BMW M: 40 tahun motorsport untuk jalan raya

major

Pada tahun 1972 BMW Motorsport GmbH didirikan, dan ini adalah awal dari yang sekarang dikenal dengan BMW M GmbH. Sebuah merek yang memberi kita hal-hal yang indah.

Pada akhir tahun enampuluhan dan tujuhpuluhan, BMW mencoba membuat dirinya lebih muda dengan ikut serta dalam autosport. BMW 1800 TI dan 2000TI serta beberapa O2 memenangkan banyak perlombaan dan Formula 2 juga merupakan salah satu penghasil kemenangan bagi BMW. Namun BMW tidak dapat memenuhi semua permintaan pelanggan, dimana sebagian besar kesuksesan BMW dihasilkan oleh beberapa Tuner. Ini harus berubah dan pada tanggal 1 Mei 1972 maka BMW Motorsport GmbH didirikan. Bermula dengan hanya 35 orang dan berkembang dalam beberapa bulan sehingga memerlukan gedung sendiri.

major

Mobil M murni pertama adalah  BMW 2002 yang dapat menghasilkan 240 ps, dan dibangun untuk keperluan  rallysport. Pengembangan dari Touring Coupe juga dibuat dan dikenal sebagai 3.0 CSL. Tidak sampai 1100 kilo dan mempunyai tenaga  360 ps menjadikannya sebagai salah satu kendaraan klasik paling dicari.  3.0 CSL juga merupakan kendaraan pertama M yang mendapatkan desain khas yaitu tiga setrip berwarna biru, ungu dan merah. 3.0 CSL juga memenangkan kejuaraan touring car sebanyak 6 kali diantara tahun 73 dan 79 serta pada tahun terakhir 3.0 CSL dalam format balapan dapat mencapai 800 pk.

Namun pelanggan BMW M ternyata juga menginginkan performa di jalan raya. Pada tahun 1974 akhirnya hadir seri 5 yang sporti  yaitu  530i, 533i dan 535i merupakan mobil pertama jalan raya dimana BMW M ikut campur. Mobil-mobil ini memang sangat exclusif bagi publik: BMW M hanya menghasilkan 895 seri 5 tipe ini sampai tahun 1980.

major

Salah satu tonggak sejarah di tahun tujuhpuluhan adalah M1. Mobil yang aslinya harus dibangun oleh Lamborghini namun karena kesulitan finansial akhirnya dibuat di pabrik BMW M. Semua teknologi berasal dari BMW, desain dari Giugario. Mobil ini dibangun dengan maksud agar dapat ikut serta pada kejuaraan ProCar yang dibangun oleh Bernie Ecclestone dan Max Mosley sebagai balapan awal sebelum Formula 1. M1 adalah kendaraan pertama yang sekarang menggunakan nama tipe M. Harus ada 400 kendaraan untuk homologasi. Versi jalan raya mendapatkan tenaga  277 ps (sedang ProCar470) dan dijual pada saat itu dengan harga setinggi 100.000 DM yang bagaikan sup panas diatas es. Setelah membangun 130 unit masih ada 300 orders pesanan BMW M di daftar tunggu.

Karena kesuksesan M1 akhirnya diputuskan untuk membuat kendaraan “normal” dengan badge M. Ini menghasilkan M535i di tahun 1980, sebuah ikon pada seri 5 dan yang akhirnya dipromosikan oleh BMW sebagai bagian dari M Performance. Dengan menggunakan mesin bertenaga 218 Ps yang berasal dari 635CSi maka mobil ini bukanlah mobil cemen. Pada tahun 1984 mesin dari M1 akhirnya terpasang pada seri 5 dalam bentuk M5 dengan tenaga 286 ps.

Didalam motorsport BMW M tetap aktif. Pada bulan April  1980 BMW mengumumkan keikutsertaan mereka kedalam Formula 1 dan ini mengherankan baik kawan maunpun lawan dengan penggunaan mesin bertenaga 800 ps namun hanya 1.5 turbo. Dalam dua tahun juara pertama diraih oleh Brabham bermsin BMW Powered yang dikemudikan oleh Nelson Picquet.

major

Loncat ke tahun 1986: Formul 1 adalah sejarah bagi  Motorsport GmbH dan BMW M akhirnya memfokuskan diri kepada touringcars. Saatnya untuk menghidupkan M3.  Dengan peraturan dari Grup A maka dibuatlah  BMW E30 M3. Diperlukan sekitar 5000 unit agar dapat disetujui untuk penggunaan perlombaan dan dari model pertama M3 maka terjual sekitar 17.970 unit, termasuk 600 dari versi Sport Evolution dengan mesin 2.5 liter dan  765 unit BMW M3 cabrio yang dibuat dengan tangan. M3 memenangkan berbagai kejuaraan touringcar, salah satunya DTM.

