Kiamat industri otomotif di Eropa.

Minggu yang baru dan perkembangan baru mengenai keadaan industri otomotif di Eropa.  Minggu lalu sudah keluar angka kwartal dan semester dari para produsen mobil dan ini akan sedikit mengejutkan.

Kita sudah mengenal beberapa yang bermasalah dan saat ini akan ditambah dengan satu merek lagi dimana masih sedang dibahas apakah dia pantas berada di posisi yang sama atau tidak. Jadi urutannya adalah.

  • Angka yang dikeluarkan oleh PSA (Peugeot Citroen) memastikan posisi yang tidak mengenakkan: konsorsium mencatat kerugian pada tengah tahun sebesar 819 juta euro, berbanding dengan keuntungan sebesar 806 juta euro pada tahun sebelumnya.  Namun CEO Philippe Varin menjamin tidak akan melaksanakan PHK, walau prognose mengatakan harus ada PHK sebanyak 8000 pekerja. Jadi ada kemungkinan akan ada deal yang sangat besar…bagaimana bisa terjadi 819 juta euro? Kalau dipikir Ford pernah rugi 6 milyar dollar hanya dalam satu kwartal dan GM pernah mencatat kerugian sebesar 31 milyar dollar di 2008. Jadi semuanya adalah relatif.
  • Ford mencatat kerugian yang sangat besar di Eropa pada kwartal ke-2 (Q2)dengan kerugian 404 juta USD, terhadap keuntungan sebesar 176 juta  USD pada Q2 di tahun 2011. Di US masih mendapatkan keuntungan jadi angka-angkanya masih masuk ke hitam, namun pada sisi lain dari samudra tidak akan merasa senang bahwa keuntungan mereka dimakan. Ada berita awal dimana pabrik Ford di Genk akan ditutup namun ini telah dibantah.
  • Opel kelihatan tenang saja namun itu hanya sekedar ilusi. Perusahaan, yang sudah mempunyai banyak penggantian pada sis manajemen senior, kehilangan Chief Designer mereka, Dave Lyon, belum seminggu setelah dia menempati posisi itu. Adapun cerita yang beredar seperti dibawah ini:

    Instead of boarding his fiight to Germany, Lyon was reportedly escorted out of GM by the design department’s HR director, Joseph Ofori-Agboka, on Thursday. On Friday morning, a one-liner was e-mailed by Ed Welburn himself, worded to this effect: “Effective immediately, David Lyon is no longer an employee of General Motors Corporation”.

    Lyon’s departure is sending violent shock waves through GM Design, as the unprecendented manner of his exit suggests it was neither amicable not the result of careful planning. Indeed, his preparations to move to Rüsselsheim were well underway, and sources tell us he was passionate about leaving his mark in Germany. The week before last, Lyon hosted a well-attended farewell party; moreover, an official ceremony was held by his GM’s head of design, Ed Welburn.

    Menjadi sangat jelas bahwa GM Opel tidak peduli dengan exodus dari para manajer Opel. Sementara itu GM kemarin memecat Director Marketing mereka Joel Ewanick. Dikatakan akibat deal sponsorship dengan Manchester United (senilai hampir 600 juta USD). Di Opel/Vauxhall sang Marketing Manager Thomas Owsianski juga berpindah ke Skoda.

  • Serta Fiat: kelihatan sedikit tenang dengan konsorsium asal Italia, dan pabrik di Pomigliano d’Arco bahkan diberikan penghargaan Automotive Lean Production Award 2012. Besok sang konsorsium akan mempublikasikan data real dan pertanyaannya apakah masih kelihatan cantik. Kapal dimana Fiat sedang mengapung, Chrysler, masih berjalan enak dan dikatakan mereka mencapai keuntungan pada Q2 sebesar  436 juta USD. Namun ini tidak dapat menghindari penutupan sementara selama 3 bulan dari pabrik Punto di Melfi.  Bukan karena renovasi namun karena melakukan produksi berlebih.  Dan dimanakah sang Punto baru?  Tanyakan saja pada Sergio Marchionne yang memandu Fiat.  Akibatnya Fiat dan Alfa mengalami kesulitan di lini mereka terutama model-model yang semakin tua dan harus digantikan segera, dan model pengganti selalu digeser ke waktu yang lain, dan Lancia tidak bukan hanyalah Chrysler dengan logo berbeda.
  • Sebagai akhir, sang pendatang baru , Tesla. Di Q2 mengalami kerugian sebesar 105,6 juta USD. Ini bukanlah suatu bencana selama pemegang saham masih percaya pada perusahaan. Namun sepertinya produksi mereka Model S akan ada penundaan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s