Test Drive: Serigala berbulu domba, BMW 335i F30

Salah satu kesempatan langka adalah pada saat Media Drive BMW seri 3 terbaru yang diadakakan pada hari Selasa – Rabu, 3-4 Juli 2012 dari Jakarta ke Bandung. Yang unik adalah acara Media Drive dilakukan dengan cara Night Drive dengan asumsi bisa mencoba BMW 335i dengan maksimal.

Acara dimulai di Cafe Aria di Panin Bank, Sudirman dimana kita diberi penjelasan singkat mengenai BMW seri 3 terbaru serta safety driving briefing dan pembahasan rute yang akan dituju. Rute media test drive sendiri adalah dari  Cafe Aria menuju bunderan HI dan kemudian berputar balik kearah Semanggi dan masuk ke tol langsung ke Bandung. Harapan kita adalah jalanan yang kosong namun apa daya, Jakarta tetap macet sampai ke arah istirahat tol KM72. Entah kenapa malam itu perjalanan sangat padat.

Namun dengan menggunakan BMW 335i F30 hal itu tidak menjadi terasa berat. Tenaga yang dikeluarkan mesin 3 liter, enam silinder segaris dengan teknologi BMW Twin Power Turbo dapat mengeluarkan tenaga maksimum 306Hp dengan torsi maksimum 400Nm yang keluar sejak 1500rpm – 5000rpm.  Gabungan tenaga dan torsi yang begitu dahsyat serta didukung oleh transmisi steptronic 8 speed semakin meningkatkan kenikmatan berkendara yang menjadi salah satu tolok ukur bagi BMW seri 3.

Walau mempunyai tenaga yang sangat dahsyat namun bantingan suspensi masih termasuk sangat nyaman walau menggunakan velg 18″ dengan run flat tyre. Yang biasanya menimbulkan getaran yang menganggu pada saat dikendarai dengan kencang namun di BMW F30 ini tidak ada rasa yang berbeda. BMW 335i menggunakan Active Adaptive Suspension yang dapat merubah settingan sesuai permintaan pengendara. Pada posisi Comfort maka BMW 335i akan terasa sangat nyaman, pada posisi Sport maka suspensi akan sedikit mengeras namun masih nyaman serta pada Sport + maka suspensi akan meredam secara maksimal dengan kestabilan yang tinggi. Yang menarik dari posisi Sport dan Sport + adalah perubahan suara dari knalpot yang terdengar lebih menarik dan galak.

BMW seri 3 terbaru ini juga mempunyai ruang dalam yang lebih lega dibanding pendahulunya. Ini berkat perpanjangan sumbu roda sekitar 50mm yang menghasilkan ruang kaki yang sedikit lebih lega. Pada bagian belakang juga disematkan tirai pada kaca samping untuk menambah privacy bagi penumpang. Hal ini banyak dijumpai di seri 5 namun akhirnya tersedia juga di seri 3 khususnya Luxury Line.

Kalau diperhatikan ukuran dari F30 sudah mendekati ukuran dari BMW seri 5 E39. Saya sendiri tidak begitu menyukai seri 3 dan lebih suka seri 5 karena lega namun dengan penambahan ukuran beserta mesin dan desain interior yang luar biasa saya jadi sangat tertarik dengan BMW seri 3 F30 ini.

Selama perjalanan ke Bandung, rombongan dibiarkan bergerak bebas oleh pihak PT BMW Indonesia, yang penting kita harus tiba di Padma Hotel, Ciumbuleuit setidaknya pada pukul 23.00. Perjalanan Cipularang kami merasakan kendaraan berlari sangat kencang sehingga memberi kesan kendaraan lain berjalan sangat pelan. Padahal mereka mungkin sudah berjalan dengan kecepatan 100-120 km/jam.

Setelah tiba di Padma Hotel, kami berehat sebentar dan masih sempat berdiskusi dengan rekan wartawan serta ibu Helena dan pak Dennis dari BMW Indonesia mengenai BMW 335i.

Hari berikutnya kami diberikan kebebesan yang luas untuk eksplor kendaraan ini, saya sendiri memilih untuk kembali dari Bandung melalui jalur lama yaitu Puncak. Dan disini saya bisa merasakan kenyamanan dari BMW 335i. Selain interior yang lebih luas sisi eksterior juga mengalami perubahan yang berarti dimana pada sisi belakang jadi mirip dengan BMW seri 5 namun bagian depan mempunyai tampilan shark nose yang agresif namun elegan.

Sangat berbeda dibanding dengan BMW Seri 3 E90 yang digantikannya yang kelihatan lebih elegan. F30 mempunyai tarikan yang lebih sportif dan agresif.

Jadi apakah saya puas menggunakan BMW 335i F30? Saya bisa katakan ya dan yang pasti saya pengen ambil BMW 328i Sport LIne warna hitam. hahahahah

 

Advertisements

One thought on “Test Drive: Serigala berbulu domba, BMW 335i F30

  1. Hiya very cool blog!! Guy .. Excellent .. Wonderful .. I will bookmark your blog and take the feeds alsoKI’m happy to search out so many useful info right here within the submit, we need develop more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s