Volkswagen kembali tertarik dengan Proton

Mari kita mulai lagi berita lama. Volkswagen kembali menunjukkan ketertarikan terhadap pembuat mobil asal Malaysia, PROTON.  Seperti dikatakan didalam laporan dari majalah Jerman, Manager Magazin (http://www.managermagazin.de/unternehmen/autoindustrie/0,2828,845229,00.html)

Sang pembuat kendaraan rakyat asal Jerman kembali tertarik untuk membeli saham PROTON. Yang sedang dipikirkan oleh VW apakah akan menjadi pemegang saham minoritas atau mengambil alih PROTON seperti yang terjadi dengan Porsche dan Ducati belakangan ini.

Seperti diketahui pemerintah Malaysia tidak tertarik dengan ide ini namun PROTON sendiri merupakan perusahaan swasta sekarang yang diambil alih oleh DRB-HICOM yang “kebetulan” merupakan rekanan VW untuk perakitan kendaraaan di Malaysia.

Salah satu ketertarikan dari VW terhadap PROTON adalah pemanfaatan dari pabrik Tanjung Malim untuk memproduksi kendaraan VW agar dapat menembus pasar Asia. Tanjung Malim sendiri mempunyai kapasitas produksi sebesar 150.000 unit per tahun namun dapat ditingkatkan ke 250.000 unit per tahun. Saat ini kapasitas produksi Tanjung Malim adalah sebanyak 95.000 unit per tahun.

Namun jurubicara VW sendiri membantah berita yang beredar di Manager Magazin. Mari kita simak dengan seksama apa yang akan terjadi beberapa bulan ke depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s