Debut ASEAN: Ford Focus Generasi ke-3

focus 06

Ford akan menampilkan generasi ke-3 dari Ford Focus bagi pasar ASEAN pagi ini di  33rd Bangkok International Motor Show, dan untuk penawaran segmen C ini akan ada versi sedan dan hatchback dan kemungkinan debut pasar berada di pertengahan tahun ini.

Didepan debutnyaC346 Focus diberikan preview kepada media di pertengahan kota Bangkok, dengan showcase sedan berwarna Ingot Silver version  – mobil itu sendiri terlihat bagus dalam bentuk aslinya dan mempunyai tampilan yang meyakinkan.

Dari segi desain dia kelihatan lebih bersih dan terintergrasi dibanding versi sedan  C307. Bagian buntutnya terutama – didesain oleh desainer asal Australia Todd Willing – terlihat menempel lebih organis.

focus 02

Mobil tersebut akan dijual di region ini dengan dua pilihan mesin, walaupun tidak ada mesin EcoBoost namun mesin baru Duratec 2.0 litre Ti-VCT GDi dapat bertahan secara signifikan, menurut Ford.

Dari segi output dia bukanlah termasuk mobil pelan – ada sekitar 20% lebih banyak tenaga dari mesin Focus 2.0 sebelumnya dengan tenaga 170 PS dan torsi 200Nm. Serta akan dikombinasikan dengan  six-speed, dual dry-clutch PowerShift transmission, yang dilengkapi dengan  paddle shifters.

Mesin yang kedua adalah mesin Duratec 1.6-litre Ti-VCT, tidak asing bagi pengguna Fiesta, yang mempunyai tenaga 125 PS serta torsi 159 Nm, dan digabung dengan six-speed Ford PowerShift transmission atau five-speed iB5 manual gearbox.

focus 04

Akan ada dua tingkatan trim untuk mobil ini, yaitu  high-series Titanium+ serta varian Sport+  – dengan fitur yang lebih menarik dengan safety pack pada model spesifikasi tinggi.

Akan ada banyak sekali fitur yang terpasang pada tipe ini, dimulai dengan Active Grille Shutter system – dimana ventilasi udara akan diatur agar aliran udara ke grill dan cooling system dapat mengurangi gaya gesek dan bunyi angin pada saat kecepatan tinggi dan memberi efisiensi bahan bakar.

Didalam juga terdapat Active Park Assist, yang termasuk totally hands-free parallel parking capability, dan Active City Stop collision-mitigation system serta Blind Spot Information System (BLIS), yang sudah dikenal pada pemilik  Volvo.

Juga ada  Smart Keyless Entry, yang akan mengunci dan membuka pintu pada saat pengemudi memegang bukaan pintu serta start / stop ignition, Ford juga memberikan SYNC connectivity package, yang memberi hands-free, voice-activated in-car connectivity. Dari voice calls sampai baca SMS dan main musik.

Sistemnya adalah versi lebih maju dari yang terdapat di Fiesta, dan sample yang terdapat pada preview menampilkan kemajuan yang halus pada saat dioperasikan.

Kit juga termasuk dual-zone electronic air-conditioning, rain-sensing wipers, automatic headlamps, cruise control, powered sunroof serta  auto-dimming rear view mirror, diantara lainnya.

focus 03

Fitur pasif termasuk airbag pengemudi dan penumpang depan, airbag samping depan dan  side curtain airbags bagi penumpang depan dan belakang. Sementara itu  Electronic Stability Program menggunakan Emergency Brake Assist, Hill Launch Assist dan Anti-Lock Brake System, serta Electronic Brakeforce Distribution.

Dari segi  ride and handling, tingkat Noise Vibration dan Harshnes telah dikurangi dan dinamika berkendara diperbaiki dengan peningkatan kekakuan  30% lebih rigid dari  C307. Dan mobil diberikan Torque Vectoring Control sebagai perlengkapan standar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s