Ferrari F12berlinetta – Mobil buatan Maranello paling cepat

International Motor Show 2012

f12ber 1

Ferrari menampilkan  F12berlinetta secara online, seminggu sebelum pembukaan selubung secara resmi pada Geneva Motor Show.  Mesin V-12 yang baru akan memberi debut didalam  Rosso Berlinetta , dan menjadi  kendaraan jalanan terkencang dan berperforman tinggi dari Ferrari.

Didesain oleh  Ferrari Styling Centre dan Pininfarina,  coupe ini ditenagai oleh mesin 6.2 liter 65° V12 yang dapat membangkitkan 740 cheval vapeur (CV), atau dapat diterjemahkan sebagai 730 hp, serta torsi puncak 690 Nm pada 8,700 rpm, 80% dari torsi itu tersedia hanya pada  2,500 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi F1 dual clutch yang mempunyai rasio gigi yang lebih rapat dan didesain khusus untuk  F12berlinetta.

Akselerasi 0-100 km/ jam dapat ditempuh dalam 3.1 detik, dan mobil ini dapat mencapaik 200 km / jam dari diam hanya dalam 8.5 detik. Mobil ini bahkan dapat menyelesaikan satu putaran di sirkuit Fiorano hanya dalam satu menit 23 detik yang merupakan waktu tercepat bagi kendaraan jalanan Ferrari tipe apapun.  Highlight untuk dinamika adalah sudut setir yang lebih kecil, jarak pengereman lebih pendek, kecepatan menikung yang meningkat serta karakteristik dapat berbelok secara langsung.

f12ber 2

Secara layout maka lay-out tradisional Ferrari maka penempatan transaxle Ferrari telah didesain ulang – jarak sumbu roda telah dipendekkan dan mesin, dasbor serta jok telah diturunkan kedalam sasis, dan lay-out baru dari suspensi belakang dan girboks telah membantu teknisi Ferrari membuat bagian belakang lebih kecil.

Hasil akhirnya adalah sebuah mobil yang sangat kompak dengan titik berat yang terletak lebih kedalam sasis dan tingkat efisiensi aerodinamika yang mencapai standar baru.

Mobil menggunakan spaceframe all new Scaglietti serta body yang menggunakan 12 alloy yang berbeda dan ada beberapa bahan yang digunakan pertama kali di dunia otomotif dengan teknik perakitan dan pengelasan yang baru. Ada sekitar 20% peningkatan kekuatan struktur namun diiringi dengan pengurangan bobot – kendaraan berbobot  1,525 kg, 70 kg lebih rendah daripada coupé V12 sebelumnya.

f12 ber 3

Ada perhatian yang sangat tinggi terhadap pengembangan aerodinamika dengan model ini – downforce telah ditingkatkan sebanyak 76% (123 kg pada kecepatan 200 km/jam), sedang hambatan (drag) telah dikurangi sehingga mobil ini mempunyai  Cd 0.299.

Inovasi aerodinamika adalah Aero Bridge yang menggunakan hidung untuk membangkitkan daya tekan (downforce) dengan mengalirkan udara keluar dari bagian atas kendaraan ke arah samping – dimana dia akan berinteraksi dengan turbulensi dari spatbor untuk mengurangi hambatan – serta sebuah sistem  Active Brake Cooling yang membuka katup pengarah ke lubang pendinging hanya pada saat suhu kinerja yang tinggi dan untuk mengurangi hambatan.

Didf12 ber 4

Didalam mobil ini menggunakan interior kulit Frau dan highlights yang termasuk lubang udara dari aluminium dan karbon yang terinspirasi oleh dunia penerbangan .  Perusahaan mengatakan bahwa interior dioptimalkan untuk menjamin kegunaan dari ruang interior dengan tambahan bagasi dibelakang jok. .

Sebagai perlengkapan standar F12berlinetta mempunyai rem  carbon-ceramic  (CCM3) terkini  dan SCM-E magnetorheological suspension control system, serta  integrated control system yang menyatukanE-Diff, ESP Premium, F1-Trac serta  high-performance ABS.

f12 ber 7

f12 ber 6

f12 ber 5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s