Test Drive: MINI John Cooper Works

Minggu lalu terima email dari BMW Indonesia dengan tawaran mencoba MINI terbaru, dan tentu tawaran ini tidak mungkin akan ditolak. MINI adalah salah satu kendaraan paling hip dan trendy dan menolak tawaran ini sama saja seperti orang goblok.

Pilihan yang diberikan adalah MINI John Cooper Works atau MINI Cabriolet namun karena ketersediaan unit akhirnya diberikan salah satu versi terkuat MINI yaitu MINI John Cooper Works.

MINI John Cooper Works menjual sensasi kecepatan yang tinggi serta akselerasi yang sangat liar. Tenaga yang dikeluarkan mesin 1.6 liter turbocharged, DOHC, variable valve management sebesar 211 hp pada 6000rpm serta torsi maksimum 260Nm dengan overboost 280Nm. Sehingga bisa menghasilkan akslerasi 0-100km/j dalam 6.5 detik dan kecepatan puncak 238km/jam. Dan akselerasi ini memang terasa benar pas dibawa di jalanan Jakarta.

Tampilan dari MINI Cooper S biasa sebenarnya tidak terlalu berbeda selain emblem John Cooper Works di gril depan. bagasi belakang, sill plate pintu. Serta velg 17 inch berwarna hitam dengan settingan sasis yang lebih presisi. Satu hal yang juga menjadi khas dari JCW adalah bahwa dia dijual hanya dalam bentuk manual 6 percepatan produksi Gertrag.

Exterior. 

Tampilan luar dari JCW memang kelihatan lebih galak ditambah dengan tampilan berwarna hitam serta velg khusus JCW hitam yang mengisi spatbor dari JCW. Selain itu dilengkapi dengan panoramic-sunroof yang semakin menambah mewah kelengkapan dari MINI JCW.

Overfender yang dipasang pada JCW juga semakin membuat tampilannya kian sporty dan agresif. Dan seperti kendaraan MINI lainnya, pasti tetap tampil menarik walau pakai versi apapun. Yang pasti ini adalah versi terkencang dari MINI dan sangat cocok bagi yang tidak ingin melakukan modifikasi besar-besaran.

Interior

MINI JCW dilengkapi dengan MINI Visual Boost yang berupa layar LCD 6.5 inch yang terpasang pada speedometer tengah MINI yang menampilkan fitur MINI Connect yaitu aplikasi dimana kita dapat mengunduh aplikasi MINI Connect dari I-tunes dan menyambungkan dengan MINI. Disitu kita dapat melakukan twittering, membaca facebook serta mengunduh beberapa aplikasi lainnya.

Selain itu MINI Visual Boost dilengkapi dengan fasilitas Radio, Bluetooth untuk telepon, Internal Harddrive untuk menyimpan lagu serta fasilitas koneksi melalui USB atau audio jack. Sistem tata suara didesain oleh produsen audio ternama Harman/ Kardon. Tata suara yang dihasilkan sangat baik, alunan suara dari Adele dengan Someone Like You sangat terasa jernih atau hentakan bas dari lagu Wild Ones dari Flo Rida bersama Sia .

Selain tata suara yang sangat baik, MINI JCW juga dilengkapi dengan jok bucket yang dibungkus kulit sangat nyaman, mungkin bagi yang berbadan agak besar akan sedikit kesulitan duduk didalam bucket seatnya namun sekali sudah duduk maka kita serasa tertanam didalam kendaraan. Walau kita menikung dengan sangat cepat namun tidak ada perasaan badan kita bergeser ke kiri-kanan. Bantingan suspensi yang keras juga mampu diredam oleh jok yang dibuat dengan sangat sempurna.

Jok yang terpasang bernama Lounge Leather dengan warna Carbon Black with Championship Red ligning. Dan ini cukup nyaman untuk kendaraan sport. Dan walau kelihatan bisa bawa empat penumpang namun saran saya kasih anak di belakang.

Tongkat persneling dengan finishing aluminium ternyata termasuk yang cukup enak dipegang oleh pengemudi. Bobot tidak terlalu berat dan tidak ada rasa jeda pada saat memindahkan gigi. Semua gerakan presisi.

Setir sendiri merupakan multifunction steering wheel yang dibalut kulit dan dapat mengatur sedikitnya MINI Visual Boost bersama dengan Cruise Control. Setir juga dilengkapi dengan tilt dan teleskopik steering

Kompartemen untuk mobil sport juga masih cukup memadai dengan adanya beberapa cup holder didalam kendaraan. So it’s still a practical car.

Ride and Handling

Satu yang pasti harus dikatakan, ini adalah pengalaman yang luar biasa membawa MINI JCW. Tenaga yang dikeluarkan mesin turbocharged seperti tanpa jeda powernya keluar. Mulai dari 1600rpm torsi max sudah dapat yaitu di 260Nm, pada saat diinjek lebih dalam agar mendapat overboost maka torsi melonjak ke 280Nm dan sangat terasa bagi kendaraan dengan gerak roda depan adanya yang dinamakan torque steer dimana setir seperti menjadi liar karena besarnya tenaga. Namun ini adalah suatu pemacu adrenalin pada saat membawa JCW.

Hanya dalam hitungan 6.7 detik sudah mencapai 100 km/jam dan tanpa terasa 170 km/jam bisa dengan mudhah dicapai, padahal harus diingat ini adalah mesin 1600cc. Mesin dengan torsi yang besar akhirnya juga memberikan kenikmatan pada saat berkendara di tol atau mountain roads seperti yang saya lakukan, karena tenaga senantiasa ada dan di tol masih bisa dilakukan cruising speed karena adanya cruise control pada kendaraan.

Bantingan suspensi saya bisa katakan termasuk memadai walau memang keras pada saat ketemu jalan jelek namun hal ini dapat dikatakan wajar karena ini adalah mobil kecil dengan velg 17 inch dan suspensi sport. Namun dengan spesifikasi ini masih dapat dikatakan cukup nyaman untuk menggunakan MINI pada daily commute. Tapi memang diharapkan agar anda mengemudikan sendiri MINI kalau mau dipakai harian karena ini adalah salah satu kendaraan yang cukup dapat menarik perhatian orang.

Tidak perlu menggunakan kendaraan super eksotis seperti Ferrari atau Lamborghini namun dengan MINI cukup dapat membuat orang menoleh dan anda juga tidak akan merasa ketakutan bila mengendarai MINI.

Conclusion

Yang pasti ini adalah salah satu kendaraan terliar yang saya bawa dan kalau bisa dikatakan termasuk lebih galak daripada VW Golf GTI dan dengan harga Off the Road sebesar Rp 675.000.000 bisa dikatakan cukup bersaing, memang tidak sepraktis golf tapi ini adalah mobil yang sangat tidak membosankan dan dengan sasis handling seperti gokart ini adalah kendaraan paling nikmat untuk dikendarai sendiri.

No need of a supercar, sports car or whatever. a MINI adalah yang paling praktis yang bisa didapat dan paling mendekati rasa sportscar namun masih dengan daily convenience.

Advertisements

One thought on “Test Drive: MINI John Cooper Works

  1. Pingback: Homepage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s