BMW Group menerima penghargaan untuk best sustainability report. Posisi pertama diantara 150 perusahaan Jerman.

BMW Group mendapatkan posisi pertama untuk laporan keberlanjutannya (sustainability report) yang bernama Sustainable Value Report oleh  the Institute for Ecological Economy Research (IÖW) and Future e.V. didalam rangking laporan keberlanjutan 2011.

Ranking IÖW/Future untuk laporan keberlanjutan dipertimbangkan sebagai ranking paling utama di Jerman perihal laporan keberlanjutan (Sustainability Report) . Dia mengevaluasi kualitas serta isi dari laporan keberlanjutan 150 perusahaan industri dan jasa terbesar Jerman serta beberapa usaha kecil dan menengah (UKM) yang terpilih. Fokus dari analisa laporam tersebut adalah kriteria yang berupa aspek lingkungan dari produksi, tanggung jawab (responsibility) didalam rantai pasok (supply chain) serta kepentingan pekerja. Ranking ini didukung oleh Kementerian Federal Tenaga Kerja dan Urusan Sosial serta  German Council for Sustainable Development.

Jana Gebauer, project manager dari  IÖW/Future ranking, mempunyai pendapat perihal  BMW Group’s Sustainable Value Report: “Kekuatan dari laporan BMW Group terletak di review sistematis dari tantangan keberlanjutan yang utama (key sustainability challenges), kesimpulan yang singkat mengenai pencapaian keberlanjutan (sustainability achievements) dalam  bentuk yang terstruktur dan fokus. Laporan ini menawarkan pembaca sebuah overview yang detail terhadap pencapaian keberlanjutan perusahaan (sustainability achievements)  dan memberi jawaban yang tepat mengenai pertanyaan penting dengan cara dapat diperbandingkan dengan waktu tertentu.”

Bill McAndrews, head of Corporate Strategy and Communications di BMW Group: “Kami sangat senang dapat menerima penghargaan ini – terutama karena menurut kami Sustainable Value Report yang telah kami kembangkan adalah alat utama dalam berkomunikasi terhadap pencapaian kami (achievements) dan target kami (goals). Dan disajikan dalam cara yang simpel dan mudah dimengerti – walaupun sangat kompleks- merupakan hal yang sangat penting bagi kami.  Dan walau laporan kami ditujukan terutama bagi para ahli, namun kami juga ingin memberikan kepada masyarakat umum sebagai pemangku kepentingan kami (stakeholders) dengan suatu pengenalan yang mudah dapat dimengerti perihal subjek keberlanjutan (sustainability).”

Laporan Keberlanjutan (Sustainability Reporting) adalah cara berkomunikasi terkini perusahaan dengan mengungkapkan tiga aspek yang sangat mempengaruhi suatu organisasi yaitu aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Adapun tata cara pelaporan distandarkan oleh organisasi bernama Global Reporting Initiative (GRI – http://www.globalreporting.org) dimana terdapat berbagai macam indikator yang dapat dipergunakan oleh perusahaan dalam menyajikan informasi perihal target, pencapaian serta kinerja perusahaan terkait keberlanjutan (Sustainability).

Di Indonesia sejak 2005 telah terbentuk National Center for Sustainability Reporting (NCSR – http://www.ncsr-id.org) yang mempromosikan dan mendukung serta memberi pelatihan dalam rangka mengenali laporan keberlanjutan sesuai GRI. NCSR sendiri merupakan lembaga non profit dan menjadi anggota GRI sejak 2006. Di Indonesia ada sekitar 35 perusahaan yang telah membuat Laporan Keberlanjutan sesuai dengan standar GRI. Sejak Mei 2011 NCSR menjadi GRI Certified Training Partner yang pertama untuk wilayah Malaysia, Indonesia dan Thailand serta mengadakan penghargaan Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) secara tahunan 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s