Tren Downsizing: BMW Seri 3 baru dengan mesin 3 silinder?

Seperti kita ketahui bahwa produsen kendaraan bermotor semakin banyak mengambil langkah-langkah downsizing mesin dengan tujuan agar dapat menciptakan suatu mesin yang hemat bahan bakar namun tetap bertenaga seperti mesin dengan kapasitas besar.

BMW Seri 3 F30 terbaru mempergunakan tren downsizing dimana sekarang ada 4 pilihan mesin dengan 4 silinder twin scroll turbo. Penggunaan turbo / supercharger sendiri bertujuan untuk memberikan penambahan tenaga yang signifikan agar tercapai tenaga seperti mesin kapasitas besar. Namun mesin dengan turbo biasanya akan mendapatkan turbo lag sebelum dia berputar optimal namun saat ini produsen mengakali turbo lag tersebut dengan turbo yang kecil atau twin turbo.

Dengan semakin majunya teknologi dari downsizing maka produsen seperti BMW pun mencoba untuk mengecilkan mesin-mesinnya.  Kita mengetahui bahwa pada model terbaru dibawah seri 1 akan ada mesin bernama i-Range yang mempunyai hanya tiga silinder.  Namun pengembangan ini dapat diterapkan ke kendaraan yang sudah ada. Dan ada suatu ide yang gila dimana cepat atau lambat seri 3 akan ditenagai mesin 3 silinder dan dibantu oleh Turbo.

Menurut Mark Looijenga dari BMW Nederland  “Mesin tiga silinder senantiasa dibangun sebagai mesin BMW dan diharapkan dapat terpasang pada beberapa tipe kendaraan” .  “Dan saya tidak menutup kemungkinan bahwa ini akan terpasang pada seri-3.” Pada akhir acara dipresentasikan seluruh teknik yang digunakan dan penciptaan teknik modular yang baru dimana dari satu mesin dasar dapat terbuat mesin tiga, empat dan enam silinder”

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s