Honda meluncurkan Honda Brio

 

Honda akhirnya meluncurkan Honda Brio pada tanggal 2 Agustus 2o12 di Tribeca – Central Park. Dengan tagline “the Featuristic City Car” Honda melakukan langkah penempatan Honda Brio berbeda dengan city car pada umumnya. Mesin yang digunakan berbeda dengan Honda Brio yang diperkenalkan pada mulanya di Bangkok International Motor Show 2011. Versi Thailand menggunakan mesin 1.2 liter i-VTEC dengan tenaga 90 ps sedang Indonesia menggunakan versi 1.3 L i-VTEC dengan tenaga 100 ps. Mesin 1.3 L ini juga terpasang pada Honda Jazz 1.3 yang beredar di Jepang. Dan sebenarnya bukan hanya mesin saja yang dishare oleh Honda Brio dari Jazz namun juga platform Brio sendiri berasal dari Honda Jazz.

Penggunaan platform ini yang memberi rasa mengendarai kendaraan yang besar seperti yang saya pernah direview saya sewaktu di Phuket, Thailand. Selain perbedaan mesin ternyata salah satu pembeda lain adalah transmisi otomatis yang terpasang pada Brio versi Indonesia. Brio versi Indonesia menggunakan transmisi otomatis 5 speed sedang versi Thailand menggunakan CVT 7 speed yang sangat halus. Pertanyaan yang timbul kenapa dipasang mesin dan transmisi yang berbeda? Menurut Jonfis Fandi, Marketing Director PT Honda Prospect Motors. Penggunaan mesin dan transmisi ini karena melihat karakter pengemudi serta karakter dari jalanan sendiri yang akan membuat penggunaan mesin 1.2 Liter sedikit bermasalah. Dan ditambah dengan Honda tidak ingin menjadi satu dari sekian banyak APM yang membuat city car.

Target yang disasar HPM dengan Brio adalah target anak muda yang baru akan membeli mobil pertama mereka, keluarga muda serta wanita aktif yang menginginkan kendaraan yang praktis namun stylish. Seperti kita lihat pada acara launch ada beberapa Honda Brio yang sudah menggunakan aksesoris tambahan bahkan striping khusus yang membuat Brio semakin sporty. Striping itu sendiri dapat dibeli di dealer dengan harga Rp 1.500.000 agar Brio anda kelihatan berbeda dengan yang lain.

HPM sendiri menargetkan penjualan sebanyak 6ooo unit untuk Honda Brio dan harga sendiri yang dipatok sangat bervariasi yaitu mulai Rp 149 juta untuk tipe S-manual, 159 juta tipe S-matic, 160 juta tipe E-manual dan 170 juta untuk tipe E-matic.  Fitur yang diusung oleh Honda Brio cukup lengkap untuk kendaraan di kelasnya yaitu penggunaan ABS-EBD, Dual SRS Airbag, Multi Information LCD, Immobilizer etc.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s