 499,200,000,- . Ini adalah harga yang cukup tinggi namun fasilitas yang didapatkan jauh lebih banyak.

Apa yang anda dapatkan dengan harga ini? Pertama-tama anda akan mendapatkan kendaraan yang cukup besar. Panjang kendaraan  4,860 mm, lebar 1,850 mm tinggi 1,685 mm, dan jarak sumbu roda  2,950 mm, anda dapat lihat bahwa tujuan dari Mazda 8 adalah mengangkut penumpangh senyaman mungkin.
Jarak sumbu roda yang panjang menambah kenyamanan serta memberi kelegaan pada bagian tengah kendaraan. Penggunaan captain seats yang senyaman sofa serta adanya tempat istirahat kaki yang dapat dilipat sehingga dapat membantu anda pada saat sudah keletihan dalam menghadapi jalanan Jakarta yang penuh macet.


Captain seats ini sangat fleksibel sehingga dapat digerakkan ke beberapa arah, anda dapat mendekatkan kursi tersebut sehingga mendapat deretan kursi yang seperti sofa.
Bangku baris ketiga dapat diisi 3 orang dewasa. Yang menarik adalah adanya fasilitas pelipatan otomatis dimana pada saat bangku ketiga terlipat dan anda ingin menegakkan kembali cukup dengan menarik tombol khusus.

Namun bukan hanya kursi saja yang digerakkan elektrik, namun Mazda 8 juga mempunyai pintu samping yang digerakkan secara otomatis. Mengoperasikan pintu geser dapat dilakukan dengan menekan dua tombol yang ada pada bagian kanan dasbor. Kunci mobil sendiri berbentuk seperti kartu kredit dan mempunyai fasilitas keyless entry dan keyless starting.


Ada salah satu fitur yang menarik yaitu dasbor dari Mazda 8. Panel indikator mempunyai tampilan 3 dimensi dan sistem audio menggunakan in-dash DVD unit yang terintegrasi dengan GPS

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan kamera parkir mundur yang dapat membantu pada saat parkir. Belum lagi dilengkapi dengan automatic climate control yang mudah digunakan serta mempunyai fasilitas dual zone

Jadi bagaimana rasanya mengendari kendaraan ini? Mazda 8 menggunakan mesin 2.3 liter DOHC 16-valve dengan Sequential Valve Timing, sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar163 hp at 6500 rpm and maximum torque of 203 Nm at 3500 rpm.

Tenaga ini dihasilkan oleh mesin  Mazda MZR yang terkenal kaan tenaga dan efisiensi. Dikombinasikan dengan transmisi tiptronic 5 speed maka penyampaian tenaga termasuk halus. Percepatan 0-100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 13,76 detik. Cukup baik mengingat bobotnya yang berat.

Secara pengendalian Mazda 8 mempunyai settingan suspensi yang sangat nyaman dan lembut sehingga dapat melewati jalan buruk Jakarta dengan nyaman.Namun, saya lebih senang dengan settingan yang sedikit lebih keras karena ada rasa melayang pada saat menyalip di kecepatan tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s