All New Mazda CX-5 hadir di Indonesia

Walau sedikit terlambat dengan artikel baru karena kesibukan kerja namun saya coba update salah satu produk terakhir yang hadir di Indonesia yaitu Mazda CX-5.

Launching Mazda CX-5 dilakukan pada hari Kamis 10 Mei di Grand Ballroom Kempinski hotel. Yang menarik adalah tata cara launching dimana media pada awalnya digiring diruangan pertama dimana kami diminta untuk melihat presentasi video terlebih dahulu pada video wall yang dipersiapkan. Pada awalnya diperkirakan launching akan dilakukan di ruangan ini namun ternyata hanya merupakan dummy wall dan kita diminta berpindah ke ruangan berikutnya.

Setelah melewati ruangan yang pertama baru dilakukan launching dari Mazda CX-5 oleh Presiden Direktur PT Mazda Motors Indonesia, Keizo Okue dan Executive Officer for Global Sales and Marketing Mazda Motor Corporation.

Mazda CX-5 merupakan bayi baru dari PT Mazda Motors Indonesia (MMI) dan ditargetkan untuk mencapai penjualan 3000 unit untuk tahun ini. CX-5 juga merupakan Mazda yang pertama menggunakan teknologi SKYACTIV yakni SKYACTIV-G, SKYACTIV-DRIVE, SKYACTIV-BODY dan SKYACTIV CHASSIS yang bertujuan memberikan pengalaman berkendara yang hemat bahan bakar, rancangan yang dinamis serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat.

Rancangan desain Mazda CX-5 diambil dari konsep “KODO – Soul of Motion’ yang merupakan bahasa desain terbaru dari Mazda dan akan diberikan kepada produk-produk lain Mazda. Yang dapat dilihat dari desain KODO adalah kedinamisan SUV dengan stylish dan sportivitas Mazda.

Selain dari desain konsep KODO penggunaan teknologi SKYACTIV juga menarik disimak dimana SKYACTIV-G adalah pengembangan mesin terbaru dari Mazda dimana mesin dengan kompresi tinggi (13:1) masih dapat berjalan normal tanpa adanya gejala ngelitik. Keunggulan lain dari mesin SKYACTIV-G adalah penghematan bahan bakar sebanyak 15% dibanding mesin 2 liter sejenis serta torsi pada putaran bawah dan menengah yang meningkat sebanyak 15% dibanding mesin yang sejenis.

Selain mesin SKYACTIV-G. Mazda CX-5 juga dilengkapi dengan transmisi SKYACTIV-DRIVE yang menggabungkan semua keunggulan dari semua jenis transmisi kedalam satu transmisi baru. Dimana pada akhirnya dapat menghasilkan pengiritan bahan bakar sebanyak 4%-7%, mempunyai rasa sama dengan transmisi manual, serta akselerasi dan perpindahan gigi yang halus namun bertenaga.

SKYACTIV-DRIVE menggabungkan kehalusan dari transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) dengan Conventional Step Automatic Transmission dan Dual Clutch transmission.

selain sistem transmisi dan mesin, teknologi SKYACTIV juga masuk dalam struktur kendaraan didalam hal ini SKYACTIV-BODY dimana rasa fun to drive dari Mazda digabungkan dengan body yang ringan namun tetap kokoh untuk lulus uji tabrak terketat sekalipun.

Pada akhirnya SKYACTIV-BODY mempunyai rigiditas lebih tinggi 30% dibanding kendaraan tipe sebelumnya dan menghasilkan kenikmatan berkendara tersendiri. Performa keamanan yang dapat memenuhi kriteria tertinggi dari US-NCAP, EURO-NCAP, IIHS serta J-NCAP. Body yang ringan sebanyak 8% dibanding kendaraan tipe sebelumnya.

Yang terakhir adalah penggunaan SKYACTIV-CHASSIS dimana Mazda mengharapkan ada driving experience yang fun bila menggunakan kendaraan Mazda. Benchmark yang diambil adalah dari salah satu mobil sport legendaris Mazda yaitu Mazda MX-5. Dengan demikian penggunaan SKYACTIV-CHASSIS memberi kenikmatan berkendara yang tersendiri terutama lebih ringan 14% dibanding sasis pada kendaraan sebelumnya.

Mazda CX-5 sendiri ditawarkan dalam dua tipe yaitu Mazda CX-5 Sport dengan harga Rp 375 juta on the road Jakarta serta Mazda CX-5 Touring yang dijual dengan harga Rp 410 juta on-the road Jakarta. Kedua tipe akan dijual mulai Juni 2012 dan hadir dengan berbagai pilihan warna yaitu: Blue Sky Mica, Zeal Red Mica, Crystal White Pearl Mica, Aluminium Metallic, Metropolitan Grey Mica dan Black Mica.

Yang membedakan antar CX-5 Sport dan CX-5 Touring adalah dari segi fitur dan kelengkapan dimana pada kedua tipe akan standar dilengkapi dengan monitor 5.8″ LCD, ABS-EBD-BA, Dynamic Stability Control, Traction Control System, Enam Airbags, Hill Launch Assist, Tire Pressure Monitoring System, Immobilizer. Namun pada Touring akan dilengkapi dengan tambahan fitur berupa sunroof, 8 way power adjustable seats, BOSE Sound System, HID Headlamps, Daytime Running Lights, 19 inch alloy wheels serta Leather Grade Seats bagi Touring.

Jadi pilihan bagi Anda mau ambil CX-5 yang mana.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s