Ford memperkenalkan Virtual Factory untuk meningkatkan efisiensi

F

Dalam rangka memangkas biaya dan meningkatkan efisiensi (dimana hampir semua perusahaan melakukan hal tersebut), Ford mengembangkan suatu pabrik maya (virtual factory) untuk mensimulasikan proses produksi perakitan. Ini akan membantu para insinyur untuk mengerjakan “virtual build events” dan melakukan analisis kendaraan secara 3D tanpa harus ke pabriknya sendiri.

Ford adalah yang pertama yang mensimulasikan perakitan kendaraan pada komputer bagi fasilitas global mereka di tahun 1997. Sekarang dengan peralatan kamera yang canggih, serta proyektor khusus dan kaca mata dengan polarising-motion sensing yang dapat mendigitalkan proses manufaktur yang sebenarnya dimana pabrik di Valencia, Spanyol merupakan pabrik yang pertama yang menerima teknologi ini. Di masa yang akan datang, evaluasi dan analisa dari pabrik Ford diseluruh dunia dapat dilakukan secara penginderaan jarak jauh (remote)

“Kami dapat merakit kendaraan dengan utuh pada lingkungan virtual dan melakukan assessment terhadap konstruksinya sampai detail terakhir,” seperti dikatakan Nick Newman selaku Implementation Manager Ford Germany.

F

Bahkan kinerja dari pekerja perakitan (pria dan wanita) dapat disimulasikan agar dapat menghindari posisi dan postur badan yang tidak ergonomis pada saat pengoperasian mesin, sampai detail gerakan jari di ruangan kecil. Ford mengatakan bahwa pekerja virtual mereka “Jack” dapat membuka sekitar 80 persen isu ergonomis pada tahapan simulasi.

Perusahaan juga menggunakan teknologi ‘augmented reality’ untuk kendaraan mereka. Data dikumpulkan dari setiap komponen dan kendaraan dapat “dibangun” dari mula hingga akhir dalam lingkungan virtual.

Di Cologne, Jerma, Fasilitas  Cave Automatic Virtual Environment (CAVE) dari Ford dapat mengevaluasi seluruh aspek seperti visibilitas, jangkauan instrumen, ergonomik dan kelegaan sebelum prototipe dibangun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s