Official: Volkswagen juga akan mengeluarkan merek murah

Renault mempunyai Dacia, Nissan baru menghidupkan kembali Datsun, Tata mempunyai Tata, dan bagi Opel dan Fiat mereka juga mempunyai beberapa gosip.  Namun yang jelas: memperkenalkan merek budget di dunia yang mempunyai daya beli rendah adalah trend terbaru. Dan yang berikutnya adalah:  Volkswagen.

Walau VW dengan Up sudah merupakan mobil dengan harga yang paling menarik, namun merek budget akan berbeda arah: Lebih sedikit hi-tech, dengan interior luas sehingga mendapatkan value for money dari mobilnya.  Pada pasar yang berkembang target dari harga kendaraan murah adalah sekitar  5.000 euro (dua kali lipat Tata Nano). Namun apa nama dari merek budget tersebut belum ada yang tahu, namun semua usulan dapat diterima dengan baik. (Prollwagen?).

VW pada saat ini sudah membuat Vento di India serta Polo yang dibuat khusus pasr Indoia dengan harga  7.000 euro, dan bagi China sudah dipikirkan mobil budget dengan format Seat Toledo.  Ini semua adalah kendaraan yang sebagai VW atau anak perusahaan dibuat. 

Dibawah itu akan masuk merek budget, yang harus dapat memenuhi keinginan konsumen lokal. Sebagai contoh: Di Brazil harus bisa memproduksi mobil dengan lima tempat duduk dan harus sangat kuat. Dan apakah kendaraan tersebut mengeluarkan 100 atau 150 gram CO2 per kilometer di udara atau mempunyai lampu LED indah tidak terlalu dipedulikan.  Anda harus mendapatkan banyak mobil dari uang yang dikeluarkan, dan keuntungan bagi pabrikan berarti volume.

Rencana terbaru dari  VW untuk world domination dibahas oleh  Ulrich Hackenberg, Direktur Pengembangan VW. Untuk potensi ini adalah cara yang baik untuk menghadapi China dengan senjatanya sendiri, serta mengambil share dari kelas menengah yang sedang tumbuh di negara-negara berkembang. Namun hasilnya masih perlu diliihat dengan seksama.

Dan sejauh mana Proton terlibat didalam rencana ini kita belum tahu, namun besar kemungkinan dapat terjadi mengingat peralihan kepemilikan ke DRB-HICOM yang merupakan mitra dari VW.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s