Test Drive : All New Kia Sportage

Apa yang anda dapatkan bila mencampur Kimchi dengan Sauerkraut? Kemungkinan besar sakit perut. Namun apa yang terjadi bila seorang designer Audi bernama Peter Schreyer bergabung dengan produsen kendaraan Korea bernama KIA. Yang akan anda dapatkan adalah kendaraan tampilan Eropa dengan harga yang lebih masuk akal.

Sejak Peter Schreyer pindah ke KIA sebagai  Lead Designer, dia merubah kendaraan Korea yang membosankan menjadi sebuah kendaraan yang semua ingin memiliki. Hal ini juga terbukti pada generasi ketiga Kia Sportage yang sangat berbeda dibanding 2 Sportage sebelumnya.

Tampilan generasi ketiga ini sangat Eropa yaitu berotot serta sporty dan terutama penggunaan Daytime Running Lights (DRL) semakin menambah kesan kendaraan Eropa. Tampilan agresif dari Tiger Nose menambah gaya macho pada SUV dibanding saudaranya Hyundai Tucson. Panjang dari Sportage adalah 4445mm dengan lebar 1855mm serta tinggi 1635mm ditambah jarak sumbu roda sepanjang 2640mm.

Untuk menggerakan kendaraan ini maka KIA menggunakan mesin Theta II yang merupakan mesin 2 liter DOHC dengan double variable valve timing dan dapat mengeluarkan tenaga  166 HP pada 6.200 rpm serta torsi maksimum sebesar 196 Nm pada 4.500 rpm dan digabung dengan Six Speed Tiptronicyang memberikan penyaluran tenaga yang halus.  Namun ada yang sedikit tidak halus yaitu cara mobil berkendara, walau bantingan nyaman namun ada beberapa saat dimana suspensi terase sedikit keras terutama bila melewati jalan yang ada bergelombang pendek.  Namun untuk pengendaraan sehari-hari masih bisa dikatakan nyaman, ditambah mengendarai Sportage tidak terasa seperti membawa SUV besar namun seperti membawa kendaraan penumpang biasa.  Tidak ada perasaan membawa kapal besar memasuki sungai kecil

Interior dari KIA Sportage terlihat sangat cool, namun sayangnya tidak ada opsi kulit yang dapat memberikan tampilan lebih mewah kepada Sportage. Dashboard sendiri ditata sangat fungsional dan hal ini terlihat pada tongkat persneling yang seperti diambil dari kotak spareparts Audi. Yang mungkin dapat memberi kesan lebih Eropa adalah bila KIA Sportage menggunakan soft touch material pada dasbor.

Audio terintegrasi dari Sportage dapat membaca WMA – MP3 dan mempunyai USB input memberikan tata suara yang sangat baik, sangat terasa kekuatan suara dari Kelly Clarkson pada saat menyanyikan Darkside sepanjang jalan. Mungkin yang dapat jadi pertimbangan adalah penanmbahan fasilitas Bluetooth Connection pada sistem audio agar dapat melakukan penelponan secara handsfree.

Kenyamanan tempat duduk dari Sportage juga sangat baik, sangat nyaman dan cukup lebar bagi Anda yang mempunyai postur tubuh yang sedikit “lebih”. Pada bagian belakang terdapat ruang memadai untuk 3 orang dewasa dan ruang bagasi juga besar sehingga dapat digunakan untuk acara mudik.

Salah satu nilai tambah dari Sportage adalah harga yang berpatutan yaity Rp 290 juta on the road untuk Kia Sportage Option A/T dan Rp 253 juta on the road bagi Sportage Manual. Ini termasuk murah mengingat SUV pada kelas dia mempunyai harga diatas Rp 350 juta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s