Volvo 480 “youngtimer” dalam detail

major

Diantara seri 240, 740 dan 340 muncul satu model yang sangat futuristis pada tahun 1985. Volvo 480 adalah kendaraan yang ringan, sangat modern dan dikembangkan serta didesain secara keseluruhan di Belanda.

Kalau melihat dari lokasi dan lingkungan pengembangan Volvo 480 maka dia adalah sebenarnya DAF.  Ini terjadi pada awal tahun 80-an di sebuah tempat yang kecil yaitu di Belanda.  Volvo sedang melakukan pengembangan besar-besaran. Di awal tahun 70-an mereka hanya mempunyai mobil yang besar.  Sang produsen mempunyai kesulitan finansial dan mencari cara untuk masuk ke segmen yang lebih “rendah” dan baru. Dengan pemikiran itu maka Volvo membeli divisi kendaraan penumpang dari DAF.  DAF 66 menjadi Volvo 66 dan Volvo menyelesaikan pengembangan dari  340/360. Pada awal tahun 80-an mereka melihat ruang kembali untuk pengembangan.

Volvo Cars BV (cabang Belanda) meramalkan akan ada peningkatan minat terhadap kendaraan mewah namun kompak.  Saat ini mungkin akan kita sebut dengan premium. Volvo 480 akan menjadi yang pertama yang keluar di segmen ini.

Volvo sendiri sudah menghabiskan sisa uang mereka di Swedia untuk pengembangan 740/760. Apakah ini mempengaruhi pengembangan dari  480 hanya sedikit yang akan tahu.  Namun yang pasti pengembangan 480 adalah skala kecil dan terjadi di Belanda.  Proyek tersebut mungkin hanya sepersepuluh atau bahkan seperseratus dari jumlah orang yang mengerjakan proyek Golf dari Volkswagen.

major

Dan mereka berhasil menyelesaikannya, di tahun 1985 keluarlah satu mobil baru.  Salah satu contoh terbaik dari pemikiran  ‘out of the box ’. Volvo pertama yang menggunakan penggerak roda depan, 4 bangku dibanding dengan 2+, dasbor sendiri terpasang banyak alat elektronik dan sebagian dari kendaraan digalvanis. Sedikit kendaraan dengan format ini mempunyai finishing serta kemewahan seperti 480.

Mesin diambil Volvo, seperti 66 dan 340, dari Renault. Renault sendiri menghentikan pembuatan mesin 1.7 liter empat silinder injeksi pada Renault 19 dan 5. Volvo mengembangkan versi dengan tenaga 95, 106 dan 109 ps. Kemampuannya sendiri tergantung dari katalisator yang terpasang pada kendaraan. Sejak tahun 1988, Volvo mengembangkan 480 dengan  mesin Turbo yang mengeluarkan tenaga 120 ps / 175 Nm. Tidak lama kemudian mesin 1.7 Turbo mendapatkan update ke 122 ps / 195 Nm. Sementara itu Volvo juga mengembangkan mesin sendiri sebuah mesin 2.0 liter. Sejak tahun 1992 mesin ini terpasang pada GT dan S dengan tenaga 109 ps / 165 Nm. 480 akhirnya tetap berproduksi hingga tahun 1995.

Volvo 480 tercepat dapat mencapai 0-100 km/jam dalam waktu lebih kurang 9 detik dan kecepatan puncak diatas 200 km / jam sedikit. Yang tidak mengejutkan dunia adalah bobot yang rendah  (1020kg) dan tentu untuk masa itu suatu rangkaian suspensi yang sangat maju. Lalu lintas perkotaan merupakan kekhususan dari Volvo 480 dan itu juga berkat kursi yang baik serta ruang interior yang lapan bagi perjalanan di jalan tol.

Sebuah kendaraan yang dapat menjadi sesuatu yang kita akan sangat gemari namun tidak semuanya indah. Karoseri serta elektrikal mempunyai kelemahan. Sepatbor belakang pada kendaraan bekas akan sangat kentara. Dengan pembuangan air yang jelek maka akan menumpuk kotoran dan air. Mobil kemudian akan bocor pada bagasi belakang.

major

Kelemahan dan penggunaan yang intensif mengurangi pemakaian Volvo 480. Sekarang dia merupakan tampilan yang sangat jarang dan akan menjadi perjuangan panjang mencari tipe ini dalam kondisi baik. Proyek restorasi bisa didapat untuk beberapa ratus Euro.  Mendapatkan Volvo 480 dengan kilometer yang rendah akan berharga beberapa ribu Euro.

Tipe yang sangat direkomen? Sebuah Turbo yang muda dengan jarak tempuh yang rendah, hal ini karena dia akan melaju dengan sangat enak, atau tipe dengan mesin 2 liter yang sangat kuat. Apakah anda sudah menemukan 480 impian anda? Simpanlah dia dalam kering dan perhatikan dengan seksama titik lemahnya. Memiliki 480 mempunyai banyak “ups” and “downs” namun dengan perhatian yang seksama dapat menempuh beberapa tahun lagi.

sumber: autoblog.nl

major

major

major

major

major

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s