Pada tahun 1988 maka tampil seri kedua dari M5 yang juga mengeluarkan versi Touring pertama pada tahun 1992. Mesin enam silinder segaris menghasilkan tenaga 315 ps dari mesin 3.6 liter dan setelah itu 340 ps dari mesin 3.8 liter. Pada tahun  1992 di Paris Motor Show juga ditampilkan E36 M3. Mesin  3.0 zescilinder menghasilkan tenaga 286 ps dan merupakan mobil pertama yang menggunakan sistem VANOS, sebuah sistem pengaturan katup variabel yang kemudian diterapkan pada BMW yang lain. E36 juga ditampilkan dalam versi khusus M3 GT yang merupakan edisi yang sangat terbatas. Pada tahun 1995 ada sebuah upgrade dari M3 biasa ke tenaga 321 ps. E36 M3 adalah mobil pertama yang dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Sebuah perusahaan baru akhirnya dibentuk yaitu: BMW Individual. Hal lain yang patut dibahas adalah SMG: ini adalah transmisi sequential pertama pada kendaraan produksi. Anda dapat menebak apa kata M dalam SMG. Dari segi olah raga juga ada kesuksesan yang cukup cemerlang pada tahun 1995 serta kemenangan Le Mans oleh mesin 600ps yang terpasang pada McLaren.

major

Dari segi kendaraan jalan raya maka cerita akan berlanjut pada M Roadster dan Coupe yang didasarkan oleh  Z3 keduanya menggunakan mesin bertenaga 321 ps enam silinder segaris dari M3. M Coupé adalah mobil yang memdapatkan banyak pertanyaan perihal bahasa desain BMW: Tidak semua orang terkesan dengan tampilan mobil roti. Pada tahun 1998 muncullah salah satu M5 tercantik: E39 yang dilengkapi dengan mesin bertenaga 400 pk dengan torsi 500 Nm mesin V8. Ini merupakan M5 yang paling kalem dan bahkan dapat tetap berpenampilan seperti 520i.

Pada tahun 2000 maka muncullah generasi ketiga dari M3.  E46 menggunakan mesin dengan tenaga 343 ps dan langsung menjadi juara. Pada tahun 2003 muncullah M3 tercantik yaitu  CSL. Dengan mobil ini maka suatu ikon M3 kembali lagi serta menjadi M3 terbaik dengan handling yang tidak dapat dipungkiri serta dalam baju yang ringan. Bahkan 1M saja susah menandinginya. Ada sekitar 1383 unit yang dibangun dan dijual hanya dalam hitungan bulan. Satu putaran “Ring” didapat hanya dalam 7 menit 50 detik bila jago nyetir.

Pada tahun 2004 muncul mesin 10 silinder kedalam M5 dan M6. Mesin yang sangat indah dengan tenaga 500 ps namun sayangnya harus diganti dengan mesin V8 turbo pada tipe sekarang ini.

major

major

Di tahun 2006 muncul Z4M dengan mesin 343 ps dari M3 dan tersedia dalam bentuk  coupé dan roadster.

Bahkan M3 mengembangkan 2 silinder lagi sehingga menjadi mesin V8 dengan tenaga 420 ps pada tahun 2007. Di tahun 2008 BMW M mengirim mobil ke 300.000, dan ini merupakan tonggak sejarah dari perusahaan ini. Tidak lama kemudian di tahun 2009 banyak orang bertanya-tanya pada produk M berikutnya. “Kenapa ada badge Motorsport pada X5M dan X6M dengan V8 turbo?”. Dan banyak orang meragukan apakah badge M cocok pada mesin diesel. Mungkin ini adalah hal baru dan aneh, namun BMW M GmbH tidak menjadi besar seperti sekarang ini bila tidak revolusioner. Saat ini media sangat mencintai M550d dan M5 F10 yang baru.

Pertanyaan sekarang adalah tipe M yang mana yang ingin anda punya?

major

major

major

major

major

major

major

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s