Pilot project ASEAN NCAP rencana launch Mei 2012, protokol program dipersiapkan selesai minggu depan bersama ANCAP

Pilot project ASEAN New Car Assessment Program (NCAP)  sedang menuju finalisasi protokol paling lambat minggu depan di Sydney, Australia. Pada saat perwakilan program tersebut bertemu dengan mitranya Australasian New Car Assessment Program (ANCAP). Peluncuran dari protokol ASEAN NCAP disasar pada 16 Maret 2012.

Ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh  Global New Car Assessment Programme (GNCAP) serta Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) pada bulan Desember tahun lalu untuk membangun suatu pilot project bagi terbentuknya  South-East Asian NCAP agar standar keselamatan kendaraaan tercapai serta mendorong pasar untuk membangun kendaraan lebih aman dan meningkatkan tingkat pengetahuan konsumen.

Penandatangan untuk  MOU ini termasuk ANCAP  beserta Asosiasi Otomobil di Malaysia, Singapura serta Filipina (Entah kenapa Indonesia tidak mau tandatangan?) . Peran ANCAP adalah untuk memberi dukungan teknis serta program bagi  ASEAN NCAP untuk menjamin protokol dan prosedur yang dibangun berguna, akurat serta terjamin. Ini juga akan membantu agar ASEAN NCAP dapat comply dengan NCAP yang lain diseluruh dunia.

Kebutuhan akan adanya  ASEAN NCAP karena banyak produsen kendaraan di negara-negara ASEAN mempunyai spesifikasi keamanan yang berbeda-beda.  Argumen yang diberikan adalah bahwa hasil dari EuroNCAP tidak dapat diterapkan di ASEAN karena kendaraan yang dijual di ASEAN biasanya mempunyai fitur keamanan yang lebih rendah agar mendapatkan harga yang lebih rendah.

Para mitra akan memilih secara independen kendaraan yang akan digunakan sebagai bahan pengetesan dengan didasarkan sebagai yang paling murah dan juga paling kurang dilengkapi di wilayah ini.  Pemilihan varian tanpa airbag juga termasuk.

Pengetesan akan dilaksanakan di Malaysia di fasilitas pengetesan PC3 Crash Lab test yang dikembangkan oleh MIROS, dan akan didasarkan atas 40% front impact crash test regulation dari the World Forum for Harmonisation of Vehicle Regulations (ECE: Reg. 94), namun pada kecepatan 65 km/h – protokol dan prosedur pengetesan akan mengikuti Euro NCAP yang termasuk melindungi orang tua dan anak.

Test tabrakan internal yang pertama, termasuk pre-ASEAN NCAP crash test,direncanakan pada akhir bulan April sampai awal Mei, dengan ASEAN NCAP crash test 001 dijadwalkan pada tanggal 24 Mei 2012. Ini bersamaan dengan  2012 Annual Meeting of the Global NCAP di Kuala Lumpur. Di acara ini juga akan diresmikan PC3 lab serta program ASEAN NCAP.

Yang jadi pertanyaan kenapa Indonesia tidak mau mengikuti ASEAN NCAP? Apakah APM merasa dirugikan sehingga Indonesia tidak perlu feature keamanan? Apakah saking nggak pedulinya orang Indonesia dengan fitur keselamatan dan hanya mau harga yang sesuai? Mengingat banyaknya kecelakaan yang terjadi sebaiknya Indonesia juga menjadi peserta dalam ASEAN NCAP dan bahkan harus menjadi pendorong nomor satu dengan pasar yang begitu besar di ASEAN. 

Memang kadang negara kita sungguh aneh. 

Advertisements

One thought on “Pilot project ASEAN NCAP rencana launch Mei 2012, protokol program dipersiapkan selesai minggu depan bersama ANCAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s