Toyota Prius C diluncurkan di Malaysia RM 97.000 OTR (Rp.271.600.000)

DSC_0021b

Di luar negeri mobil irit bahan bakar atau hibrida sangat banyak diberikan insentif oleh pemerintah untuk membantu pengurangan dampak dari perubahan iklim. Dan hal ini tidak hanya berlaku di negara-negara Eropa tapi sampai Malaysia pun yang notabene adalah negara Asia Tenggara, mendukung program kendaraan hibrida dan ramah lingkungan lainnya. Sayangnya pemerintah Indonesia belum mengerti masalah pemberian insentif agar harga kendaraan hibrida dapat turun namun malah dihitung sebagai kendaraan mewah. (Aneh, kendaraan irit dan ramah lingkungan dibilang mewah sedang yang boros seperti Kijang dsb dikatakan mobil murah).

Salah satu terobosan dari Toyota melalui distributor mereka UMW Toyota Motor meluncurkan varian terbaru Prius di Malaysia yaitu Prius C. Prius c, yang juga dikenal sebagai  Aqua di Jepang, adalah tipe hibrid model baru yang ada di segmen B (mobil kompak) dan berhadapan langsung dengan Honda Insight. Harga di Malaysia adalah RM 97.000 On the road termasuk dengan asuransi atau sekitar Rp 271.600.000 on the road Indonesia dengan asuransi yang estimasinya adalah 2.25% dari harga OTR berarti kalau di Indonesia seharusnya OTR Rp 265.000.000,-.  Bandingkan dengan kenyataan bahwa untuk Toyota Prius di Indonesia harga OTR adalah Rp 605.000.000,-

DSC_0020b

Prius c ditenagai oleh Toyota Hybrid Synergy Drive “full hybrid” system, yang terdiri dari mesin bensin 1.5 liter dan motor listrik.  Mesin bensin adalah mesin  1NZ-FXE yang masih merupakan saudara dari mesin Vios. Namun untuk aplikasi hibrid maka mesin VVT-i bekerja pada siklus Atkinson dengan rasio kompresi tinggi (13.4:1) serta karakteristik buka/tutup katup yang unik. Tenaga yang dihasilkan adalah 73 PS serta torsi sebesar 111 Nm.

DSC_0016b

Mesin listrik sendiri menghasilkan tenaga 61 PS dan torsi sebesar 169 Nm dan total daya keseluruhan adalah sebesar 101 PS. Mesin ditenagai oleh aki 144-volt nickel-metal hydride (Ni-MH) yang ditempatkan dibawah kursi belakang(max output adalaj 19.3 kW).

Komponen HSD yang lain adalah  power control unit (inverter), sebuah DC-DC converter, sebuah step up converter dan hybrid control computer. Sistem HSD dalam Prius c lebih ringan  42 kg dari sistem HSD didalam Prius, sehingga dapat menghasilkan bobot sebesar 1,140 kg.

DSC_0045b

Berpenggerak roda depan yang dilalui sebuah transmisi CVT. Prius c menggunakan suspensi depanMcPherson struts dantorsion beam pada bagian belakang. Rem terdiri dari sepasang cakram berventilasi didepan dan rem tromol pada bagian belakang. Rem depan dapat melakukan regenerasi energfi kepada aki.  Sistem setir adala Electronic Power Steering (EPS) dan berjalan diatas ukuran ban 185/60 R15.

DSC_0030b

Ada tiga mode yang dapat dipilih oleh pengemudi yaitu – Normal, ECO dan EV. ECO mengurangi penggunaan energi dengan merubah respon gas serta performa A/C.  Pada mode EV maka mobil berjalan sepenuhnya dengan motor listrik – ini dapat dilakukan sampai dengan kecepatan 45 km/h, dan bila ada cukup energi didalam mesin.

Pada siklus kombinasi Eropa, Prius c berhasil mempunyai konsumsi bensin sebesar  25.6 km/l, yang hampir sama dengan Prius dan merupakan terbaik di kelasnya. Toyota mengatakan bahwa Prius c dapat mencapai  0-100 km/h hanya dalam  10.7 detik dan juga merupakan terbaik dikelasnya.

04-PRIUS-c-Exteriorb

Secara ukuran  Prius c lebih kecil dari  Honda Insight.  Panjang keseluruhan dari bentuk standar kendaraan (bukan “tampilan khas hybrid”) hatchback 5 pintu ini adalah dibawah empat meter atau 400mm lebih pendek dari Honda namum mempunyai jarak sumbu roda 2,550mm yang sama dengan Insight. Lebar dari kedua kendaraan juga hampir sama.

Desain aerodinamis termasuk atap “pagoda”,   “aerocorners” pada bemper, bodi bagian bawah yang rata serta aero stabilising fins sekeliling kendaraan.  Gril trapezoidal didesain untuk pendinginan dan aerodinamika optimal.

10-PRIUS-c-Interiorb

Pada bagian dalam Prius c tidak mempunyai konsol tinggi khas Prius dan tombol persneling yang kecil, namun dasbor didesain secara menarik.  Multi Info Display adalah panel berwarna 3.5-inch yang menunjukkan semua informasi mulai Energy Monitor sampai  ECO Score. Konsumsi BBM direkam dalam grafik bar yang berubah tiap 5 menit.

17-PRIUS-c-Interiorb

Sebuah fitur yang sangat cool adalah Touch Tracer dari Prius. Kedua control pads (bagian bawah) pada setir adalah sensitif terhadap sentuhan, dan bila ditekan, sebuah gambar duplikat akan tampil pada panel instrumen. Pada daftar opsi UMWT ada DVD-AVN sistem – sebuah audio 2 DIN dengan layar 6.1 inch touchscreen, sistem navigasi dan parkir mundur. Harganya RM 2.990 (Rp 8.3770.000,- ).

20-PRIUS-c-Interiorb

21-PRIUS-c-Interiorb

11-PRIUS-c-Interiorb

Prius c mempunyai fitur yang sangat lengkap yaitu tujuh airbag  (depan, samping, jendela, lutut), TRC (traction control), VSC (vehicle stability control), ABS, EBD, Brake Assist, Auto climate control, Cruise control dan Keyless entry dengan start button.

Ada beberapa warna yang diberikan – pearl white, silver, black, citrus orange dan red – dua warna terakhir adalah yang ada di saat launching. Mobil merah yang ada didalam gambar menggunakan   full original Toyota bodykit, grill “blacked out” dan velg 16-inch.

Advertisements

One thought on “Toyota Prius C diluncurkan di Malaysia RM 97.000 OTR (Rp.271.600.000)

  1. tapi di malaysia compared dengan harga non hybrid cars , the price is soooo much expensive compare to indonesia sigh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s