Proton Prevé diuji tabrak dengan standar global

Proton Prevé baru diuji tabrak di Sydney sebagai upaya peningkatan kualitas keamanan.

AUSTRALIA saat ini berperan dibelakang layar dalam pengembangan kendaraan pertama Proton bagi pasaran global yang akan diawali dengan peluncuran Prevé. Secara resmi akan diluncurkan di Malaysia minggu depan dan di Down Under pada bulan Agustus.

Prevé – diucap pray-vay yang berarti ‘proved / terbukti’ – dilakukan uji tabrak secara rahasia oleh Proton pada fasilitas Crashlab di Sydney sebagai bagian dari proses peningkatan standar keamanan Proton ke tingkat negara-negara Barat agar perusahaan dengan penampilan baru dapat berkompetisi didunia global.

Bersamaan dengan itu, dua supplier komponen otomotif yang berkedudukan di Melbourne– Hella Australia dan MTM Automotive – telah menandatangani perjanjian untuk mensupply komponen bagi model Proton dimasa depan.

Laporan di Malaysia mengatakan bahwa Proton akan meluncurkan enam model hingga tahun 2014, dan semuanya akan dibangun dengan standar global baru yang tidak hanya harus mencapai standar kemananan Eropa lima bintang EuroNCAP namun juga tingkat emisi setinggi Euro5.

Pick-up Proton Jumbuck/Arena mendapatkan hanya satu bintang pada Australian New Car Assessment Program (ANCAP) di tahun 2009.

Namun fasilitas pengetesan yang sama yang telah merusak reputasi Jumbuck/Arena mendapatkan peran baru dalam mengembangkan model-model baru tersebut.

Proton2012 Preve center image

Dari atas: Proton Preve, Exora and Jumbuck ANCAP crash test.

Presiden Direktur Proton Cars Australia John Startari hari ini mengatakan bahwa Prevé diuji tabrak di Australia sebagai bagian dari pengembangannya dan akan dites kembali untuk mendapat peringkat ANCAP jauh sebelum launching resmi pada bulan Agustus.

Dia juga mengkonfirmasikan bahwa  Prevé hanya tinggal hitungan hari dari debutnya di Malaysia, dimana media setempat mengatakan bahwa sedan kecil ini akan diluncurkan oleh Perdana Menteri Malaysia sebelum diluncurkan ke negara dengan setir kanan lainnya yaitu Indonesia, Thailand dan Australia

Pasar setir kanan akan menyusul terutama negara-negara Timur Tengah.

Startari mengatakan bahwa  Prevé akan dluncurkan di Australia pada saat yang bersamaan dengan MPV Exora.

Dia mengatakan bahwa kedua kendaraan dibangun atas platform generasi baru Proton dengan kode P2. Dimana Prevé – kira-kira sebesa Kia Cerato – akan mendapatkan opsi mesin 1.6 liter “biasa” dan turbo.

Mesin standar – dimana spesifikasinya belum dipublikasikan  – akan ditawarkan dengan transmisi manual lima percepatan atau CVT enam percepatan. Serta versi turbo low pressure akan menghasilkan tenaga  103kW serta torsi 205Nm dan akan dikeluarkan secara eksklusif dalam format  seven-speed CVT dengan steering wheel-mounted gearshift paddles.

Proton mengatakan bahwa mesin Turbo dapat memacu  Prevé dari  diam sampai 100km/h dalam 9.6 detik  serta kecepatan puncak 200km/h.

Konsumsi bahan bakar diperkirakan berada pada kisaran 8.2 liter per 100km, dan standar emisi bagi versi paling tinggi adalah Euro 5.

Sejalan dengan standar keamanan Australia, maka Prevé akan dilengkapi dengan ABS-EBD dan ESC, serta enam airbag.

Startari juga mengatakakan, walau  Prevé tidak akan langsung menggantikan Persona yang ada didalam lini Proton, namun akan berada sedikit diatasnya. Persona sendiri akan dihilangkan dari lini penjualan Australia.

Sampai sejauh ini, Proton Australia hanya menjual 57 Persona di Australia. Jumbuck – model paling laku bagi Proton di Australia  – hanya terjual sebanyak  94 unit.

Dengan total penjualan hanya sebesar  313 unit bagi tiga bulan pertama 2012, maka Proton dengan jelas memerlukan model generasi terbaru.

Startari mengatakan bahwa selama ini mobil Proton hanya didesain bagi pasaran ASEAN, dengan versi ekspor yang diupgrade agar dapat memenuhi standar keamanan yang lebih tinggi seperti yang di Australia.

“Prevé merupakan kendaraan Proton yang pertama yang didesain untuk memenuhi standar global,” dia mengatakan.

Walau Startari mengatakan bahwa dia hanya dapat mengomentari mengenai model yang sudah disiapkan bagio Australia, namun laporan dari Malaysia mengtakan bahwa kemungkinan akan diikuti oleh versi lima pintu dari Prevé.

Serangkaian kendaraan range-extender serta full-electric vehicles – yang sekarang diuji oleh pemerintah  – juga akan dihadirkan tahun depan.

Sementara itu, Hella Australia memenangkan kontrak sebesar  $40juta dari Proton untuk produksi lampu belakang dari pabrik mereka di Mentone, Melbourne.

Perusahaan ini sudah mensuplai kepada Toyota, Holden dan Ford di Australia, dan mengatakan bahwa deal ini adalah bagian dari pertumbuhan dan diversifikasi.

CEO Hella AustraliaOlavi Rantala mengatakan bahwa perusahaan dia dapat memenuhi tantangan kedepan untuk menjamin “kesuskesan” mereka sebagai produsen Australia. .

“Ini adalah hasil kerja keras dari staff kami yang telah berkomitmen seperti manajemen perusahaan untuk menjamin sukses jangka panjang sebagai produsen Australia,” dia mengatakan.

Bersama dengan itu, produsen asal Victoria  MTM Automotive Pty Ltd akan mengekspor  mekanisme gearshift lock kepada  Proton dengan nilai $10 juta.

sumber: http://www.goauto.com.au/mellor/mellor.nsf/story2/4040EE670930873CCA2579DE0022F632

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s