DRB-HICOM tidak menjual Lotus

Menurut tabloid Autocar UK, DRB Hicom akhirnya membuka keran keuangan mereka dan telah dikucurkan kepada Grup Lotus. Hal ini menyebabkan Lotus dapat memproduksi kendaraan dengan kapasitas penuh sehingga dapat memproduksi Lotus Esprit terbaru pada tahun 2013 .

Lotus-Esprit-static-3--Higher-Resb

Rencana lima tahun dengan empat model Lotus yang dikembangkan oleh CEO Danny Bahar harus diamandemen terlebih dahulu karena adanya “pembekuan” selama 60 hari. Hal ini adalah hal yang normal bila perusahaan Malaysia menjual aset besar mereka atau adanya gangguan dari dana pengembangan yang tertunda atau penundaan produksi.

Dengan telah dibukanya keran keuangan oleh DRB-HICOM maka mulai bulan Mei maka Lotus dapat memproduksi kembali Elises, Exiges dan Evoras dengan waktu produksi sebesar 44 kendaraan per minggu, dan akan terus mengembangkan Esprit dengan mesin V8 yang didesain sendiri dan menggunakan transmisi otomatis.

Model yang lain diluar Esprit sedang ditahan untuk sementara waktu namun diperkirakan Lotus akan meluncurkan tiga versi pengembangan dari model yang ada sekarang pada Goodwood Festival of Speed yang akan diadakan pada akhir Juni, dimana ini merupakan pasar “pilihan”. Perusahaan juga akan merayakan ulang tahun yang ke 60 tahun ini serta ulang tahun ke 50 dari peluncuran Lotus Elan yang pertama.

Lotus_Genf_122b

Bahar menolak beberapa statement yang terjadi pada debat parlemen oleh wakil rakyat MP, Richard Bacon, yang mengatakan bahwa  KPMG telah diminta untuk mencari pembeli bagi Lotus di China.

“Ini tidak betul,” dia mengatakan. “Tidak ada fire sale, tidak ada proses penjualan dan tidak ada penawaran. Jika ada, maka akan ada banyak sekali orang asing datang melakukan inspeksi serta due diligence, namun tidak ada orang seperti itu yang datang. Selain itu saya tidak mempunyai otoritas menjual perusahaan. Itu adalah pekerjaan dari pemegang saham, saya hanya pegawai.”

Dia juga menertawakan laporan akhir-akhir ini yang mengatakan bahwa kontrak kerja dia termasuk adanya insentif menjual perusahaan.  “Anda dapat melihatnya dalam berbagai macam sudut,” dia mengatakan . “Saya mempunyai deal yang cukup normal bagi seorang CEO, dimana bila rencana kita sukses pada salah satu waktu di masa depan, maka akan ada benefit. Itu bukan merupakan hal yang luar biasa.”

khamil-jamil1

Mengomentari laporan yang mengatakan bahwa DRB-Hicom telah menunjuk seorang pegawai Proton dengan jabatan tinggi ke manjemen puncak, Bahar mengatakan bahwa hal itu sangat diterima dengan tangan terbuka. “Kami sekarang bergabung dengan CFO dari Proton Group, seseorang yang kita kenal sudah dua setengah tahun, dan merupakan seseorang yang mengenal perusahaan kita dan situasi kita dengan sangat baik.  Dia dinominasikan untuk menjadi link antar DRB-HICOM dengan kita, dan ini sangat berguna bagi kita karena kita tidak mempunyainya sebelumnya.

Sebuah perusahaan bernama  Lotus Youngman,  yang telah didaftarkan baru-baru ini di London dengan dirinya sebagai salah satu dari dua pemegang saham. Telah dibangun untuk semakin mendekatkan hubungan antara Hethel dengan produsen China Youngman yang telah menjual sedan dengan label “Engineered by Lotus” di China. Namun hal ini mungkin tidak diteruskan, dia mengatakan/  “Kedua perusahaan kami memulai pembicaraan dengan tujuan mengembangkan produk baru dengan logo baru, namun kemungkinan kecil kita dapat memfinalisasi suatu keputusan bersama.”

CEO Lotus melaporkan bahwa Youngman adalah importir Lotus untuk China, dan fungsi itu telah dijalankan dengan baik oleh Lotus China Symphony, dan telah membuka setidaknya tiga dealer di China dan akan membuka 13 lagi sebelum akhir tahun.

Bahar menyesalkan betapa besarnya pemeriksaan media yang dilakukan terhadap dirinya, namun dia dapat memberi alasan yang benar. Dia mengakui bahwa DRB-HICOM masih harus memutuskan untuk terus menggunakan Lotus seperti yang ada atau memodifikasi rencana manajemen yang ambisius atau menjualnya, dan dia mengerti bahwa pemilik baru harus berkonsentrasi terhadap pembelian dia yang terbesar yaitu PROTON.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s