Updated: First Impression Proton Preve, Kendarai untuk Mempercayai

Tanggal 27 April lalu saya berkesempatam mencoba Proton Preve Premium yang menggunakan mesin Campro CFE. Mungkin ini adalah review Indonesia yang pertama baik mengenai mesin Campro CFE maupun sang Proton Preve yang akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat ini.

Kesan pertama dari melihat Proton Preve, dia jauh lebih cantik dalam bentuk asli daripada di foto. Kelihatan sangat kokoh dan berbeda dengan desain dari Proton lainnya. Yang juga mencolok adalah Preve merupakan sedan yang cukup besar. Dengan besar ruang bagasi sebanyak 508L maka dia dapat menelan cukup banyak barang bawaan mudik ataupun beberapa set stik golf.

Preve sendiri ditujukan menjadi Global Car bagi Proton dan ini sangat kelihatan dari desain exterior yang banyak mengambil tarikan dari desain kendaraan Eropa yang memang merupakan basic desain dan teknologi dari sebagian besar kendaraan Proton.

Ciri identitas baru yaitu the Proton Wings yang memberikan kesan melebar pada gril dan juga memberi suatu signature penampilan yang berbeda dibagian depan. Lampu projector dengan LED juga memberi kesan yang sangat berbeda dibanding Proton terdahulu.

Seperti pada artikel sebelumnya dikatakan dari segi desain interior maka Proton telah banyak berubah dan dengan melihat secara langsung memang dapat dikatakan kelihatan lebih dewasa dibanding Proton Persona. Penggunaan material soft touch juga memberi kesan mewah walau masih ada beberapa tombol yang memberi kesan sedikit murah. Mungkin pada saat pengembangan dapat lebih baik.

Dari segi keluasaan interior sangat baik untuk sedan di segmen C, ini juga berkaitan dengan penggunaan sasis Exora sebagai dasar sehingga mendapatkan interior yang juga leluasa. Posisi duduk juga sangat baik untuk Preve dan pengaturan jok juga jauh lebih baik dibanding Proton sebelumnya. Benar-benar desain global.

Memang satu hal yang sangat mencolok adalah tingginya penggunaan fitur pada Preve, seperti empat airbag, penggunaan ABS-EBD dan ESC, rain sensor dan light sensor, keyless entry etc. Penyalaan Preve Premium juga unik seperti BMW dimana kunci dimasukkan kedalam lubang dan kemudian memencat tombol start stop.

Mesin menyala dengan halus dan memindahkan tuas transmisi dari P ke D cukup lancar. Pada saat Preve dibawa keluar memang suara mesin agak sedikit kedengaran seperti kendaraan Proton pada umumnya, mungkin soundproofing perlu sedikit ditambah namun impresi yang pasti didapat adalah betapa halusnya penyaluran tenaga dari Campro CFE dengan kombinasi transmisi 7 Speed Protronic. Saya coba dari arah Sentul Link ke jalan Parlimen dan tidak mendapatkan gigi 7 walau kecepatan sudah mencapai 140 km/h. Memang melanggar aturan kecepatan tapi kecepatan ini tidak terasa sama sekali.

Yang patut diacungi jempol adalah pengendalian yang luar biasa stabil, terasa tertanam dan nyaman. Tidak bisa dikatakan firm dan tidak bisa dikatakan terlalu lembut. Sangat pas namun itu harus kita lihat lagi dengan kondisi Jakarta yang penuh lubang.

Yang pasti Preve adalah kendaraan yang patut ditunggu dan benar harus “Drive it to Believe It”

Dari detikoto.com

Bocoran harga itu disampaikan langsung Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia Gunther Scherz.

Proton Edar Indonesia akan membawa dua tipe mesin Preve yang memiliki kapasitas mesin 1.600 cc. “Untuk Preve akan membawa 2 mesin yaitu turbo dan Campro(biasa). Dengan Harga Rp 173 juta dan Rp 198 juta,” katanya dengan santai.

Advertisements

4 thoughts on “Updated: First Impression Proton Preve, Kendarai untuk Mempercayai

  1. Saya pake exora, sangat puas dengan kenyamanan nya jauh diatas harga yg ditebus…waahhh jd pengen juga sama preve

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s