Nissan NV200 Vanette diluncurkan di Malaysia. Indonesia segera menyusul.

Nissan NV200 Vanette

Edaran Tan Chong, distributor Nissan di Malaysia menampilkan pengganti dari kendaraan van mereka yang terjual lama yaitu  Nissan C22 Vanette dengan model terbaru All New NV200 Vanette.

Dalam waktu dekat Nissan NV200 akan juga dijual di Indonesia dan besar kemungkinan akan menjadi kompetitor langsung bagi All New Avanza dan Xenia serta Daihatsu Luxio. Menurut kabar versi Indonesia adalah versi penumpang bukan panel van, namun kalau melihat tingginya penjualan panel van dari Daihatsu Gran Max bisa jadi pertimbangan bagi PT.Nissan Motor Indonesia untuk memasuki pasaran panel van.

Di Malaysia  NV200 hanya akan dijual dalam bentuk panel van, dan kalau melihat desain dari NV 200 mereka mengacu ke desain khas Eropa. Tidak lagi berbentuk kotak saja, NV200 dipasangin fitur keselamatan, fungsionalitas serta keiritan yang merupakan hal yang tidak biasa pada  C22.  Luas cargo sebesar 4.2m³ dapat dipergunakan untuk segala macam aplikasi.

Dimensi dari bukaan cargo adalah sebesar – panjang 2.04 meter,  tinggi 1.36 meter dan lebar 1.5 meter.  Penggunaan suspensi per daun dibelakang tidak hanya memberi kekuatan menahan bobot sampai 740 kg,namun juga karena desain yang kompak sehingga ruang cargo dapat mengakomodir setidaknya dua pallet ukuran standar Eropa.

Mesin yang mentenagai  NV200 Vanette di Malaysia adalah mesin 1.6 liter HR16DE dengan  Continuously Variable-valve Timing Control (CVTC) yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 109 PS dan torsi 152 Nm.  Di Indonesia besar kemungkinan mesin 1.5 HR15DE akan digunakan sama dengan yang ada di Livina karena masalah pajak dan kemudahan dalam menyediakan suku cadang. Mesin yang terpasang pada Vanette digabungkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan menurut Edaran Tan Chong Motors mempunyai konsumsi bensin terbaik 14.0 km/l (ingat ini kondisi jalan di Malaysia yang lenggang dan tidak separah Indonesia yang penuh kemacetan).

Tidak lagi seperti tipe lama C22, maka mesin tidak ada dibawah tempat duduk sehingga panas mesin serta kebisingan, getaran akan tereduksi dengan baik. Fitur terbaru adalah electric power steering, sebuah Multi-Function Meter yang menampilkan informasi seperti konsumsi bahan bakar dan jarak serta waktu tempuh pada sebuah display 2.8-inch Dot Matrix.  MFM jugaa memperingatkan kalau berjalan terlalu cepat, perawatan, timer dan bahkan indikator menaikkan gigi transmisi.

Fitur keamanan standar adalah ABS, EBD, Brake Assist, Zone Body construction, driver’s airbag, pre-tensioner seat belts dengan load limiters, high mount stop lamp, wide rear view mirror dan  large side mirrors. (besar kemungkinan beberapa fitur akan dilepas oleh PT.NMI demi mengurangi harga jual).

 

 

Advertisements

One thought on “Nissan NV200 Vanette diluncurkan di Malaysia. Indonesia segera menyusul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s