Sustainable Mobility apa itu?

Seperti kita mengetahui bahwa penduduk didunia senantiasa bertambah. Semakin banyak orang hidup didaerah urban / perkotaan. Bahan Bakar Minyak (Fossil Fuel) semakin mahal dan harga juga semakin tinggi. Kebutuhan untuk dapat mobile juga semakin meningkat terutama di Asia dan negara-negara Eropa timur. Walau ini merupakan suatu berkah bagi industri otomotif namun dia juga dapat menjadi pedang bermata dua.

Ini karena semakin kita bisa mobile (dapat berjalan) maka tingkat polusi dan emisi juga semakin tinggi dan konsumsi dari suatu sumber daya alam yang langka juga semakin meningkat.

Transportasi bus dapat berperan aktif dalam memberikan mobilitas untuk modal yang rendah dengan biaya operasi yang rendah. Merkea dapat mengangkut penumpang cepat dan ekonomis dengan carbon footprint per kilometer yang lebih rendah dibanding kendaraan pribadi maupun pesawat.

Industri manufaktur mencoba menawarkan solusi yang tidak dapat ditolak dengan teknologi terbaik yang ada dengan menambah efisiensi dari mesin dan menawarkan bahan bakar alternatif dan penggeraknya termasuk penggunaan bus hybrid.

Namun diperlukan suatu kemauan politis dan investasi agar bus dapat menjadi lebih menarik untuk digunakan bagi para pengguna kendaraan pribadi. Karena suatu bus kota dapat menampung penumpang setara dengan 50 kendaraan pribadi dan harus diberikan prioritas pada jalan seperti didalam kota dengan jalur yang sudah didedikasikan (sistem busway). Waktu tempuh haruslah secepat dan senyaman mungkin seperti membawa kendaraan pribadi tanpa harus memikirkan biaya parkir didalam lota yang tinggi. Pengurangan penggunaan kendraan pribadi akan menghasilkan emisi yang rendah, kemacetan berkurang dan peningkatan kualitas hidup di perkotaan.

Ini adalah impian untuk kota Jakarta namun bila tidak ada kemauan politis ataupun pemaksaan maka kita akan berhenti berjalan dalam beberapa tahun mendatang. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s