Chevrolet Trailblazer menuju Indonesia segera

Karena kesibukan kerja serta menulis juga bagi salah satu koran berbahasa Inggris jadi saya sedikit keteter dalam menulis blog sendiri, tapi saya tetap berkomitmen untuk memberi yang terbaik bagi pembaca saya (hmmmm sounds familiar komitmen untuk yang terbaik :P)

Walau sudah beberapa minggu lewat namun ini mungkin adalah salah satu pengetesan eksklusif yaitu Chevrolet Trailblazer LTZ yang merupakan Full Size SUV terbaru dari General Motors yang sedianya akan ditampilkan di Indonesia kira-kira pada saat IIMS September mendatang. Chevy Trailblazer didasarkan atas Chevrolet Colorado yang merupakan kendaraan Double Cabin dan akan menjadi pesaing dari SUV dengan dasar pick-up sejenis seperti Ford Everest, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Dengan panjang kendaraan 4.878 mm, lebar 1.902 mm, tinggi 1.837 mm, dan sumbu roda sepanjang 2.845mm memperlihatkan bahwa Chevrolet Trailblazer merupakan SUV yang besar, apalagi kalau kita akan membawanya di Jakarta yang penuh kemacetan. Namun yang mengherankan selama acara Media Test Drive di Thailand, saya tidak terlalu merasakan kebesaran dari Chevrolet Trailblazer pada saat menjelajahi kota Bangkok yang juga terkenal dengan kemacetan seperti Jakarta.

Tentu dengan dimensi yang besar akan kesulitan untuk menghalau kendaraan berbobot 2000 kg ini namun Chevrolet mengawinkan Trailblazer dengan mesin 2.5 Liter dan 2.8 Liter Turbodiesel yang dapat mengeluarkan tenaga 150 PS @ 3.800 rpm dengan torsi 350Nm @ 2000rpm (2.5 L Turbodiesel) dan 180 PS @ 3800 rpm dengan torsi 470Nm @ 2000rpm (2.8 L Turbodiesel). Dengan torsi yang besar Trailblazer bahkan dapat menarik beban seberat 3000 kg tanpa masalah dan ini dibuktikan selama uji coba di Chokchai Farm yang terletak kira-kira 230Km dari Bangkok.

Selama di Chokchai Farm, Trailblazer dicoba off road serta merasakan sensasi dari Hill Descent Control serta Hill Start Assist yang tersemat secara standar pada Chevrolet Trailblazer LTZ. Selain kedua fitur itu, Trailblazer juga dilengkapi dengan dual airbag, ABS – EBD, Traction Control dsb.

Dari sisi interior, Chevrolet Trailblazer LTZ yang saya bawa dilengkapi dengan jok kulit serta pengaturan elektronik di sisi pengemudi. Audio yang tersemat secara intergrasi cukup memadai walau sayangnya tidak ada Handsfree Bluetooth walau tersedia audio streaming bluetooth. Pengaturan AC cukup mudah dan yang sangat menarik adalah bahwa ada blower tersendiri bagi AC belakang.  Akomodasi pada baris kedua dan ketiga cukup luas dan bisa dikatakan ini adalah 7 seater SUV yang paling lega saya coba.

Selama berkendara di medan off road serta on road, tidak ada bantingan yang menyakitkan dan ini sangat membuktikan kenyamanan suspensi dari kendaraan Amerika. Sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh serta jalan jelek. Namun dibalik suspensi empuk juga tersimpan kekurangan yaitu body roll yang sedikit besar. Namun ini juga wajar mengingat dimensi kendaraan yang besar, ground clearance yang tinggi serta bobot yang berat.

Chevrolet Trailblazer memang ditujukan bagi Anda yang menginginkan kendaraan yang berbeda dari yang lain dan tetap ingin mencicipi sedikiti petualangan di alam terbuka. Mungkin ada keinginan terpendam menjadi Cowboy sejati dengan menggunakan Trailblazer.

Harga diperkirakan berkisar antara Rp 400-500 juta namun hal ini tergantung dari perhitungan resmi PT General Motors Indonesia.

Spesifikasi untuk pasar Thailand!
CHEVROLET TRAILBLAZER
2.5 L Diesel
2.8 L Diesel
Penggerak
4 x 2
4 x 2
4 x 4
4 x 4
Model
LT
LT
LTZ / LTZ 1
Mesin
Refrensi
Duramax (XLD25)
Duramax (XLD28)
Tipe
Common rail, turbo, injeksi langsung, intercooler, DOHC, 16 katup, segaris
Common rail, turbo, injeksi langsung, intercooler, DOHC,16 katup,segaris
Kapasitas (cc)
2.449
2.776
Diameter piston  x  langkah  (mm)
92 x 94
94 x 100
 Perbandingan kompresi
16.5:1
16.0:1
Tenaga maks. PS (KW) @rpm
150 (110) @3.800
180 (132) @3.800
Torsi maks. Nm (kg-m) @rpm
350 (35,7) @2.000
470 (47,9) @2.000
Pompa injeksi
Pompa injektor dikontrol secara elektronik
Pompa injektor dikontrol secara elektronik
Transmisi
Tipe
Manual: 5-percepatan
Otomatik: 6-percepatan
Perbandingan gigi
1
4,079
4,065
2
2,289
2,371
3
1,472
1,551
4
1,000
1,157
5
0,725
0,853
6
0,674
Mundur
3,795
3,200
Diferensial
3,730
3,420
Suspensi
Depan
Independen, double wishbone dengan batang torsi dan sokbreker gas
Belakang
5 link, per koil
Rem
Depan
Cakram berventilasi, Ø 300 mm
Depan
Cakram berventilasi, Ø 318 mm
Dimensi eksternal
Panjang  (mm)
4.878
Lebar (mm)
1.902
Tinggi (mm)
1.831
1.831
1.834
1.847
Jarak antar-sumbu roda (mm)
2.845
Trek depan/belakang  (mm)
1.570/1.570
Celah terendah  (mm)
220
220
205
217

Sumber: GM Thailand

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s